Kerajinan dari Plastik Mudah

Artikel ini mengupas tentang kerajinan dari plastik mudah yang bisa dijadikan referensi untuk kegiatanmu menjadikan sampah menjadi karya

Kerajinan dari Plastik Mudah

Mungkin selama ini kamu beranggapan kalau barang bekas tidak memiliki nilai dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, memanfaatkan barang bekas bisa menghasilkan sebuah kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi lho.

Bagi yang benar-benar serius ingin menggeluti atau membuat usaha kerajinan dari botol bekas ternyata tidak sulit sama sekali. Salah satunya ialah cara membuat kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu gunakan sebagai mainan anak atau produk unik yang bernilai ekonomi.

Lalu, bagaimana cara membuat kerajinan dari botol bekas yang mudah untuk dipraktikkan? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

kerajinan dari plastik mudah yang dan manfaatnya.

 

Daur ulang plastik menjadi teknik berkreasi yang kian hari semakin digemari. Pasalnya, selain mudah dikerjakan, ternyata hobi ini juga bisa jadi bidang usaha yang sangat potensial, lho!

Ada banyak cara kreatif dan unik untuk mendaur ulang plastik menjadi berbagai barang kerajinan yang bermanfaat untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah cara membuat kerajinan dari botol bekas yang telah menumpuk di rumahmu.

Kamu penasaran? Yuk, simak langsung cara membuat kerajinan dari botol bekas beserta gambarnya berikut ini.

1. Pot Bunga

Sebelum membahas tentang cara membuat kerajinan dari botol bekas, adapun alat dan bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, seperti pisau, pernak-pernik, tanaman, pupuk, serta botol plastik bekas.

Kalau alat dan bahannya sudah terkumpul, berikut cara membuat kerajinan dari botol bekas berbentuk pot bunga:

– Potong botol plastik tersebut untuk menjadi dua bagian, kali ini kita hanya menggunakan bagian bawah botol saja ya guys, jadi yang atas bisa kamu simpan untuk kerajinan tangan lainnya.

– Cara membuat kerajinan dari botol bekas selanjutnya ialah gunting botol plastik tersebut seperti pada gambar di atas. Kalau ingin lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan atau pernak-pernik sesuai keinginan.

– Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol supaya air tidak mengendap di dalam botol, lalu masukkan pupuk dan tanah ke dalam botol plastik tersebut. Kemudian masukkan juga bibit tanaman yang ingin di tanam. Selesai, cantik kan?

2. Bungkus Kado

Selain bentuk pot bunga, ternyata cara membuat kerajinan dari botol bekas juga bisa sebagai bungkus kado lho, guys. Langsung saja siapkan pita, cutter, botol bekas, dan tentunya isi kado.

Setelah semua bahan dan peralatannya terkumpul, inilah cara membuat kerajinan dari botol bekas dengan bentuk bungkus kado:

– Potong botol bekas tersebut sesuai dengan keinginan, lalu masukkan kado ke dalam botol yang telah dipotong. Kadonya jangan terlalu besar ya guys, mengingat diameter botol plastik yang tidak begitu besar.

– Kemudian lipat bagian ujung botol sampai botol tertutup rapat, lalu ikat menggunakan pita supaya lipatan tidak lepas dan dijadikan sebagai hiasan. Taraaa! Kado dengan bungkusan dari botol bekas siap diberikan.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral

 

Plastik merupakan suatu bahan yang memiliki jangka waktu lama untuk terurai di dalam tanah, bahkan dalam kurun waktu 500 tahun sekalipun limbah plastik belum tentu musnah begitu saja. Hal ini pun akan memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Oleh karena itu, cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral merupakan salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan dengan nilai jual. Kira-kira apa saja yang dapat dihasilkan dari barang bekas tersebut?

1. Pot Bunga Gantung

Sebelum membahas tentang cara membuat kerajinan dari botol bekas, adapun alat serta bahan-bahan yang harus kamu siapkan seperti pupuk, tanah, tali, paku dan palu, gunting, cat, serta botol bekas.

