resep bumbu bakso bakar pedas manis

Resep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis Yang Enak dan Mudah

Hai apa kabar? Semoga anda sehat selalu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang resep bumbu bakso bakar pedas manis  yang enak dan mudah. Tahu bakso bakar? Yuk simak pembahasannya berikut ini

Bakso Bakar

Bakso bakar merupakan jajanan yang harganya relatif murah, rasanya enak, dan tampilannya menarik, makanan ini banyak disukai oleh anak sekolah,bakso bakar adalah bakso yang dilumuri bumbu khusus dan dibakar langsung serta disajikan dengan sambal, sate atau sambal kacang yang ditaburi potongan ketupat atau tahu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya cemaran bakteri patogen pada bakso bakar yang dijual di beberapa kecamatan di kota Medan. Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan melakukan uji konfirmasi bakteri E.coli yaitu uji indol, uji methyl red, uji Voges-Proskauer, uji sitrat pada bakso bakar yang dilakukan di beberapa kecamatan kota Medan dijual.

Hasil sampel bakso bakar diperiksa pada sampel A01, sampel A02, sampel A05, sampel A07, sampel A08, sampel A10, sampel A14, sampel A15, sampel A16, sampel A20 dan sampel A21 yang terkontaminasi bakteri E.coli. Sebanyak 11 sampel terkontaminasi bakteri E.coli.

ManfaatResep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis

Bakso merupakan makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, bakso dianggap sebagai hidangan nasional bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena rasanya yang lezat. Selain itu, mudah diolah dan siapa saja yang mengkonsumsinya dapat merasakan berbagai manfaat kesehatan dari bakso.

Bakso, daging olahan, aslinya berasal dari China. Istilah bakso sendiri berasal dari kata “Bak-So” yang dalam bahasa Hokkien berarti “daging cincang”. Mayoritas pedagang bakso adalah orang Jawa, namun bukan berarti tidak ada orang dari suku lain yang menjualnya. Bakso masih tersedia di luar Jawa.

Oh ya, bakso itu dari China. Namun bakso dari Negeri Tirai Bambu ini sangat berbeda dengan bakso yang ada di Indonesia.Di Cina, bakso terbuat dari daging babi, sedangkan di Indonesia kebanyakan bakso terbuat dari daging sapi, ikan, atau ayam. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Bakso adalah makanan sehat. Satu porsi bakso mengandung 218 kalori, 8,18 gram karbohidrat, 13,4 gram protein, dan 14,22 gram lemak.Satu porsi bakso bisa membuat kita kenyang karena karbohidrat dan lemak yang dikandungnya. Itulah beberapa kandungan dalam bakso yang membuat makanan ini tampak bergizi untuk dikonsumsi.

Apalagi jika bakso tersebut ditambahkan dengan makanan lain. Bihun misalnya, tentunya nilai gizi di dalamnya akan terus meningkat.Tapi ingat, tetap makan bakso dengan benar. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Manfaat bakso untuk kesehatan tubuh manusiaLantas apa saja manfaat bakso bagi kesehatan kita? Menurut berbagai sumber yang saya terima, ini ternyata beberapa manfaatnya!

Baca juga : Resep Bumbu Bakso Bakar yang Enak dan Simple

Meningkatkan energi

Manfaat stik bakso pertama yang bisa langsung Anda rasakan adalah dapat menambah energi. Atau setidaknya Anda merasa kenyang.

Keunggulan ini tidak lepas dari kandungan karbohidrat dan lemak pada bakso. Makan bakso juga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pertumbuhan tubuh

Bakso banyak mengandung protein hewani dan terdapat pada daging. Kandungan protein hewani dapat meningkatkan stamina, memperbaiki sel-sel yang rusak, dan membantu pertumbuhan. Jadi yuk konsumsi bakso biar badan makin besar

Meningkatkan kecerdasan otak

Manfaat bakso bagi kesehatan tubuh selanjutnya dapat meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini juga karena kandungan protein dalam bakso.

Menurut Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, MS PhD, “Protein hewani meningkatkan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas”

Meningkatkan kinerja otot

Bakso terbuat dari daging sapi dan dagingnya mengandung senyawa carnosine yang sangat penting untuk fungsi otot. Senyawa carnosine ini dapat meningkatkan kinerja otot dan mengurangi kelelahan. Tapi tetap harus

Resep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis

Bahan Resep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis :

  • 15 buah bakso sapi
  • 5 sdm kecap manis
  • 3 lbr daun salam
  • Daun jeruk 3 lbr
  • 3 cm lengkuas geprek
  • 1 btg sereh
  • Tusuk sate

Bumbu Halus Resep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis :

  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 10 buah cabe rawit
  • 2 buah cabai merah
  • ½ sdt ketumbar bubuk
  • ½ sdt merica
  • 2 biji kemiri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara Membuat Resep Bumbu Bakso Bakar Pedas Manis :

  1. Rebus bakso dengan air hingga lebih matang.
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Tambahkan daun jeruk, salam, lengkuas, dan sereh. Tumis hingga harum.
  3. Kemudian tambahkan 150 ml air. Tambahkan kecap dan masukkan baksonya.
  4. Tumis hingga bumbu meresap.
  5. Angkat dan biarkan dingin.
  6. Tusuk bakso dengan tusukan sate, isi per tusuk 4 atau 5 biji bakso.
  7. Panaskan teflon, lumuri bakso dengan bumbu yang masih ada. Kemudian bakar hingga mantang.
  8. Jika sudah matang bakso bakar pedas Malang siap disajikan.

Nah itulah resep bumbu bakso bakar pedas manis yang enak dan bisa dibuat sendiri dirumah dan tidak perlu repot-repot beli diluar dan terjamin kesehatannya

Dan jangan lupa kalau anda juga ingin membuat taichan goreng anda juga  bisa membacanya di artikel saya tentang Cara Membuat Sate Taichan Goreng Yang Enak dan Mudah.Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Related Posts