Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

hola halo gais jumpa lagi dengan mimin, gimana kabar kalian semua? semoga dalam keadaan yang baik baik aja. Oh iya, kali ini mimin mau berbagi ke kalian resep serta cara membuat manisan rambutan enak dan anti gagal tentunya, jadi tunggu apalagi? mari kita mulai gais, cekidottt!!

Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

1. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan ketiga, kita lanjutkan dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan Bahan:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

2. Resep Manisan Rambutan Simplee

Resep rambutan kali ini bener bener simple dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila manisan rambutan simplee siap disajikan

3. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis Enak

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

 

Dari ketiga resep di atas, kita bisa lihat bahwa rambutan juga dapat diolah dengan berbagai resep. Bahkan di luar dari resep manisan ini. Contohnya seperti dibuat dengan resep es buah untuk jualan atau bahkan resep manisan rambutan yang tentunya dapat membuat kaian jadi lebih produktif. Jadi? ayo buruan dicoba ya gaiss!