mencari keyword dengan persaingan rendah

Mencari Keyword dengan Persaingan Rendah? Yuk Simak!

Mencari keyword dengan persaingan rendah yang memiliki tingkat persaingan rendah memang tidak mudah. Ratusan bahkan ribuan blog telah menggunakan keyword yang sama dengan keyword yang kamu gunakan pada konten website atau artikel yang pernah kamu buat. Sebelum kita membahas bagaimana melakukan riset keyword.

Hal pertama yang akan kita bahas adalah pengertian riset keyword. Riset keyword adalah cara untuk menemukan keyword yang digunakan banyak orang di mesin pencari. Dengan melakukan riset keyword, kamu bisa mengetahui keyword mana yang memiliki tingkat persaingan yang sesuai dengan tujuan kamu.

 

 

Cara Mencari Keyword dengan Persaingan Rendah

mencari keyword dengan persaingan rendah

Perlu kamu ketahui bahwa menemukan keyword yang sering dicari tidaklah sulit. Namun, bagi orang yang baru mengenal dunia SEO, mungkin akan kesulitan menemukan keyword tersebut. Oleh karena itu, kami akan membantu kamu untuk mempermudah dalam mencari keyword SEO, terutama dengan meneliti keyword persaingan rendah.

1. Cari Keyword Dasar

Biasanya untuk mendapatkan Keyword yang persaingannya tinggi dan persaingannya rendah, diperlukan riset Keyword dasar terlebih dahulu. Jadi kamu bisa memilih Keyword dasar tersebut untuk mendapatkan Keyword persaingan rendah.

Carilah keyword dasar terlebih dahulu yang berkaitan dengan blog yang kamu buat. Mendapatkan keyword turunan dengan menggunakan keyword dasar tersebut merupakan tujuan utama untuk mendapatkan keyword dengan tingkat persaingan yang rendah.

Keyword dasar dalam salah satu grup yang berasal dari keyword pendek “short tail keyword” hanya berisi 1 hingga 2 kata. Namun kamu dapat melakukan perubahan dari keyword long-tail dengan menerapkan keyword anak.

2. Menentukan Tujuan

Jadi, langkah yang bisa kamu lakukan dalam melakukan riset keyword adalah dengan menentukan tujuan dari riset keyword tersebut. Kemudian kamu melakukan riset keyword, kamu perlu memilih tujuan apa untuk masa depan.

Jika kamu seorang pebisnis, maka tujuan kamu adalah membidik calon pelanggan. Jika kamu hanya seorang blogger, maka kamu perlu membawa keyword target tersebut untuk mendapatkan pengunjung yang dibutuhkan atau yang lainnya.

Jadi sebaiknya pilihlah objek yang benar-benar berasal dari riset keyword. Agar suatu saat kamu tidak mengalami kegagalan dalam mengelola bisnis atau blog pribadi kamu yang siap go online.

3. Melihat Persaingan Keyword

Hal terpenting ketika kamu melakukan riset keyword adalah melihat tingkat persaingan. Ini sudah menjadi rahasia umum bagi para blogger, dimana segala analisanya bisa ditampilkan oleh Google sebagai mesin pencari. Biasanya untuk memahami keyword kompetitif tidak harus menggunakan tools, kamu bisa melakukannya secara manual.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan hasil pencarian Google yang melebihi satu juta hits.
  • Langkah kedua adalah Bersama melihat jumlah hasil pencarian mencapai lebih dari satu juta.
  • Yang ketiga adalah dengan menggunakan keyword yang sudah dikuasai oleh situs atau blog besar pada umumnya.
  • Langkah keempat adalah melihat pagerank mana yang memiliki nilai lebih dari 5 pada website berbeda.
  • Hal terakhir adalah melihat otoritas domain yang lebih dari 50 untuk situs web yang menggunakan Keyword tersebut.

4. Analisis Keyword

Menganalisis Keyword terhadap mesin pencari seperti Google adalah langkah setelah kamu mengumpulkan Keyword ekor panjang. Jika kamu tidak ingin repot menganalisa Keyword, maka kamu bisa menggunakan tools yang disediakan oleh Google. kamu dapat menggunakan alat yang disebut Perencana Keyword Google.

Cara melakukan riset keyword di Google Keyword Planner yang pertama adalah dengan mengunjungi websitenya terlebih dahulu. Kamu harus memilih “Volume dan Tren” lalu setelah itu kamu dapat mengunggah daftar keyword yang disimpan.

Kemudian kamu harus mengklik “Dapatkan Volume Pencarian”. Kemudian setelah itu download filenya dalam format CVS agar nantinya bisa diakses di MS Excel. Jika file sudah terdownload, maka kamu bisa memilih keyword yang sesuai dengan niche blog kamu.

 

 

Manfaat Melakukan Riset Keyword

Manfaat Melakukan Riset Keyword

Keyword sangat penting dalam menulis, terutama bagi penulis website atau blog. Pengertian keyword adalah rangkaian kata dalam mencari suatu website yang sesuai dengan yang kita butuhkan.

Tujuan dari riset keyword adalah untuk menemukan keyword yang banyak dicari orang di Google, tentunya sesuai dengan pemilik website. Pastinya melakukan riset keyword akan sangat bermanfaat bagi pemilik website, yaitu:

1. Mengetahui Keyword yang Sedang Trending

Dengan melakukan riset maka kita akan mengetahui apa yang sedang tren sehingga secara otomatis kita akan mengetahui pola yang akan menjadi tren selanjutnya. Langkah ini tentu akan membuat seluruh pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan terencana.

2. Menemukan Keyword Populer

Dengan melakukan riset, SEO atau penulis dapat menemukan keyword yang populer. Hal ini agar bisa menjadikan website atau blognya berada di urutan teratas halaman pencarian Google.

3. Mengetahui Kebutuhan Pembaca

Manfaat yang terakhir adalah sebagai penulis website atau blog, kita bisa menjadi penulis yang bisa menjawab segala kebutuhan pembaca karena kita menulis apa yang dicari pembaca.

Kamu dapat melakukan riset keyword pencarian tinggi dengan persaingan rendah menggunakan beberapa tools yang banyak tersedia di internet. Baiklah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada konten kali ini tentang cara riset keyword persaingan rendah.

Gunakan Jasa SEO Website untuk mendapatkan konten website yang baik, ini dapat membantu untuk meningkatkan kredibilitas website. Jangan lupa untuk membagikan artikel bermanfaat ini dan sampai jumpa di lain waktu.

Related Posts