Cara masak rendang daging sapi yang empuk dan enak

Indonesia ialah salah satu negara yang kaya akan kreasi makanan nya. Makanan khas Indonesia yang terkenal salah satunya adalah rendang. Masakan yang berbahan dasar daging ini merupakan salah satu makanan yang sangat banyak digemari oleh orang dan bahkan negara lain sekalipun. Namun, banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara memasak rendang agar cepat empuk. Berikut adalah cara masak rendang daging sapi yang empuk dan enak.

Definisi Daging

Daging merupakan bagian lunak yang ada pada hewan, dan terbungkus oleh kulit serta melekat ditulang. Daging adalah salah satu bahan pangan yang nantinya akan diolah menjadi berbagai macam masakan yang enak. Daging disusun yang sebagian besar oleh jaringan otot,dengan tambahan lemak yang melekat pada daging,urat,dan juga tulang rawan. Daging yang biasa dijadikan sebagai bahan untuk memasak adalah daging kambing dan juga daging sapi.

Salah satu makanan yang diolah dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya adalah rendang. Rendang sendiri merupakan salah satu olahan masakan yang banyak digemari oleh orang. Sebab, rendang ini memiliki cita rasa yang enak dan juga khas. Cara masak rendang daging sapi yang empuk merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan rasa rendang yang enak.

Tips Memilih Daging Sapi

Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang banyak orang pilih untuk dijadikan sebagai bahan berbagai macam masakan. Sehingga, daging sapi ini banyak dijual dipasaran atau di mall besar. Apabila kita membeli daging sapi dipasar,hal tersebut dapat mempermudah kita untuk memilih daging sapi mana yang memang masih layak dan mana juga yang sudah tidak layak untuk diolah. Namun terkadang orang tidak mengetahui hal itu. Berikut ini adalah tips memilih daging sapi.

1. Memperhatikan Warna Daging

Hal ;ertama yang harus diperhatikan pada saat membeli dan memilih daging adalah dengan memperhatikan warna daging tersebut. Pasalnya, daging yang masih fresh dan juga masih layak dan berkualitas ialah daging yang memiliki warna merah dan terlihat segar serta tidak kotor. Daging yang pucat dan sudah kotor, biasanya sudah bercampur dengan kuman dan juga bercampur dengan tangan para pembeli lainnya.

2. Memperhatikan Tekstur Daging

Cara yang kedua pada saat memiliki daging sapi adalah dengan memperhatikan tekstur daging sapi tersebut. Daging sapi yang masih segar dan layak untuk dikonsumsi memiliki tekstur yang kenyal. Bagaimana cara mengetahui kalau daging tersebut kenyal atau tidak? Caranya adalah dengan menekannya dan lihat apakah daging tersebut kembali ke bentuk semula atau tidak. Jika kembali ke bentuk semula, berarti daging tersebut layak untuk dikonsumsi.

3. Mencium Aroma Daging

Cara ketiga dalam memilih daging sapi adalah dengan mencium aroma atau bau yang keluar pada daging tersebut. Pasalnya, daging yang segar memiliki aroma khas daging tersebut. Lain hal nya dengan daging yang sudah busuk, maka daging tersebut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti asam.

Resep Rendang Daging Sapi

Rendang adalah masakan yang memiliki rasa yang khas, yaitu rasa gurih dan pedas. Rasa gurih tersebut dihasilkan dari santan kelapa yang dimasak dengan menggunakan api kecil, agar santannya menyerap dan menghasilkan minyak. Cara masak rendang daging sapi yang empuk dan enak itu beragam, namun hal tersebut tidak menghilangkan rasa khas yang ada pada rendang tersebut. Berikut adalah resep rendang daging sapi.

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi 1 kg
  • Santan 1 liter
  • Sereh 4 batang
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas 1 ruas
  • Jahe 1 ruas
  • Kunyit 1 ruas
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Kemiri 3 butir
  • Cabai merah 8 buah
  • Ketumbar 1 sdm
  • Merica 1 sdt
  • Gula pasir 2 sdm
  • Penyedap rasa 2 (masako)
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Bumbu rendang instan 1 bungkus

Cara Membuat Rendang Daging Sapi :

  1. Potong daging sapi sesuai selera, lalu cuci sampai bersih. Haluskan bawang merah,bawang putih,kemiri,cabe merah, ketumbar,merica,jahe,kunyit, dengan diuleg sampai benar-benar halus.
  2. Setelah itu, siapkan wajan dan tambahkan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut hingga matang dan mengeluarkan aroma wangi.
  3. Kemudian, masukkan sereh dan lengkuas yang sudah digeprek, dan juga daun salam serta daun jeruk. Aduk hingga merata, setelah itu masukkan daging kedalamnya dan tambahkan bumbu rendang instan. Aduk kembali hingga bumbunya merata di daging.
  4. Setelah merata, tuangkan santan dan tambahkan gula,garam,dan juga penyedap rasa, aduk sampai merata, dan masak dengan menggunakan api kecil sampai santannya menyerap dan mengeluarkan minyak.
  5. Setelah matang, angkat dan sajikan diatas piring.
  6. Rendang daging sapi siap dinikmati.
Baca Juga : cara masak rendang sapi padang

Demikian penjelasan tentang cara masak rendang daging sapi yang empuk dan enak. Agar rendang daging sapi yang kita masak itu memiliki tekstur empuk, maka masak dengan menggunakan api kecil, takaran santan yang pas, dan juga mengaduknya dengan benar. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.

Related Posts