– Langkah pertama, cara membuat kerajinan dari botol bekas ialah potong botol plastik air mineral menjadi dua bagian, lalu beri lubang pada botol guna menggantung pot bunga dari botol tersebut.

– Kemudian cat botol sesuai dengan keinginanmu dan tunggu hingga kering, lalu masukkan pupuk, tanah, serta tanaman ke dalam botol.

– Terakhir, cara membuat kerajinan dari botol bekas adalah buatlah gantungan untuk menggantung pot bunga tersebut di halaman rumah. Selesai.

Cara Membuat Kerajinan dari Tutup Botol Bekas

 

Dalam keseharian, air minum kemasan memang menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam beraktivitas. Bahkan, tak sedikit pula yang lebih membawa bekal minum dari rumah dengan alasan lebih praktis dan tidak menambah limbah plastik yang saat ini begitu mengkhawatirkan.

Namun, siapa sangka kalau ternyata botol plastik juga bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan lho. Kamu penasaran? Berikut cara membuat kerajinan dari tutup botol bekas yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Jam Dinding

Kalau kamu belum punya jam dinding di kamar, kamu bisa memanfaatkan tutup botol sebagai bahan dasar cara membuat kerajinan dari botol bekas. Siapkan aja mesin jam dinding, besi atau gagang yang sudah nggak terpakai, lem, dan tutup botol. Lalu, kamu rangkai aja jadi susunan jam dinding sesuai dengan seleramu. Praktis kan?

2. Tatakan Gelas atau Piring

Selain jam dinding, cara membuat kerajinan dari botol bekas juga bisa menghasilkan tatakan gelas atau piring yang unik lho. Cara membuatnya mudah kok! Susunlah tutup botol yang sedikit kamu lubangi dan kaitkan aja dengan kawat kecil. Taraaa! tatakan pun siap digunakan.

3. Anting-Anting

 

Salah satu hasil karya dari cara membuat kerajinan dari botol bekas adalah anting-anting. Yaps, anting-anting dari tutup botol ini dijamin akan membuat penampilanmu stand out.

Bahkan kamu hanya bermodalkan pengait anting yang bisa didaptkan serta lem untuk menempel, maka jadilah sepasang anting lucu yang siap menggantung manja di telinga kamu.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Kaca Bekas

 

Kalau di awal kita memanfaatkan botol plastik, botol kaca pun juga gak kalah kerennya untuk dijadikan kerajinan tangan di rumah lho, guys.

Nah, makanya mulai sekarang kamu jangan langsung buang tumpukkan botol-botol kaca di gudang ya, sebab cara membuat kerajinan tangan dari botol kaca bekas nggak susah kok. Bahkan, kamu hanya menyiapkan peralatan yang ada di rumah aja.

Penasaran? Berikut cara membuat kerajinan dari botol bekas dengan berbagai bentuk, diantaranya:

1. Vas Bunga

– Langkah pertama cara membuat botol kerajinan tangan dari botol bekas adalah kumpulkan beberapa botol transparan yang sudah di cuci bersih dan dikeringkan. Lalu, beri cat warna pada luar botol agar semakin lebih menarik.

– Setelah selesai, biarkan botol dalam keadaan terbalik dan membiarkan cat mengering, lalu ambil pita, untuk mengikat botol itu dengan baik, selain pita kamu juga bisa menambahkan beberapa gaya ekstra agar vas bunga yang kamu buat tampil lebih sempurna. Taaarraaaa … Jadi deh vas bunga dari Botol Bekas ala-ala kamu hehe. Gimana? Tertarik buat coba?

2. Tempat Makan Burung

Kalau bentuk yang satu ini, tentu bikin hati para suami berbunga-bunga deh, sebab cara membuat kerajinan dari botol bekas bisa kamu manfaatkan untuk tempat makan burung. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, ikuti tips berikut ini.

– Adapun alat dan bahan-bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu saat cara membuat kerajinan dari botol bekas ialah papan kayu, paku, palu, kawat, pengait dinding, botol kaca bekas, serta biji-bijian kacang.

