cara membuat dadar gulung pisang coklat

Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Cokelat Kekinian dan Aesthetic

 

Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat Kekinian dan Aesthetic – Apa kabar kawan semua?, semoga sehat selalu dan tetap jaga kesehatan ya, karena covid sedang ganas-ganasnya mending stay di rumah aja ya kawan, ditemani oleh resep dan cara membuat dadar gulung pisang coklat kekinian dan aesthetic!

Yuk langsung aja kita simak cara membuat dadar gulung pisang cokelatnya:)

Pisang Cokelat

PISANG COKLAT

Pisang cokelat atau yang kerap dipanggil Piscok merupakan makanan kecil  manis khas dari Indonesia yang terbuat dari irisan pisang, lalu menggunakan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, yang kemudian dibungkus menggunakan kulit tepung tipis, lebih mudah atau seringnya menggunakan kulit lumpia yang kemudian digoreng ke dalam minyak goreng yang banyak dan panas. Jajanan khas ini kerap dianggap sebagai perpaduan antara pisang goreng dan lumpia.

Tetapi, banyak sekali jenis-jenis pisang olahan, seperti pisang coklat yang seperti, dadar gulung pisang cokat, kue pisang coklat, es pisang coklat, dll.

Jenis pisang yang digunakan juga sama saja seperti pisang yang kerap digunakan untuk membuat pisang goreng, yaitu seperti pisang uli, pisang kepok atau pisang raja sereh. Dan biasanya kulit yang dipakai untuk membuat dadar gulung pisang coklat adalah kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar. Di Indonesia sendiri, pisang coklat ini dianggap sebagai salah satu variasi olahan pisang goreng, dan termasuk dalam golongan kategori gorengan. Makanan ini sangat populer sebagai makanan kecil atau juga kudapan yang disajikan oleh pedagang kaki lima atau bahkan sampai kafe dan restoran sebagai teman minum kopi atau teh. 

Resep Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat

Bahan-bahan:

    • 125 Gram tepung terigu
    • 60 gr gula tepung
    • 2 sdm cokelat bubuk
    • 300 ml susu cair
    • 1 butir telur ayam
    • 30 gr margarine

Bahan-bahan isi:

  • 5 buah pisang raja yang dibelah menjadi 2 bagian dan dipotong lagi menjadi 2 bagian
  • 1 sdm margarin
  • 3 buah ceri merah (untuk hiasan)

Cara membuat Dadar Gulung Pisang Coklat:

  1. Siapkan buah pisang raja yang sudah dibelah menjadi 2 bagian dan dipotong menjadi 2 bagian lagi
  2. Siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, gula tepung, dan cokelat bubuk, lalu campur aduk rata.
  3. Masukkan susu dengan telur dan aduk rata.
  4. Masukkan margarin dan lanjut aduk kembali hingga rata.
  5. Panaskan wajan anti lengket, lalu olesi dengan sedikit margarin, untuk membuat dadar.
  6. Tumis pisang dan margarin hingga layu, jika sudah lalu angkat dan sisihkan.
  7. Ambil selembar dadar, letakan pisang dan coklat di dadarnya, lalu gulung rapih.
  8. Sajikan dengan hiasan buah ceri merah diatasnya.
Baca Juga : cara membuat roti pisang goreng yang enak dan lezat

MANFAAT PISANG

PISANG

Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 yand dikandung pisang mudah diserap oleh tubuh. Di dalam satu buah pisang berukuran sedang sanggup menyediakan sekiranya seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian. Vitamin ini sangat berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, metabolisme asam amino, dan juga membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa berbahaya.

Sumber Vitamin C

Manfaat pisang bagi kesehatan yang begitu cukup penting adalah sebagai sumber vitamin C. Di dalam satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C berfungsi sebagai pelindung tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, penyerapan zat besi, membantu produksi kolagen, dan kesehatan otak.

Menjaga Kulit

Buah pisang juga sangat begitu baik untuk kesehatan kulit manusia. Hal Ini karena pisang kaya akan mineral mangan. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 13% dari kebutuhan mangan harian. Mangan membantu tubuh dalam proses pembuatan kolagen dan melindungi kulit serta sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sumber Kalium

Salah satu kandungan pisang lainnya yaitu Kalium, kalium dalam pisang  cukup baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Satu buah pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 320-400 mg kalium, yang sanggup memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan kalium harian. Kalium sendiri memiliki fungsi membantu tubuh dalam menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu.

Pisang juga rendah sodium yang  membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi apabila digabungkan antara natrium rendah dan kalium tinggi.

Mengontrol Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Kandungan kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolitc, yang dimana dapat memberi efek tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan yang ada di dalam pisang bisa mengikat lemak dan mencegah pembentukan plak.

