Bosen Sendiri Di Rumah? Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan. Simak Dengan Baik Ya!

Buah Nangka, Tau Gak?

Siapa sangka nangka kuning yang lembut dan empuk dengan rasa yang manis bisa dijadikan sebagai keripik nangka  Ikuti informasi selengkapnya ya tentang cara membuat keripik nangka rumahan.

Nangka merupakan salah satu macam keluarga buah ciri khas Indonesia. Buah yang satu ini yang bernama nangka memiliki rasa dan aroma yang memang sangat khas menyengat sekali seperti halnya buah durian pada umunya.

Tidak mengherankan jika kita perhatikan bila banyak masyarakat yang menikmati buah satu ini sebagai campuran dalam membuat kue atau juga sebagai campuran untuk es.

Selain itu, buah nangka juga bisa kita lakukan pengolahan menjadi makan sejenis keripik.

Kejadian saat ini merupakan cara kita melakukan usaha pengawetan pada buah nangka sehingga kita bisa tetap menikmati buah nangka walaupun sedang tidak musim.

Simak dengan baik ya, Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan

Cara membuat olahan makan sejenis keripik nangka pada saat ini bisa kita lihat di beberapa informasi pada halaman web internet atau di berita lain.

Informasi mengenai keripik dari nangka sudah mencapai tahap industri besar pada salah satu produsen keripik tingkat nasional mencapai keberhasilan memproduksi keripik buah nangka.

Hai ini terlihat pada keadaan dimana kegiatan usaha ini dengan sukses, bahkan berhasil mengekspor keripik jenis ini ke luar negeri.

Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan

Bahan Untuk Membuat Keripik Nangka Rumahan

  • Buah Nangka segar 1Kg (saran saja ya pilih yang agak matang)
  • Air bersih 1,5 liter
  • Garam 75 gram (beryodium)
  • Gula pasir 150 gr (kualitas baik disarankan)
  • Air kapur sirih (untuk optimalnya pada proses merendam)
  • Minyak Goreng 2 liter yang bagus

Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan:

  1. Ambil buah nangka, potong kedua ujungnya dan pisahkan ampas dan batunya.
  2. Penghilang getah pada buah nangka, rendam nangka dalam air kapur sirih selama 5 jam.
  3. Kemudian cuci buah nangka dan keringkan.
  4. Masukkan nangka ke dalam peralatan pengering jika memang musim penghujan, dengan menggunakan minyak yang banyak dengan api besar untuk menghilangkan kandungan airnya. Jika buih pada minyak goreng berkurang berarti sudah matang.
  5. Setelah matang, angkat seperti keripik nangka dan tiriskan.
  6. Simpan keripik nangka dalam plastik kedap udara agar rasanya tetap renyah dan beraroma.
  7. Bagi yang tidak memiliki vacuum fryer, bukan berarti tidak bisa membuat keripik nangka. Anda bisa menggunakan wajan biasa.
  8. Saat anda melakukan proses penggorengan nangka, pastikan menggunakan minyak goreng sedikit banyak hingga nangka terendam bagian buah nangka. pastikan penggorengan yang anda pakai menggunakan api besar.
  9. Goreng hingga matang dan kering dengan tanda buih mulai menipis atau bahkan hilang.
  10. Angkat seperti keripik nangka kering dan tiriskan sampai benar-benar kering.
  11. Simpan dalam kemasan kedap udara atau kantong plastik agar keripik nangka tetap renyah.

Ini adalah resep keripik nangka rumahan yang saat ini banyak permintaan. Resep ini sangat mudah untuk percobaan dan tidak memerlukan penggunaan mesin seperti pengering pada umunya ketika musim panas.

Manfaat Kesehatan Merutinkan Makan Nangka

Nangka merupakan jenis buah musiman dengan rasa yang tenang dan kulit buah yang sangat kental. Hingga saat ini buah nangka banyak digunakan untuk campuran es buah atau olahan kue.

Namun sebaiknya jangan makan buah nangka terlalu banyak karena bisa menyebabkan gas di perut.

Nangka mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan.Lakukan proses pengurangan kadar air dengan penjemuran dari sinar matahari langsung, hasilnya akan lebih bagus saat lakukan penggorengan nanti.

Maka ikuti informasi ini mengenai Cara Membuat Keripik Nangka Rumahan

Anda bisa melakukan pengeringan dengan memanfaatkan alat atau mesin pengering serbaguna, sebagai alternatif ketika cuaca daerah sekitar musim penghujan.

Ada banyak alasan untuk memakan makanan berbahan nangka atau buah nangka langsung secara teratur. Di atas segalanya, hal ini berharap dapat membuat Anda terjaga kesehatan jasmani.

Demikian informasi cara membuat keripik nangka rumahan, jangan sungkan berkunjung kembali.

 

Related Posts