Meningkatkan Pencarian Website di Google dengan Mudah

Meningkatkan pencarian website di Google Anda merupakan salah satu penentu utama keberhasilan strategi internet marketing bisnis Anda. Karena sebagian besar masyarakat saat ini memanfaatkan internet sebagai ladang informasi untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi.

Dalam hal ini, strategi SEO biasanya menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan, seperti penggunaan kata kunci, gambar, internal link, dan lain sebagainya. Sebenarnya masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi tingkat peringkat. Lantas, bagaimana cara meningkatkan SEO website agar bisa mencapai halaman pertama Google? Yuk, simak tips dan langkahnya berikut ini!

 

 

Cara Meningkatkan Pencarian Website di Google

meningkatkan pencarian website di google

1. Melakukan Research Keyword

Cara meningkatkan rangking website anda di Google adalah dengan melakukan riset kata kunci yang sebaiknya anda lakukan sebelum membuat konten. Cari tahu kata kunci apa yang banyak dicari dan digunakan sehari-hari oleh niche market. Anda bisa menggunakan tools gratis seperti Google Keyword Planner agar lebih efektif.

2. Membuat dan Optimalkan Konten dengan SEO

Selanjutnya, cara meningkatkan peringkat website di Google adalah dengan membuat konten dan mengoptimalkannya melalui teknik SEO on-page dan SEO off-page. Dengan menerapkan teknik SEO, konten Anda akan mudah ditemukan oleh calon pelanggan atau pengguna website. Atau untuk membuat konten agar lebih maksimal Anda bisa menggunakan Jasa SEO Website.

3. Peningkatan Waktu Pemuatan

Cara meningkatkan peringkat website Anda di Google yang ketiga adalah dengan meningkatkan waktu loading website Anda. Sekadar informasi, kecepatan akses atau kecepatan loading website pada suatu website akan sangat mempengaruhi peringkat website di mesin pencari Google. Mengapa demikian?

Pasalnya, website dengan kecepatan akses yang lambat akan membuat calon pelanggan atau pengguna website menjadi malas menunggu karena membutuhkan informasi segera. Akibatnya, mereka akan segera meninggalkan website tersebut yang justru dapat meningkatkan rasio pentalan sehingga berdampak pada buruknya peringkat website Anda.

4. Optimalkan Pencarian Mobile

Berikutnya, cara meningkatkan peringkat website Anda di Google adalah dengan mengoptimalkan pencarian seluler. Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan ponsel untuk mencari informasi menarik atau apapun yang mereka butuhkan. Itu sebabnya, Anda perlu memberikan perhatian besar pada optimasi pencarian seluler agar website Anda mobile-friendly.

Dengan banyaknya pengguna mobile yang mengakses website Anda melalui perangkatnya, hal ini tentu akan membuat mereka nyaman jika website Anda mobile-friendly. Hasilnya, peringkat website akan meningkat!

5. Bangun Tautan Internal yang Relevan

Selanjutnya, cara meningkatkan peringkat website Anda di Google adalah dengan membangun internal link yang relevan. Ada dua jenis link yang bisa Anda bangun di website Anda, yaitu internal link dan external link. Tautan internal adalah tautan yang mengarah ke halaman dari dalam situs web, sedangkan tautan eksternal adalah tautan yang mengarah ke halaman dari situs web lain.

Masukkan kedua link tersebut dengan penempatan yang relevan minimal 3 atau sebanyak-banyaknya. Namun, Anda juga harus meninjau konten atau postingan sebelumnya dan menghapus tautan beracun yang ada. Tautan beracun yang dimaksud adalah tautan buruk untuk situs web yang tidak wajar atau tautan dengan halaman yang tidak relevan atau berkualitas buruk.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan alat gratis untuk membantu mengidentifikasi tautan beracun. Anda dapat mencoba menggunakan Monitor Backlinks dan Linkquidator. Jika pada akhirnya Anda menemukan link yang mengandung spam atau link beracun yang mengarah ke website Anda, jangan buru-buru menghapus sendiri postingan tersebut.

Jadi intinya bukan postingan atau kontennya yang dihapus, melainkan link-link yang terdapat di dalam konten tersebut yang perlu dihapus.

6. Lakukan Audit SEO

Selanjutnya cara meningkatkan rangking website Anda di Google adalah dengan melakukan audit SEO. Pasalnya, kurangnya informasi mengenai struktur informasi dan website dapat menggagalkan strategi SEO yang telah Anda terapkan.

Perlu diketahui, algoritma Google tidak menyukai website yang navigasinya rumit. Oleh karena itu, buatlah navigasi semudah mungkin bagi calon pelanggan atau pengguna website Anda.

7. Perbaiki Tautan yang Rusak

Cara meningkatkan rangking website di Google yang kedelapan adalah dengan memperbaiki link yang rusak. Memiliki link berkualitas pada sebuah website bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website di Google sekaligus membangun otoritas website.

Oleh karena itu, pastikan tidak ada link rusak yang dapat menimbulkan pengalaman pengguna yang negatif. Hal ini penting karena akan mempengaruhi peringkat website di Google.

Begitulah cara meningkatkan peringkat website Anda agar muncul di pencarian pertama Google. Penerapan teknik SEO membutuhkan waktu yang cukup lama, Anda perlu melakukannya secara terus menerus untuk mendapatkan hasil terbaik. Semoga bermanfaat!

Related Posts