Plak sendiri adalah suatu hal yang bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan darah meningkat.
Jadi mengkonsumsi pisang dapat mencegah risiko stroke dan penyakit jantung.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Pisang juga dapat mengatasi masalah penceraan loh.Hal ini disebabkan pisang adalah buah yang sangat kaya akan serat, yaitu sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan saluran usus. Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10-12% dari kebutuhan serat harian.

Serat larut dan tidak larut juga berperan begitu penting dalam kesehatan. Serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dan membuang zat berlemak seperti kolesterol. Sedangkan serat tidak larut menambah berat dan kelembutan pada tinja, sehingga memudahkan tubuh untuk buang air besar secara teratur. Hal Ini cukup membantu menjaga usus tetap sehat dan aman dari bakteri berbahaya.

Sumber Energi

Manfaat buah pisang lainnnya yakni sebagai sumber energi tubuh. Pisang mengandung tiga gula alami seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang memberi tubuh energi yang bebas lemak dan kolesterol. Sebabnya, pisang sangat cocok bagi anak-anak atau atlet, karena dapat menghasilkan sumber energi apabila dikonsumsi, seperti sebagai sarapan, cemilan siang hari, atau sebelum dan sesudah olahraga.

MANFAAT COKLAT

COKELAT

1. Meningkatkan Mood

Manfaat cokelat satu ini tidak perlu diragukan lagi. Cokelat memang sangat dikenal sebagai makanan kecil yang enak dan dapat memperbaiki mood

Peneliti menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat menurunkan hormon kortisol yang dihasilkan tubuh saat stres dan  merangsang otak untuk melepaskan lebih banyak hormon endorfin dan serotonin yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

2. Mengendalikan Nafsu Makan

Studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi cokelat sebelum atau sesudah makan dapat menimbulkan efek kenyang. Jadi hal ini bisa digunakan Anda sebagai penahan nafsu makan agar tidak mengalami kegendutan.

Oleh karena itu, mengkonsumsi cokelat diyakini dapat mengendalikan nafsu makan. Sehingga dapat menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Cokelat juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Karena efek ini, cokelat menjadi sebagai salah satu makanan yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

Tetapi hal ini juga masih peru penelitian lebih lanjut untuk memastikan leih dalam apakah cokelat memang evektif dalam mencegah penyakit stroke.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Dalam kandungan flavonoid yang ada di cokelat juga tidak kalah penting,  karena dapat mengontrol kadar gula darah. Oleh sebab itu, cokelat baik dikonsumsi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.

Untuk hal ini, Anda harus perlu memilih cokelat yang bagus untuk dikonsumsi dan tidak ditambahkan gula tambahan agar tidak menyebabkan diabetes bila dikonsumsi berlebihan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cokelat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Karena hal ini, cokelat cukup baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Manfaat ini masih terbilang baru penemuannya, oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Otak

Memakan cokelat juga baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, Manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid juga yang berada dalam cokelat, yang dimana mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Cokelat juga memiliki kandungan epikatein yang dapat menurunkan risiko terjadinya penurunan fungsi otak yang dapat menyebabkan demensia atau pikun.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan cokelat lainnta yaitu antioksidan, kandungan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakaan sel yang menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

8. Antioksidan

Kandungan cokelat lainnya adalah antioksidan. Cokelat juga merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan. Bahkan cokelat mengandung lebih banyak variasi antioksidan dari makanan lain.

Antioksidan yang ada dalam cokelat ada banyak macam, seperti polifenol, flavanol, katekin dan masih banyak lagi. Karena kandungan ini, coklat dapat melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan bisa mencegah kanker juga.

OLAHAN LAIN MENGGUNAKAN PISANG

1. Pisang Rebus Cokelat Lumer

Bahan-bahan:

  • 9 Buah pisang bangkayang sudah di kukus
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdm gula kastor
  • 1 sdm butter
  • satu sdm tepung terigu
  • Tepung panir
  • 1/4 blok dark chocolate

Toping:

  • Keju cheddar
  • Cokelat cair

Cara membuat Pisang Rebus Cokelat Lumer:

  1. Haluskan pisang bangkayang yang telah direbus
  2. Masukan butter dan lelehkan
  3. Tuangkan Susu cair dan gula kastor aduk hingga merata
  4. Masukkan tepung terigu, lalu aduk hingga adonan padat dan bisa dibentuk dengan mudah.