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya yang berjudul daur ulang plastik untuk informasi  lebih menarik lainya

Kerajinan dari Plastik Kemasan

Artikel ini memuat mengenai kerajinan dari plastik kemasan yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat sebuah kerajinan tentunya yang bernilai jual

sebelum ke artikel temen temen bisa baca artikel sebelunya yaitu mengenai bagaimana caranya mendaur ulang

 

Kerajinan dari Plastik Kemasan

Kantong plastik yang sudah dibeli ternyata pada akhirnya tetap dibuang dan menjadi sampah. Para pecinta lingkungan mencoba melihat ini sebagai permasalahan sekaligus peluang. Mereka berinisiatif untuk mendaurulang sampah kantong plastik itu jadi sesuatu yang berguna. Kamu sebagai anak-anak muda keren juga harus bisa, agar kamu tak menjadi salah satu penyumbang sampah yang sangat mengganggu lingkungan.

Punya banyak waktu luang semestinya jadi privilege tersendiri. Bagaimana tidak, Anda bisa melakukan ragam kegiatan bermanfaat yang belum pernah dicoba sebelumnya. Misalnya, memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang cantik dan layak jual. Apalagi sekarang gaung no plastic bag makin santer diterapkan pada berbagai wilayah di Indonesia.

Jika di rumah masih banyak sampah plastik dari botol bekas, kantong kresek, bungkus makanan, maupun kemasan produk rumah tangga lain berbahan dasar plastik, kenapa tidak mendaur ulangnya? Hanya butuh sedikit kreativitas, semua sampah Anda bisa disulap menjadi barang bermanfaat.

  1. Pengertian Daur Ulang Plastik
  2. Kerajinan Dari Botol Plastik
  3. Kerajinan Dari Plastik Kresek
  4. Limbah Plastik Bungkus Kopi
  5. Menyulap Botol Plastik Jadi Anting
  6. Bungkus Bekas Jadi Tas Cantik
  7. Keranjang Unik dari Sedotan Plastik
  8. Botol Bekas Soda Jadi Pot Lucu
  9. Bungkus Makanan Jadi Dompet Koin
  10. Tatakan Gelas dari Plastik Kresek
  11. Sandal Unik dari Plastik
  12. Kresek Bekas untuk Gelang
  13. Tikar Cantik dari Plastik
  14. Botol Plastik untuk Hidroponik
  15. Wadah HP dari Botol Plastik Bekas
  16. Mulailah, Mendaur Ulang Plastik Sebagai Kerajinan Rumahan

Pengertian Daur Ulang Plastik

Membakar sampah plastik dapat menyebabkan polusi udara yang lama kelamaan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Sumber: inhabitat.com

Daur ulang plastik adalah kegiatan mengelola dan menggunakan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan.

Plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai. Di lain sisi, membakar sampah plastik dapat menyebabkan polusi udara yang lama kelamaan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Untuk itu, berbagai elemen masyarakat yang umumnya tergabung dalam komunitas, rutin melakukan sosialisasi tentang daur ulang pastik untuk diubah ke barang bernilai jual.

Di Indonesia, kini telah banyak industri rumah tangga yang memproduksi berbagai macam barang hasil dari daur ulang plastik. Kerajinan dari plastik tersedia dalam beragam jenis mulai dari tas cantik, keranjang pakaian, pot tanaman, hingga aksesoris yang tak biasa.

Kerajinan Dari Botol Plastik

Mainan anak bisa dibuat dari kerajinan botol plastik. Sumber: decoratorist.com

Jenis kerajinan dari botol plastik banyak diminati sebab proses pengerjaannya yang mudah dan praktis. Hanya perlu ide dan beberapa alat seperti gunting, lem, cat, dan pernak-pernik lainnya, botol plastik bisa disulap menjadi mainan menarik untuk anak tersayang.

 Kerajinan Dari Plastik Kresek

Kerajinan dari plastik kresek yang bisa ditiru misalnya bunga atau tanaman artificial, pouch serbaguna, maupun vas yang ekonomis. Sumber: Pixabay

Apakah Anda masih punya stok kantong plastik tak terpakai di rumah? Daripada dibuang dan mencemari lingkungan, sebaiknya olah plastik kresek tersebut menjadi kerajinan tangan. Ide kerajinan dari plastik kresek yang bisa Anda tiru misalnya bunga atau tanaman artificial, pouch serbaguna, maupun vas yang ekonomis.

