Cara Bikin Keripik Sale Pisang

Cara Bikin Keripik Sale Pisang Yang Enak dan Gurih

Udah tahu belum resep yang enak juga gurih yang satu ini?, yaps Keripik sale pisang makanan khas tanah air yang keberadaannya selalu terlihat di berbagai penjuru tanah air, pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Bikin Keripik Sale Pisang yang Renyah dan Nikmat Dan yang pasti mudah.

Sebelum kita membahas resepnya, yuk kita cari tahu dulu apa itu keripik sale pisang.

Keripik Sale Pisang

Sale pisang merupakan produk pisang yang dibuat menggunakan proses pengeringan dan pengasapan. Sale yang dikenal memiliki rasa dan aroma yang khas.

Keripik sale pisang merupakan makanan hasil yang terbuat dari olahan buah pisang yang dipotong tipis-tipis kemudian dijemur. Penjemuran memiliki tujuan untuk mengurangi kadar air buah pisang agar pisang sale bisa lebih tahan lama.

Keripik Pisang sale ini juga bisa langsung dimakan atau digoreng menggunakan tepung terlebih dahulu tergantung selera Anda.Saat ini sale pisang juga sudah ada dalam berbagai varian rasa. Pada saat ini, produksi pisang sale sudah menembus sampai ke pasar internasional.

Resep Cara Bikin Keripik Sale Pisang

cara bikin keripik sale pisang

Bahan-Bahan:

  • 3 Sisir pisang

Bahan Pencelup:

  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 cangkir tepung beras
  • Udara secukupnya

Cara Bikin Keripik Sale Pisang

  1. Siapkan bahan-bahan, kemudian kupas pisang.
  2. Iris pisang memanjang, lalu tata di nampan.
  3. Jemur sampai kering.
  4. Selanjutnya sterilkan pisang dengan cara di oven sampai pisangnya kering.
  5. Setelah itu, siapkan bahan pencelup untuk pisangnya.
  6. Pertama tama masukkan tepung beras, tepung terigu, garam dan gula ke dalam wadah. Lalu tambahkan air, lalu aduk sampai rata (Buat adonan yang tidak kental dan tidak cair atau seimbang).
  7. lanjut nyalakan kompornya dan panaskan minyak yang agak banyak.
  8. Celupkan dulu pisangnya ke adonan pelapis, lalu goreng hingga benar benar matang atau sampai agak kecoklatan matang.
  9. Teralhir angkat dan tiriskan.
  10. Jadilah sale pisang kriuk yang kita buat,siap dihidangkan.

Manfaat Mengonsumsi Keripik Sale Pisang

1. Membantu mengontrol tekanan darah pada orang yang menderita hipertensi

Sedangkan serat bahan pangan yang ada pada pisang mampu mengikat lemak untuk mencegah pembentukan plak.Plak dapat menyebabkan penyempittan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, memakan pisang dapat membantu Anda terhindar dari risiko terkena penyakit stroke dan penyakit jantung.

2. Sumber energi dan mampu meningkatkan stamina

Anda tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup memakan buah pisang sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat jika dibandingkan dengan buah apel, pisang mengandung karbohidrat 2 kali lipat lebih banyak.

Selain itu pisang juga kaya akan magnesium dan kalium yang sangat penting bagi tubuh agar tetap bugar ketika beraktivitas dan berolahraga.

3. Membantu melancarkan proses pencernaan dan metabolisme

Pisang yang sudah matang dapat membantu untuk memperlancar pembuangan sisa-sisa makanan dari proses metabolisme. Sementara pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang berada di usus besar.

4. Bisa mendukung program diet

Untuk Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, pisang cocok sekali dijadikan camilan yang sehat. Apalagi, buah ini mempunyai kandungan lemak yang rendah.

Makanan tinggi serat bisa memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memakan makanan dengan jumlah yang lebih sedikit.

5. Dapat menurunkan risiko kanker usus besar

Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan tinggi terhadap sayur-sayuran dan buah-buahan, termasuk pisang, dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini diduga karena berkaitan dengan serat dan antioksidan yang terkandung pada buah pisang.

Nah itu informasi tentang cara bikin keripik sale pisang. Kalian juga bisa membaca resep cara membuat keripik sale pisang Terima kasih sudah membaca artikel kami.

 

Related Posts