cara buat juskurma

Hampir seluruh masyarakat di Indonesia mengenal kurma, buah yang dianggap berkhasiat untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan vitamin yang melimpah. Bahkan tak sedikit orang yang meracik buah ini dengan banyak variannya dengan susu. Cara buat jus kurma yang sehat juga sangat mudah.

Cara membuat jus kurma yang sehat

cara buat jus kurma

1. Resep Jus Kurma yang Sehat

Bahan:

  • 8 Buah kurma
  • 2 sdm gula atau bisa diganti dengan madu
  • 1 1/2 gelas susu UHT Fullcream
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci kurma dan buang bijinya, cincang.
  2. Masukkan 1/2 gelas susu, masukkan kurma, gula atau madu pada blender. Blender campuran ini dengan baik selama beberapa menit.
  3. Sekarang tambahkan sisa susu, es batu dan campur semua bahan selama 3-4 menit.
  4. Jika diinginkan, saring susu kurma dan tuangkan ke dalam gelas. Sajikan dingin. Agar lebih nikmat, Mama bisa menambahkan remahan biskuit regal di atasnya.

2. Resep jus kurma madu

Bahan :

  • 5 buah kurma buang bijinya potong kecil-kecil
  • 3 sdm madu
  • 100 ml air es
  •  Es batu
  • susu full cream secukupnya

Cara membuat jus kurma susu madu :

  1. Cuci buah kurma yang sudah disiapkan
  2. Masukan susu full crem dan juga buah kurma yang sudah disiapkan
  3. Tambahkan 100 ml air es dan juga es batu
  4. Setelah itu, masukan 3 sdm madu
  5. Blender sampai halus lalu tuangkan kedalam gelas
  6. Jus susu kurma madu siap untuk di saikan.

 

Manfaat Kurma untuk Kesehatan

cara buat juskurma

Selain enak, kurma juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Ini dia manfaatnya:

1. Menurunkan kolesterol

Tahukah kalian bahwa kurma bebas dari kolesterol, dan mengandung sedikit lemak? Memasukkannya dalam jumlah yang lebih kecil dalam diet harian dapat membantu kalian menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan membantu penurunan berat badan. Jangan lupa, untuk selalu mengonsumsi kurma saat buka puasa ya.

2. Kaya protein

Kurma memiliki kandungan protein yang tinggi. Kurma adalah sumber protein yang kuat yang membantu kita tetap bugar, dan bahkan menjaga otot kita tetap kuat. Cara membuat jus kurma juga sangat mudah untuk dibuat.

3. Kaya vitamin

Kurma mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5, serta A1 dan C. Jika Mama mengonsumsi kurma setiap hari, kalian tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin.

Tidak hanya itu, kurma mampu meningkatkan energi juga karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa juga. Jadi itu berfungsi dengan sangat baik sebagai camilan saat sahur.

Itulah informasi seputar cara membuat jus susu kurma dan manfaat kurma bagi kesehatan. Yuk Ma, konsumsi kurma dengan baik untuk memberikan manfaat bagi tubuh.

 

Fakta Menarik Buah Kurma

Banyak yang Belum Tahu, Ini 10 Fakta Unik tentang Kurma antara lain adalah:
  1. Masa panen yang cukup lama.
  2. Sudah ada sejak ribuan zaman nabi.
  3. Menjadikan simbol negara.
  4. Simbol kemakmuran.
  5. Menjadi salah satu makanan para astronot.
  6. Jarang dimakan semut.
  7. Bisa awet dan tahan lama.
  8. Ada ratusan jenis kurma.

Anjuran minum jus  kurma

Rasulullah menempatkan kurma pada posisi yang spesial untuk dimakan. Nabi bersabda, ”Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu membawa berkah. Jika tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih.” (HR Abu Dawud).

Menurut berbagai penelitian, buah kurma mengandung dua pertiga unsur gula alami yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Mengenai manfaat kurma bagi kesehatan tubuh, Rasulullah bersabda, ”Barang siapa yang sarapan pagi dengan tujuh buah kurma Ajwa, pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir.” (HR Abu Dawud).

Tujuh butir kurma sebanding dengan 70 gram unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (vitamin dan mineral). Jumlah tersebut akan membantu tubuh membersihkan diri dari racun yang tersimpan dalam sisa-sisa makanan.

Baca juga : Cara membuat kopi beer

Related Posts