 Limbah Plastik Bungkus Kopi

Umumnya, limbah plastik bungkus kopi dikreasikan menjadi tas, dompet, tempat tisu, bingkai foto, bahkan tikar ukuran besar. Sumber: Media Indonesia

Sementara limbah plastik bungkus kopi juga tak kalah menarik untuk digarap. Bagi Anda yang coffee addict, ketimbang bungkusnya dibuang begitu saja lebih baik diolah ke barang fungsional. Umumnya, limbah plastik bungkus kopi dikreasikan menjadi tas, dompet, tempat tisu, bahkan bingkai foto.

 Menyulap Botol Plastik Jadi Anting

Siapa sangka, botol plastik bisa jadi bahan dasar pembuatan anting. Sumber: Pinterest

Apakah Anda penyuka aksesoris untuk menunjang tampilan sehari-hari? Jika iya, mungkin Anda akan terkejut dengan fakta bahwa botol plastik bisa jadi bahan dasar untuk membuat anting.  langkah-langkahnya sebagai berikut:

Siapkan Bahan

  • Botol plastik bekas minuman bersoda
  • Cat khusus akrilik
  • Kawat (atau Anda dapat menggunakan tempat belakang anting yang sudah jadi)
  • Gunting
  • Lilin
  • Stiker berlian (opsional)
  • Spidol

Tahapan

  • Gambar pola kelopak bunga di atas kertas
  • Potong botol plastik mengikuti ukuran yang sama dengan pola kelopak. Untuk membuat satu bunga Anda membutuhkan lima kelopak.
  • Rapikan potongan di ujung kelopak, dan gunakan gunting untuk membuat kelopak melengkung atau bisa dengan cara ditekuk. Cara lain, buat lengkungan kelopak dengan memanaskannya di atas lilin (jarak 8 inci) hingga kelopak lentur dan mudah dibentuk.
  • Setelah kelopak terbentuk, lakukan proses tumpang tindih lima kelopak untuk membentuk sebuah bunga. Untuk menyatukannya, lelehkan ujung setiap kelopak di atas lilin.
  • Setelah selesai bagian belakang mungkin akan tampak hitam karena proses pemanasan. Namun jangan khawatir, hal ini akan hilang karena proses pengecatan.
  • Untuk mengecat, beri warna dasar terlebih dahulu seperti putih. Kemudian beri warna kontras lainnya secara senada atau berwarna-warni sesuai selera Anda.
  • Setelah selesai dicat, lobangi ujung bunga untuk dikaitkan dengan kawat kecil dan tekuk kawatnya. Jika Anda menggunakan kawat bekas, tempelkan manik-manik berlian di atasnya dengan lem panas.
  • Anting dari botol plastik, sudah siap mempercantik diri Anda!

Bungkus Bekas Jadi Tas Cantik

Harga tas cantik hasil kerajinan dari plastik bernilai jual tinggi lho. Sumber: Pixabay

Ada banyak bungkus atau kemasan bekas produk rumah tangga di rumah Anda tentunya. Membuangnya saat isinya sudah habis, pasti menjadi hal lumrah yang dilakukan. Tapi pernahkah terpikir untuk menjadikan bungkus bekas sampah tersebut menjadi kerajinan dari plastik?

Asal tahu saja, harga tas cantik hasil kerajinan dari plastik bernilai jual tinggi lho. Bahkan jika sudah masuk pasar ekspor, nilainya bisa mencapai Rp200 ribuan ke atas. Menarik, ya.

Tip Rumah
Tawarkan hasil kerajinan dari plastik Anda kepada rekan maupun khalayak luas melalui jejaring sosial media.

