cara membuat sate taichan goreng

Cara Membuat Sate Taichan Goreng Yang Enak dan Mudah

Hai apa kabar? Semoga sehat selalu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat sate taichan goreng yang enak dan mudah dibuat di rumah. Tahukah Anda apa itu Sate Taichan? Yuk simak pengertiannya di bawah ini.

Sate Taichan

Keanekaragaman kuliner Indonesia kini semakin bertambah dengan hadirnya sate jenis baru yang popularitasnya meroket belakangan ini. Sate baru ini bernama sate taichan.Taichan dijual di toko-toko pada malam hari. Sate taichan yang disajikan tanpa bumbu ini bermula di salah satu stand sate di Senayan ketika seorang pria asal Jepang membuat sate sendiri dengan mengoleskan garam, air jeruk nipis, dan sambal pada ayamnya.

Usai persiapan, pria itu menyebut “taichan” sebagai nama satenya saat ditanya. Jadi bagaimana konsumsi Sate Taichan bagi orang-orang yang sedang menjalani program makan sehat? Untuk diet, makanan berprotein tinggi ini sebenarnya terbuat dari dada ayam yang tidak mengandung lemak. Bahkan sate Taichan tidak menggunakan kulit ayam untuk dibakar.

Kedua hal ini juga memberikan tampilan akhir yang lebih menarik karena cat relatif bersih. Ibu-ibu yang sedang berdiet juga dapat menikmati manfaat lain saat mengonsumsi Sate Taichan dengan sambal pedasnya. Makanan pedas tidak hanya membangkitkan selera makan Anda, tetapi juga mengandung capsaicin, yang dapat membantu membakar lemak dan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh.

Manfaat Makan Ayam

1. Membantu kesehatan jantung

Protein hewani dapat diperoleh dari beberapa jenis daging, termasuk daging ayam. Namun, protein ayam lebih baik daripada yang lain.

Situs resmi American Heart Association (AHA) menjelaskan bahwa daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba mengandung lebih banyak lemak jenuh dibandingkan daging ayam. Lemak jenuh dan lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Protein ayam mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi. memiliki manfaat mengurangi risiko gagal jantung, penyakit arteri koroner dan stroke iskemik.

Protein dalam ayam sama baiknya dengan kacang-kacangan dan ikan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan pengolahannya. Menggoreng dengan banyak minyak tentu akan meningkatkan kandungan lemak jenuh ayam. Daging ayam sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau direbus agar khasiat dan khasiatnya tetap terjaga.

2. Membantu Anda menurunkan berat badan

Ayam merupakan bahan makanan sehat yang dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan. Alasannya karena ayam rendah kalori tetapi tinggi protein, terutama bagian dada. Cocok untuk anda yang sedang berdiet atau menjaga berat badan anda.

Berdasarkan penelitian National Library of Medicine, protein mengisi perut lebih cepat, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Protein dalam daging ayam juga memiliki manfaat untuk meningkatkan massa otot.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan protein dalam daging ayam memiliki manfaat dan khasiat untuk kekuatan tulang. Hal ini dijelaskan dalam jurnal berjudul Dietary Protein and Skeletal Health: A Review of Recent Human Research. Protein dalam ayam mempengaruhi kepadatan tulang dan penyerapan kalsium. Tinggi badan juga bisa menambah massa tubuh tanpa menambah lemak.

4. Meningkatkan hormon testosteron

Ayam juga memiliki manfaat dalam meningkatkan hormon testosteron. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Ayub Medical College (JAMC) dilakukan untuk mengamati peningkatan testosteron ketika diberikan pada ayam.

Hasilnya adalah peningkatan hormon testosteron ketika responden makan ayam. Namun demikian, penelitian ini dilakukan pada tikus. Lebih banyak penelitian manusia perlu dilakukan untuk memahami manfaat ayam pada hormon testosteron.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sop ayam sering dijadikan salah satu makanan pokok untuk membantu meredakan batuk, pilek, dan gangguan pernapasan lainnya. Menurut UCLA Center for East-West Medicine, sup ayam memiliki efek anti-inflamasi (anti-inflamasi) yang dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan ringan.

Biasanya, saat flu menyerang, tubuh mendeteksi adanya peradangan pada saluran pernapasan bagian atas. Respon inflamasi ini memberi sinyal sel darah putih untuk memasuki saluran udara. Bergerak menyebabkan gejala flu seperti hidung tersumbat.

Sup ayam memiliki manfaat dan khasiat untuk memperlambat laju transfer sel darah putih ke saluran pernapasan bagian atas. Ayam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, hati-hati cara memasaknya agar manfaat ayam tidak hilang

Cara Membuat Sate Taichan Goreng

cara membuat sate taichan goreng

Baca juga : Cara Membuat Sate Taichan yang Enak dan Mudah

Bahan Yang Dibutuhkan Membuat Sate Taichan Goreng

  • Tambahkan 1 potong Dada ayam di filet.
  • Siapkan secukupnya merica.
  • Ambil 10 siung bawang putih, 7 siung utk bumbu daging ayam, 3 siung utk dicincang ala taichan nyot2.
  • Ketumbar bubuk.Ambil secukupnya
  • Anda butuh secukupnya garam.
  • Tambahkan secukupnya gula.
  • Anda butuh royco.
  • Siapkan lidi sate.

Cara Membuat Sate Taichan Goreng

  1. Cuci kemudian filet bagian dada ayam, kemudian digeprek lalu potong kotak-kotak berbentuk dadu.
  2. Ulek dan haluskan 7 buah bawang putih, sejumput ketumbar bubuk, dan sejumput garam, sedikit royco.
  3. Masukkan bumbu yang sudah diulek ke dalam ayam yg sudah dipotong, marinasi satu jam hingga bumbu meresap.
  4. Setelah meresap, goreng ayam di wajan yg berisi minyak. goreng setengah matang..
  5. Tiriskan dan tusuk daging ayam yg sudah matang ke lidi sate..
  6. Untuk irisan bawang putih gorengnya yg ditabur diatas tusukan taichan. geprek 3 buah bawang putih kemudian cincang halus. kemudian goreng di api kecil. tiriskan setengah matang dan jangan sampe gosong..
  7. Untuk sambalnya. bisa diblender bisa diulek. cabe rawit 3 buah + 1 bawang merah digoreng sebentar kemudian diulek hingga halus. tambahkan garam dan royco. untuk micin asin asinnya ala resto taichan, bisa menggunakan meggie..
  8. Selesai! Selamat menikmati! rasanya mirip kayak taichan nyot2 hihi dan masaknya lumayan cepet cuma marinasinya aja yg butuh waktu sejam. semoga bermanfaat yaa.

Nah itulah cara membuat sate taichan goreng yang enak dan bisa dibuat sendiri dirumah dan tidak perlu repot-repot beli diluar dan terjamin kesehatannya.

Dan jangan lupa kalau anda juga ingin membuat iga bakar madu bango anda juga  bisa membacanya di artikel saya tentang Resep Iga Bakar Madu Bango Yang Enak dan Mudah.Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Related Posts