cara mendaur ulang sampah anorganik

Cara Mendaur Ulang Sampah Anorganik yang Bermanfaat

Mungkin banyak dari kita yang masih belum mengetahui cara mendaur ulang sampah anorganik? Jadi saya akan memberikan beberapa cara untuk mendaur ulang sampah anorganik. Sebelum memulai deklarasi tentang daur ulang sampah anorganik, perhatikan definisi sampah anorganik berikut ini:

Pengertian sampah anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang timbul dari bahan non hayati berupa produk sintetik atau hasil proses teknologi untuk pengelolaan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam, seperti: botol plastik, kantong plastik, kaleng. .

Contoh sampah anorganik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sampah anorganik kan? Untuk lebih membedakannya, ada dua contoh limbah tersebut, yaitu lunak dan keras.

1. Limbah anorganik lunak

Sampah anorganik lunak adalah contoh sampah tidak alami yang karena kandungan bahannya yang fleksibel dapat dengan mudah dibentuk atau diproses. Misalnya: sisa industri tekstil, kantong plastik, produk kanvas, kertas dan kemasan

2. Sampah anorganik keras

Sampah anorganik keras terdiri dari bahan-bahan yang sulit dimusnahkan dan juga lebih sulit untuk diolah menjadi bahan lain. Namun ada solusi untuk mendaur ulang limbah keras tersebut, yaitu dengan alat lain seperti crusher. Misalnya: botol kaca, kaleng minuman, sampah yang mengandung logam atau aluminium dan barang pecah belah lainnya.

Baca Juga:https://mesinpencacahplastik.id/cara-mendaur-ulang-botol-plastik/

Cara Mendaur Ulang Sampah Anorganik

Mendaur ulang sampah anorganik bisa dengan mengubah menjadi kerajinan tangan yang baik untuk kita dan lingkungan. Berikut adalah contoh kerajinan tangan yang terbuat dari sampah anorganik.

1.Cara mendaur ulang sampah anorganik menjadi pot tanaman gantung

Daur ulang sampah anorganik yang pertama cocok untuk mereka yang merawat tanaman hias di dalam rumah. Anda dapat mencoba mendaur ulang botol minuman 1L bekas dan mengubahnya menjadi pot gantung yang lucu.

2. Cara mendaur ulang sampah anorganik menjadi mainan robotik

Mendaur ulang sampah anorganik selanjutnya adalah melalui robot mainan berbahan sampah anorganik. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, sampah anorganik bisa diubah menjadi mainan robot yang keren. Ini tidak sulit untuk dilakukan. Yang dibutuhkan hanyalah botol bekas, lem, gunting, dan kreativitas.

3. Tempat pensil dari sampah anorganik

Masih banyak cara membuat kerajinan tangan dari sampah anorganik yang bisa Anda coba. Misalnya membuat tempat crayon unik untuk anak di rumah dari botol bekas.

Manfaat mendaur ulang sampah

1.Pengurangan sampah TPA

Manfaat paling nyata dari daur ulang adalah pengurangan limbah TPA. Salah satu manfaat utama daur ulang sampah anorganik adalah membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan di pusat layanan TPA.

2.Kontribusi terhadap konservasi sumber daya alam

Manfaat daur ulang secara nasional dan internasional adalah membantu meningkatkan kehidupan dan habitat komunitas lokal dan satwa liar dengan mengurangi jumlah kayu, air, dan mineral dalam proses pembuatannya.

3.Hemat energi

Manfaat daur ulang juga mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan di seluruh dunia. Energi yang digunakan untuk membuat produk baru tidak diperlukan, jika bahan daur ulang digunakan.

4.Mengurangi emisi gas rumah kaca

Manfaat daur ulang juga membantu memerangi perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi perhatian para pemimpin di seluruh dunia, dan setiap peluang untuk mengurangi ketergantungan kita pada emisi gas rumah kaca akan menentukan ekonomi dan ekologi planet di masa depan.

Dari cara mendaur ulang sampah anorganik di atas dapat untuk kita lakukan sebagai langkah untuk mengurangi pencemaran yang di sebabkan oleh sampah anorganik.serta menumbuhkan kreaktifitas anak akan kerajinan.

Apa anda tertarik juga dengan:Cara Mengolah Limbah Kantong Plastik

Related Posts