Keranjang Unik dari Sedotan Plastik

Keranjang unik nan cantik bisa Anda buat sendiri dari sedotan plastik. Sumber: Carousell

Agar rumah tetap rapi, banyak orang memilih untuk menggunakan keranjang multifungsi. Baik untuk sebagai wadah pakaian bersih dan kotor, koleksi mainan anak, atau bahkan sebagai ruang penyimpanan sembako.  Nah, daripada membeli keranjang, lebih baik uangnya disisihkan untuk menabung.

Sebab keranjang unik nan cantik bisa Anda buat sendiri dari sedotan plastik. Mengutip laman pinkvilla.com, tiga bahan utama yang dibutuhkan adalah kertas, benang, dan lebih dari 25 buah sedotan plastik. Cara membuatnya pun simpel, cukup potong sedotan plastik menjadi dua bagian, lalu anyam seperti membuat ketupat. Untuk menyatukan antar anyaman, gunakan benang sebagai tali pengikat. Lalu letakkan kertas di dasar keranjang sebagai alasnya.

 Botol Bekas Soda Jadi Pot Lucu

Beri hiasan dengan gambar binatang atau anime lain yang Anda sukai agar tampilan pot semakin menarik. Sumber: Good House Keeping

Bosan dengan bentuk dan tampilan pot yang itu-itu saja? Coba kreasikan botol bekas soda yang ada di rumah menjadi pot yang lucu. Beri hiasan dengan gambar binatang atau anime lain yang Anda sukai agar tampilannya semakin menarik. Pot lucu hasil kerajinan dari plastik cocok diletakkan di meja kerja maupun ruang tamu Anda.

Bungkus Makanan Jadi Dompet Koin

Selain menjadi tas, bungkus makanan juga bisa dikreasikan menjadi dompet koin. Ukurannya yang kecil dan ergonomis, kian apik karena desainnya yang tak biasa. Bahkan mungkin, hanya Anda satu-satunya orang di dunia yang punya dompet koin daur ulang ini.

Tatakan Gelas dari Plastik Kresek

Untuk membuat tatakan gelas dari plastik kresek bisa mengikuti pola simpul makrame. Sumber: Pinterest

Ide lainnya untuk kerajinan dari plastik kresek adalah tatakan gelas. Menyadur Kompasiana,  cara membuatnya adalah potong kantong plastik yang tipis dengan lebar kurang lebih 2-3 cm memanjang, lalu diikat satu sama lain dan dirajut. Pola merajutnya sederhana saja.

 Sandal Unik dari Plastik

Sendal unik hasil kerajinan dari plastik. Sumber: Crafters.org

Kerajinan dari plastik lainnya yang tak kalah unik adalah sendal. Sebab berbahan plastik, tentu saja sendal ini anti air dan ringan saat dipakai berjalan. Tertarik mencoba membuatnya?

 

 

Kerajinan dari Plastik dan Cara Pembuatanya

Artikel ini mengupas mengenai kerajinan dari plastik dan cara pembuatanya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk memulai kerajinanmu.

Kerajinan dari Plastik dan Cara Pembuatanya

Kali ini kita juga akan membahas tentang sampah plastik. Namun pada kesempatan kali ini saya membagikan beberapa produk hasil daur ulang plastik.

Seperti yang sudah saya sebutkan pada cerita sebelumnya, sampah plastik membutuhkan waktu 10–1000 tahun untuk dapat terurai. Nah kita dapat melakukan langkah kecil untuk membantu mengurangi sampah plastik dengan melakukan daur ulang, meskipun cuma aksi kecil lebih baik kan dari pada tidak.

Sebelum membaca artikel ini temen temen bisa baca artike sebelumya dengan mengklik kerajinan dari plastik

Kerajinan Limbah Plastik

Tempat Pensil Lucu

Image for post

Tempat pensil adalah wadah untuk menyimpan pensil.Tempat pensil juga dapat diisi dengan alat tulis lain misal penghapus, pulpen,pena, tip‐x, pensil warna, dan kalkulator.

Kotak pensil dapat terbuat dari berbagi jenis bahan misalnya plastik,kayu anyaman bambu, anyaman rotan, kain dan masih bayak lagi bahan yang dapat digunkan untuk membuat tempat pensil.

