Cara Membuat Keripik Bawang Renyah

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah Mudah Dan Praktis yang teuntunya bisa Anda tiru dirumah, cocok sekali untuk acara keluarga, pengajian, dawisan dan sebagainya.

Tinggal menyesuaikan saja resep mana yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda atau dengan bahan bahannya yang mudah dicari disekeliling rumah  Jadi bukan keripik yang terbuat dari bawang yang diiris tipis-tipis.

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah

Bahan:

  1. 1 kg tepung terigu.
  2. 1 butir telur.
  3. 200 gr margarin.
  4. 2 bungkus penyedap rasa sapi + 2 sdt garam.
  5. Daun seledri secukupnya, diiris.
  6. 240-300 ml air, menyesuaikan adonan.
  7. 1/2 sdt bp.
  8. 7-8 siung bawang putih.
  9. 4 buah kemiri.
  10. 1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat Keripik Bawang Renyah:

  1. Lelehkan margarin, kemudian dinginkan, taruh ke dalam wadah.
  2. Setelah margarin dingin, tambahkan telur, aduk rata. Kmudian tambahkan bumbu halus, penyedap rasa + garam, bp dan daun seledri, lalu aduk.
  3. Masukkan tepung, aduk dengan mixer roti sampai berpola, tambahkan air sdikit-demisedikit aduk sampai kalis dengan tangan. Usahakan adonan tidak sampai lembek.
  4. Ambil sebagian adonannya, Gilas melebar, atau bisa juga menggunakan gilingan mie.
  5. Bentuk sesuai selera.
  6. Panaskan minyak pada wajan, sampai benar-benar panas. Kemudian ambil segenggam adonan masukkan ke minyak panas, ratakan, ambil lagi segenggam ratakan lagi.
  7. Bolak-balik terus hingga matang merata.
  8. Apabila sudah terlihat keceklatan itu menandakan keripik sudah matang, lalu tiriskan dan hidangkan sesuai selera.

Cara penyajian

Kamu dapat  menyimpan ke dalam wadah yang tertutup dengan rapat, supaya keripik tidak mudah melempem. Nah, tinggal disajikan dalam stoples cantik untuk camilan keluarga, deh. Sekarang sudah ada mesin vacuum frying berkualitas yang memudahkan anda dalam menggoreng keripik buah dan sayur.

Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih

Ada beberapa jenis bawang yang umbinya digunakan untuk bumbu masakan seperti bawang merah dan bawang putih. Umbi pada bawang merah dan bawang putih dapat dimakan dengan berbagai cara yaitu dimakan mentah, diolah menjadi bumbu masakan, obat tradisional, acar atau diiris tipis dan digoreng. Ternyata bawang memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada bawang merah terdapat senyawa alicin. Senyawa ini yang dapat kita temukan ketika kita memotong atau mengiris bawang merah. Alicin dapat menghambat enzim Reduktase, enzim ini yang diproduksi oleh hati untuk membuat kolesterol.

Salah  satu manfaat mengkosumsi bawang merah adalah menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat membantu mencegah aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pada bawang merah terdapat dua antioksidan penting yang terdapat dalam bawang merah adalah allicin dan quercetin. Kedua antioksidan ini dianggap memiliki sifat anti-hipertensi. Alicin dapat melindungi Jantung dengan meningkatkan antioksidan untuk merangsang produksi glutathione yakni antioksidan utama yang mampu memberikan efek positif pada kesehatan manusia.

Selain itu, fungsi bawang merah juga mampu menghambat produksi enzim tertentu yang membantu memproduksi kolesterol. Properti pada bawang merah ini melebarkan pembuluh darah sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah yang membantu kesehatan jantung manusia.

3. Menangkal Pilek

Bawang putih dapat mencegah hidung tersumbat akibat pilek. Biasanya bawang putih sering dimemasukkan ke dalam masakan untuk mencegah pilek. Selain itu bawang putih juga berperan dalam  meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut penelitian, pada bawang putih ditemukan kandungan alicin yang berperan dalam mengurangi potensi penyakit pilek dan mengobati para pendertia pilek agar lebih cepat sembuh.

4. Meningkatkan Stamina dalam Berolahraga

Menurut riset, bawang putih memiliki efek terhadap performa fisik, uji coba itu dilkakuan pada seekor tikus. Berdasarkan riset tersebut, ternyata bawang putih mampu meningkatkan performa dalam olahraga. Berdasarkan studi, sering mengkosumsi minyak bawang putih secara teratur pada penderita penyakit jantung mengalami performa olahraga yang lebih baik, biasanya dikosumsi sebanyak dua kali sehari selama enam minggu.