Tahapan Menggunakan Plugin WordPress All in One SEO Pack

Tahapan menggunakan plugin WordPress? Gimana Caranya? Ingin website WordPress Anda muncul di hasil pencarian Google agar pengunjungnya banyak? Memanfaatkan plugin WordPress SEO seperti All in One SEO Pack bisa menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan SEO WordPress. Plugin All In One SEO memiliki banyak fitur yang dapat membantu SEO anda agarlebih praktis.

Lalu bagaimana tahapan menggunakan plugin wordpress dengan mudah? Yuk simak artikel ini!

 

 

Tahapan Menggunakan Plugin WordPress dengan Mudah

tahapan menggunakan plugin wordpress

1. Hubungkan website dengan Google Search Console

Google Search Console adalah alat untuk memantau kinerja situs web di pencarian Google. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimasi website Anda agar bisa mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian.

Jadi, untuk menghubungkan website Anda ke Google Search Console dengan bantuan plugin ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Akses halaman Google Search Console untuk menambahkan properti ke Google Search Console. Selanjutnya, di bawah awalan URL, ketikkan URL situs web Anda dan klik Lanjutkan.
  • Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan website. Pilih tag HTML sebagai metode dan salin kode yang muncul. Ingat, jangan tutup dulu halaman ini ya. dapatkan tag HTML untuk verifikasi Google Search Console
  • Selanjutnya, klik tab Alat Webmaster dan pilih Google Search Console. Cara menggunakan All In One SEO Pack untuk menghubungkan website dan Google Search Console
    Masukkan kode yang sudah Anda salin tadi pada kolom yang tersedia, lalu klik Simpan Perubahan.
  • Kembali ke halaman verifikasi Google Search Console dan klik Verifikasi. Tombol verifikasi Google Search Console

2. Atur Peta Situs

Meskipun pengaturan peta situs aktif ketika Anda mengikuti wizard pengaturan AIOSEO, Anda tetap perlu mendaftarkannya ke Google Search Console. Ikuti cara menggunakan All In One SEO Pack :

  • Di sidebar WordPress, klik All In One SEO > Peta Situs. Klik Buka Peta Situs di halaman berikutnya.
  • Copy URL halaman sitemap yang muncul.
  • Akses Google Search Console dan klik menu Peta Situs di sidebar. Selanjutnya ikuti panduan submit sitemap di Google Search Console.

3. Tentukan Judul Halaman dan Deskripsi Meta untuk Setiap Halaman

Tidak hanya untuk halaman utama (homepage), Anda juga perlu mengisi meta title dan meta deskripsi pada setiap halaman dan postingan. All in One SEO telah mengintegrasikan pengaturan ini di editor WordPress. Untuk melakukan ini, buka halaman atau postingan Anda di editor WordPress dan gulir ke bagian bawah konten Anda.

Cara menggunakan All In One SEO Pack untuk menentukan meta title dan page description
Akan muncul tampilan mirip setup wizard untuk menentukan judul dan meta deskripsi halaman atau postingan. Anda hanya perlu mengganti judul dan deskripsi menggunakan tag atau menulis keduanya secara manual.

4. Tambahkan Frase Kunci Fokus dan Frase Kunci Tambahan

Apakah konten Anda dioptimalkan dengan baik dengan kata kunci utama? Yang pasti, gulir ke bawah hingga menemukan kolom Focus Keyphrase.

  • Ketik kata kunci pada kolom tersebut, lalu klik Add Focus Keyphrase.
  • Setelah itu akan muncul indikator penerapan SEO pada konten.
  • Jika indikator berwarna hijau berarti cukup baik. Sedangkan indikator berwarna merah menunjukkan perlu dilakukan optimasi.
  • Penggunaan kata kunci utama cukup efektif untuk optimasi konten. Namun dengan All In One SEO versi pro, Anda bisa menambahkan kata kunci turunan di kolom Tambahan Keyphrase.

Dengan menambahkan kata kunci turunan ke konten Anda, Anda dapat mengoptimalkan konten Anda agar relevan dengan lebih banyak kata kunci sekaligus. Jadi, potensi jumlah trafik yang bisa didapat akan jauh lebih besar.

5. Periksa Analisis Halaman

Pada bagian ini terdapat tiga tab yaitu Basic SEO, Title, dan Readability. Tab Basic SEO berisi daftar tindakan yang harus Anda ambil untuk mengoptimalkan penggunaan kata kunci. Beberapa di antaranya mungkin sudah muncul di bawah Focus Keyphrase, seperti ada tidaknya kata kunci di deskripsi meta dan pembuka postingan.

  • Namun ada juga beberapa poin lain seperti ada tidaknya link internal dan eksternal serta panjang konten.
  • Pada tab Judul, isinya adalah rekomendasi mengenai judul halaman Anda. Misalnya, apakah judul Anda mengandung kata kunci dan berada di depan.
  • Tab Keterbacaan menilai konten konten. Di sini, Anda bisa mengetahui apakah konten tersebut cukup menggunakan kalimat aktif dan disertai media visual.
  • Jika Anda sudah mencoba memenuhi semua rekomendasi di atas, Anda bisa mengecek skornya di pojok kanan atas editor WordPress. Usahakan skor tetap berwarna hijau untuk memastikan konten Anda telah menerapkan SEO dengan baik.

Untuk memudahkan Anda mempelajarinya, kami telah menyediakan checklist berisi berbagai tips SEO yang bisa Anda unduh secara gratis! Siap membuat website Anda menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google? Gunakan Jasa SEO Website untuk mendapatkan konten yang maksimal dan jangan lupa untuk optimasi situs website Anda.

Related Posts