Cara Membuat Manisan Pepaya Simple

Manisan pepaya? siapa sih yang nolak? apalagi kalo dikasih gratis wkwkwk ya daripada kalian mengharapkan pemberian gratis mending kalian bikin sendiri deh gais karena pada artikel ini mimin bakal ngasih tau kalian cara membuat manisan pepaya simple yang bisa kalian lakuin di rumah.

Tapi sebelum mimin berangkat ke resepnya ijinkan mimin kece ini sekedar berbagi info tentang manfaat dan khasiat apa aja yang terdapat pada buah pepaya ini. Kalo penasaran, simak terus ya gaiss!!

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

1. Mengandung Antioksidan Yang Baik Bagi Tubuh

Zat molekul serta radikal bebas yang terdapat pada sistem metabolisme atau pencernaan di tubuh kita dapat menigkatkan resiko stress oksidatif. Namun dengan adanya zat antioksidan ini kalian ngga perlu resah dan khawatir, selama kebutuhan zat antioksidan kalian tercukupi.

Selain itu antioksidan ini juga dapat membantu mencegah mengurangi resiko penyakit Alzheimer di usia muda yang mana itu dapat menurunkan daya ingat otak kita. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi ekstrak pepaya hasil fermentasi mengalami penurunan kerusakan oksidatif sebanyak lebih dari 40% lho gaisss wowww.

2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Belum banyak yang tau kalo pepaya ini mengandung likopen. Apa itu likopen? likopen adalah senyawa yang terdapat pada buah-buahan yang berwarna merang dan kuning, terlebih kuning tua. Zat ini yang sebenarnya membuat buah-buahan menjadi berwarna seperti itu.

Likopen ini dapat menurunkan kolesterol jahat atau biasa dikenal dengan LDL(Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan bibit kelesterol baik(High Density Lipoprotein)dalam saluran darah dengan minimal mengkonsumsi setidaknya 40 sampai 50mg per hari.

3. Membantu Diet Sehat

Dengan lancarnya saluran sistem pencernaan, tak dapat dipungkiri bahwa diet dengan mengonsumsi buah pepaya ini akan jadi kenyataan. Bagi kalian yang mendambakan bodygoals ala ala artis Korea, bisa banget dengan mengonsumsi pepaya setiap hari untuk membantu memperlancar sistem pencernaan kalian.

Pepaya memiliki jumlah kalori yang rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat dan mineral yang dapat membuat perut kita merasa cukup kenyang dalam waktu yang lumayan lama.

Wah dari 3 fakta manfaat dan khasiat di atas, udah tergugah belum buat lebih rajin lagi dalam mengonsumsi buah pepaya? hahaha sabar sabar ni sekarang kita langsung aja ya menuju ke resep dan cara membuat manisan pepaya kering nya, cekidot fellassss!!

Cara Membuat Manisan Pepaya Simple

1. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih

Bahan Bahan:

  • 500 gram pepaya mentah
  • 1/2 sendok teh sitrun
  • 250 gram gula pasir putih
  • 1/2 sendok teh pasta melon
  • 1/2 sendok teh pasta nanas
  • 225 gram gula pasir biasa
  • 1/2 sendok teh strawberry

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Tanpa Sirih:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas kulitnya. Kemudian potong pepaya tapi jangan terlalu kecil
  2. Parut pepaya yang udah dipotong tadi kemudian peras sampe kering
  3. Campurkan pepaya yang udah diperas tadi dengan gula dan masak dengan api kecil serta aduk secara perlahan
  4. Jika air gulanya udah sedikit menyusut dan parutan pepayanya mulai mengering, masukkan sitrun sambil terus mengaduk
  5. Angkat adonan pepaya tadi dan bagilah menjadi 3 adonan sama rata
  6. Masukkan pasta sesuai ke adonan masing-masing dan kemudian ambil adonan lalu bulatkan sebulat tekad kalian lalu gulingkan ke gula pasir putih, ulangi ke ketiga adonan tadi sampe habis.
  7. Jika semua udah berbentuk bulat dan rata dengan gula, jemur hingga kering kurang lebih satu sampai dua jam, kemudian masukkan ke dalam toples dan tutup dengan rapat

2. Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Simple

Bahan Bahan:

  • 1 buah pepaya mengkal
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sachet vanili
  • 1 sendok makan kapur sirih

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering Simple:

  1. Cuci bersih pepaya dan kupas hingga bersih dan potong potong pepaya sesuai selera kalian, bisa juga dipotong random kaya mimin
  2. Setelah dipotong tadi, rendam potongan pepaya ke dalam air yang berisi larutan kapur sirih selama kurang lebih 4 sampai 5 jam
  3. Sambil menunggu rendaman potongan pepaya, kalian bisa banget baca resep resep lainnya kayak resep es buah untuk jualan
  4. Setelah menunggu kurang lebih 4 sampai jam, kita angkat pepayanya dan cuci bersih lagi lalu tiriskan
  5. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan gula dan valini kemudian diikuti pepayanya tanpa perlu menambahkan air karena di sini kita berencana biar manisannya ngga perlu dijemur
  6. Aduk hingga merata ke semua adonan pepaya jangan sampai berhenti terlalu lama saat ngaduknya, takutnya gosong wkwkwk
  7. Kecilkan apinya kalo dirasa kebesaran dan pastikan bahwa adonannya benar benar kering
  8. Kalo dirasa udah lumayan kering dan gulanya meresap segera angkat jangan kelamaan nanti gosong kan ngga lucu. Setelah itu tunggu sampai dingin dan masukkan ke dalam toples

Gimana gimana nih gaiss mau bikin yang mana dulu nih? hahaha sabar ya bund satu satu pokoknya dicoba ya nanti kalo udah berhasil kabarin mimin yaaa, selamat mencobaa!!!