Lucu kan?,pasti tak tebayang tempat pensil ini terbuat dari botol shampo bekas. Tempat pensil lucu jika ditaruh di meja belajar dapat memberikan efek refreshing ketika jenuh belajar semalaman.

Berikut cara cara membuat tempat pensil tersebut.

Bahan yang diperlukan tempat pensil

>Botol shampo bekas (yang sudah kosong)

>Kertas atau sricker berwarna (sesuai selera)

>Gunting, cutter, lem

>Double tap (isolas dua sisi)

Cara pembuatan tempat pensil

  1. Buat pola/bentuk pada botol shampo.
  2. Potong sesuai pola menggunakan cutter/gunting.
  3. Buat tangan pada bagian yang dipotong/tidak digunakan.
  4. Bentuk wajah dan riasan,lalu rekatkan semua bagian dengan lem.
  5. Rekatkan Double tip pada bagian belakang tempat pensil.
  6. Selesai.

Boneka Pinguin Lucu

Image for post

Ini adalah sejenis mainan yang dapat berbentuk macam-macam, misal manusia atau hewan,maupun tokoh-tokoh fiksi.

Boneka menjadi salah satu mainan yang paling tua,boneka sudah ada pada zaman Yunani, Romawi maupun Mesir kuno. Namun fungsi, bentuk, maupun bahan pembuatnya sudah berubah.

Kali ini kita membuat boneka menggunakan botol minuman bekas.Selain ramah lingkungan,boneka ini juga dapat dengan mudah dibuat.

Bahan yang diperlukan boneka

>Botol air mineral bekas 2 buah ( ukuran besar 1 liter)

>Cat air atau cat minyak (warna sesuai selera)

>Kuas

>Gunting atau cutter

>Lem plastik

>Kain perca

Cara pembuatan boneka

  1. Potong salah satu botol pada bagian tengahnya.Sementara botol satunya, potong sekitar 5 sentimeter dari bagian dasarnya.
  2. Satukan kedua botol hingga tertutup rapat kedua lubangnya. Lem supaya tak mudah terlepas pada bagian sambungannya.
  3. Warnai semua bagian dengan cat putih.Pada salah satu sisi luar gambar bentuk perut pinguin.
  4. Beri mata dan mulut lalu warnai.
  5. Siapkan kain perca,bentuk menyerupai syal pingun.Gunting kain perca lain untuk topi pinguin.
  6. Lilitkan syal pada leher pinguin dan letakan topi di kepala pinguin.
  7. Selesai.

Lampu Hias Unik

Image for post

Bosen lampu hias yang biasa-biasa saja,ingin sesuatu yang unik dan jarang dilihat,ingin beli takut mahal?. Tidak perlu keluara banyak uang untuk membeli lampu hias unik.

Cukup menggunakan sendok plastik bekas kita dapat membuat lampu gantung yang indag dan unik sendiri.

Lampu gantung ini dapat diletakan di depan rumah,ruang keluaga,tempat santai.Cara membuatnya pun relatif mudah.

Bahan yang diperlukan lampu hias

>Sendok plastik bekas (Banyak),diusahakan warna putih

>Gunting/cutter

>Lem tembak

>Lampu dan sangkarnya

>Botol plastik bekas ukuran besar

>Kabel dan colokan

Cara pembuatan lampu hias

  1. Potong semua gagang sendok (sisakan sedikitm untuk pegangan).
  2. Ambil botol bekas,potong bagian bawah sesuai selera (bagian kepala botol kebawah yang diperlukan).
  3. Rekatkan sendok bekas menggunakan lem tembak.Di mulai dari bawah terus menggelilingi hingga botol tertutup sempurna.
  4. Ambillah kabel dan masukkan dari bagian bawah botol plastik secara perlahan, sambungkan colokan dan sangkar lampu.
  5. Pasang lampu.
  6. Selesai.

Meskipun sampah tersebut tidak hilang,setidaknya jumlah sampah menurun. Bayangkan saja jika setiap orang melakukan daur ulang, pastinya jumlah sampah di dunia turun secara signifikan.