Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

hola halo gais jumpa lagi dengan mimin, gimana kabar kalian semua? semoga dalam keadaan yang baik baik aja. Oh iya, kali ini mimin mau berbagi ke kalian resep serta cara membuat manisan rambutan enak dan anti gagal tentunya, jadi tunggu apalagi? mari kita mulai gais, cekidottt!!

Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

1. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan ketiga, kita lanjutkan dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan Bahan:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

2. Resep Manisan Rambutan Simplee

Resep rambutan kali ini bener bener simple dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila manisan rambutan simplee siap disajikan

3. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis Enak

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

 

Dari ketiga resep di atas, kita bisa lihat bahwa rambutan juga dapat diolah dengan berbagai resep. Bahkan di luar dari resep manisan ini. Contohnya seperti dibuat dengan resep es buah untuk jualan atau bahkan resep salad buah yang tentunya dapat membuat kaian jadi lebih produktif. Jadi? ayo buruan dicoba ya gaiss!

Cara Membuat Salad Buah Lezat Dan Enak

Holaaaa gaiss kembali lagi bersama mimin yang pada artikel kali ini mau berbagi tentang cara membuat salad buah lezat dan tentunya bisa kalian lakukan di rumah selama masa pandemi ini. Selain resep es buah untuk jualan, resep salad buah kali ini adalah resep yang tentunya udah mimin pilihan buat kalian yang mungkin belum pernah biki atau baru petama kali mau nyoba bikin salad buah. Tapi sebelum kita masuk ke resepnya, ijinin mimin ngasi tau kalian tentang beberapa manfaat dari salad buah ini.

1. Mengandung Banyak Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

2. Mengandung Banyak Serat Penting

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat. Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

3. Mengandung Banyak Mineral Yang Baik Bagi Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh   Setelah selesai membahas tentang beberapa khasiat dan manfaatnya, sekarang giliran mimin berbagi tentang resep salad buahnya, legooww

Membuat Salad Buah Lezat Dan Enak

1. Resep Salad Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga lezat:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya
Membuat saus:
  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

2. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy lezat:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil
Membuat sausnya:
  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalamĀ  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

3. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Membuat Salad Buah Segar lezat:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.
Membuat saus:
  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.
Dari ketiga resep di atas, resep mana yang paling kalian pengen buat nyoba segera? hahaha pasti bingung yaa? yaudah dicobain satu satu aja kalo gitu. Selamat mencoba gaiss.