Penyelesaian:

  1. Siapkan dark chocolate, lalu Potong dadu dark chocolate
  2. Pipihkan adonan di tangan
  3. Beri potongan dark chocolate di dalam adonan tadi
  4. Bentuk bulat-bulat hingga adonan menyelimuti cokelat dengan sempurna
  5. Jika sudah, gulung-gulung bulatan adonan ke dalam tepung panir
  6. Gulung dan Taburi sambil diberi sedikit pijat kecil agar menempel rata dan sampai seluruh permukaan adonan tertutup panir, lakukan hingga adonan habis
  7. Setelah selesai, simpan dalam freezer kurang lebih 20-30 menit
  8. Keluarkan adonan dari freezer
  9. Siapkan wajan dan tuang minyak dan panaskan dengan api kecil
  10. Goreng adonan tadi sampai kuning kecokelatan
  11. Angkat lalu tiriskan.
  12. Sajikan dengan parutan keju dan cokelat cair diatasnya

2. Pandan Banana Roll Cake

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur ayam
  • satu butir kuning telur
  •  50 gr gula
  • 40 gr tepung segitiga
  • lima gram tepung maizena
  • lima gr susu bubu
  •  1/2 sdt pasta panda
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 55 gr mentega leleh

Bahan isian:

  • 4 buah pisang raja yang dibagi dua
  • Minyak goreng secukupnya
  • satu sdm mentega
  • satu sdm buttercream
  • 15 gr keju parut
  • 15 gr meses

Bahan toping:

  • 100 gr DCC
  • 1 sdt margarine

Cara membuat pandan banana roll cake:

  1. Panaskan oven dengan suhu 200-210℃,
  2. oleskan loyang berukuran 28×28 dengan margarine,lalu alasi dengan kertas baking
  3. Masukkan semua bahan pandan cake kecuali mentega,campur hingga pucat lembut dan lengket, adonan akan mengembang 2 kali lipat
  4. Ambil sebagian adonan, campur dengan mentega, aduk hingga benar-benar merata
  5. Satukan dengan adonan awal tadi, aduk kembali sampai semua merata dengan sempurna,
  6.  Lalu tuangkan ke dalam loyang sampai kental, lalu ratakan, dan masukkan kedalam oven, panggang 10-12 menit, lalu ankgkat
  7. Saat menunggu cake dingin, masukkan buttercream ke dalam plastik
  8. Panaskan minyak goreng dan 1 sdm mentega, masukkan pisang raja kedalamminyak panas, goreng hingga permukaan sedikit kecokelatan, jika sudah lalu angkat dan tiriskan, diamkan sampai dingin
  9. Belah cake menjadi 4, beri pisang di atasnya, beri buttercream di atasnya, lalu taburi dengan keju parut dan meses, tutup dengan pisang lagi.
  10. Gulung menggunakan plastik wrap, dan masukkan ke kulkas minimal 1 jam
  11. Lalu aduk semua bajan topping hingga merata
  12. Keluarkan cake dari kulkas, potong bagian pinggir lalu potong lagi menjadi dua
  13. Celupk/oleskan bagian sisi pinggir dengan cokelat cair, lalu biarkan dingin.

3. Pisang Keju

Bahan-bahan:

  •  1 Sisir pisang Kepok 3/4 kematangan
  • Minyak Sayur

Topping:

  • Keju cheddar parut
  • Cokelat meises ceres
  • Kental manis putih

Cara membuat pisang keju:

  1. Potong serong pisang kepok, jangan terlalu tipis karena akan kesulitan saat menggoreng
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng pisang yang sudah dipotong tadi
  3. Masukkan pisang dan tunggu hingga matang, setelah permukaan bawah pisang terlihat agak kecokelatan, balik pisangnya, dan jangan terlalu sering dibolak balik karna minyak akan terserap banyak.
  4. Jika sudah lalu angkat dan tiriskan
  5. Beri topping keju, cokelat meses, dan juga kental manis diatasnya
  6. Sajikan di piring selagi hangat, dan hias sempurna bila ingin

4. Nugget Pisang Oat Meal

bahan-bahan:

  • 100 gr pisang ambon yang sudah ranum
  • 50 gr quick oats
  • 15 gr susu kental manis
  • satu Butir telur
  • satu sdm gula pasir
  • 20 gr tepung terigu

TOPPING:

  • 4 sdm Tepung Terigu
  • 5 sdm Quick Oats

cara membuat nugget pisang oat meals:

  1. Siapkan blender, dan masukkan semua bahan utama ke dalam blender, lalu blender semua bahan
  2. Jika sudah, lalu tuang ke wadah dan kukus 15 menit hingga matang
  3. Angkat biarkan hangat sebentar
  4. siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, lalu larutkan terigu dengan air sedikit demi sedikit
  5. Kemudian potong-potong adonan tadi dan masukkan ke dalam larutan tepung terigu dan gulingkan di quick oats, pastikan quick oats menempel dengan bagus
  6. Goreng dalam minyak panas sebentar saja
  7. jika sudah terlihat sedikit matang-matang, Angkat dan tiriskan, lalu taruh topping, dan  bisa juga dicelupkan ke cokelat leleh

 

 

 

Begitulah kira-kira cara membuat dadar gulung pisang cokelat nya dan beberapa olahan pisang lainnya yang tentunya sangat berguna bagi yang mau berkreasi lebih, dan juga beberapa list manfaat pisang dan cokelat agar kamu lebih tau.

.sesuatu yang berlebihan tidak baik.

 

 

Related Posts