Cara Menggolah Kwetiau Basah

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kai ini saya  akan membagikan sebuah resep yang viral pada zamannnya yaitu resep cara menggolah kwetiau basah , makanan ini enak dan juga praktis cara membuatnya.

Sejarah  Cara Menggolah Mie Kwetiau Basah

Melalui keragaman ini, kita juga mengenal berbagai jenis kuliner dari setiap budaya yang berbeda, beberapa di antaranya mungkin dikenal di seluruh tanah air, salah satu ikon kuliner yang dimaksud adalah kwetiau.

Mendengar namanya, pasti Anda sudah bisa menebak, asal mula makanan tersebut. Makanan yang satu ini bukan berasal dari suatu daerah di Indonesia, melainkan merupakan salah satu masakan khas masyarakat Tionghoa.

Penyebaran komunitas Tionghoa di hampir seluruh wilayah di Indonesia, terutama di kota-kota yang banyak penduduknya adalah keturunan Tionghoa.Jenis makanan mie berbahan dasar nasi ini kini bisa ditemukan dimana saja.

Banyak warung, baik pedagang kaki lima maupun restoran kelas atas yang menyajikan menu ini. Cara penyajiannya juga bermacam-macam, ada yang digoreng kwetiau, ada pula yang di kuah atau direbus dan disajikan dengan berbagai campuran sesuai selera masing-masing daerah.

Cara Menggolah Kwetiau Basah

cara menggolah kwetiau basah

Bahan:

  • 100 gram tepung tapioka (misal merk : tepung sagu tani)
  • 70 gram tepung beras
  • 10 gram tepung terigu
  • 280 ml air sejumput garam
  • 2 sdm minyak goreng (bisa pakai minyak zaitun)

Cara Menggolah Mie Kwetiau Basah

  1. Panaskan kukusan Tuang semua bahan kering dan air ke dalam mangkuk.
  2. Aduk hingga semua tepung larut. Siapkan loyang/piring tahan panas, olesi minyak secara merata.
  3. Tuang adonan ke dalam loyang hingga seluruh permukaan loyang tertutup lapisan tipis adonan (1 – 2 sendok makan, atau sesuai ukuran loyang)
  4. Kukus hingga matang/adonan menjadi agak bening, kurang lebih 3-4 menit.
  5. Angkat panci dan keluarkan kwetiau secara perlahan menggunakan spatula.
  6. Ulangi lagi mulai dari langkah 3, hingga adonan kwetiau habis[cara membuat mie dengan mesin mie]
  7. Olesi permukaan kwetiau dengan minyak, agar saat dilipat atau digulung tidak lengket.
  8. Iris lembaran kwetiau dengan lebar kurang lebih 0,5 cm dengan pisau tajam yang telah diolesi minyak.

Manfaat Kwetiau Untuk Tubuh

  1. Meningkatkan Metabolisme
    Energi tubuh yang terpenuhi dapat membantu tubuh menjadi kuat dan bertenaga Karbohidrat dalam tepung beras sebagai sumber energi dalam tubuh, dapat membantu membakar kalori dalam lemak dalam tubuh. Kalori akan terbakar ketika tubuh olahraga maupun beraktifitas lainnya .
  2. Mencegah Panas Dalam
    dan bisa membantu menggobati sakit kepala dan sakit teggorokan . Namun bisa juga diatasi dengan mengkonsumsi tepung beras. Kandungan vitamin C dalam tepung beras dapat membantu meredakan dan mencegah panas menyerang tubuh.
  3. Mengkonsumsi tepung beras sesuai dengan takaran dapat membantu menurunkan berat badan. Jika jumlah kalori yang mengonsumsi tepung beras tidak terlalu banyak, maka kalori tersebut juga bisa dibakar oleh aktivitas metabolisme yang dialami tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga berat badan.

Kandungan Gizi

Kandungan gizi kwetiau untuk takaran saji 100 gram (g), dimana setiap 100 gram terdapat 175 kkal kalori. Secara rinci total kalori tersebut terdiri dari karbohidrat sebanyak 55%, lemak sebanyak 33% dan protein sebanyak 12%.

Dan juga memiliki kandungan gizi yang terdapat pada mie kwetiau basah adalah vitamin c. Terimakasih telah mengunjungi artikel saya semoga bisa menambah wawasan teman – teman tentang cara menggolah mie kwetiau basah

Dan juga bisa membantu rasa penasaran anda tentang bagaimana dengan resep virall ini. Demikianlah beberapa cara yang mudah dan bisa dicoba dirumah.

Semoga artikel yang kami tulis diatas bisa bermanfaat bagi Anda.Sekian dari saya semoga artikel saya semoga bisa membantu dan menambah wawasan anda. Bila ada salah kata saya mohon maaf selamat mencoba guys!

Related Posts