cara mendaur ulang sampah botol plastik

Cara Mendaur Ulang Sampah Botol Plastik Menjadi Barang yang Berguna

Jika ingin mendaur ulang botol plastik kalian harus terlebih dahulu mengetahui cara mendaur ulang sampah botol plastik. Tentu ada banyak cara dalam mendaur ulang, namun tidak semua cara efektif dan memberikan dampak maksimal untuk mengurangi sampah botol ini.

Apakah Bisa Botol Plastik Didaur Ulang?

Botol plastik adalah sampah yang sangat banyak ditemui saat ini. Lalu apakah botol plastik bisa didaur ulang? Ya tentu saja bisa. Botol plastik bisa didaur ulang menjadi berbagai macam barang entah menjadi barang baru atau menjadi kerajinan.

Eh tunggu dulu, tidak semua jenis botol plastik bisa didaur ulang ya. Ada beberapa jenis botol plastik yang sulit bahkan tidak bisa dilakukan ulang sama sekali. Misalnya botol susu anak atau pegangan sikat gigi, jenis plastik yang digunakan ini memiliki tekstur yang keras sehingga akan sulit didaur ulang bahkan tidak bisa.

Dan ada jenis plastik yang jika didaur ulang akan memiliki kandungan berbahaya terhadap penggunanya. Biasanya daur ulang yang berbahaya ini adalah daur ulang yang sudah berkali-kali jadi sudah tidak layak untuk dilakukan daur ulang lagi.

Daur ulang botol plastik ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar tidak memberikan maslah baru. Standar daur ulang juga harus dilakukan agar memebuhi kriteria daur ulang.

Cara Mendaur Ulang Botol Plastik

cara mendaur ulang sampah botol plastik

Botol plastik biasanya akan didaur ulang menjadi barang seperti furniture dan barang plastik lainnya. Proses daur ulang ini hanya bisa dilakukan oleh tempat daur ulang karena membutuhkan alat yang mahal dan harus memenuhi standar daur ulang.

Jika kamu ingin mencoba mendaur ulang botol plastik, kamu bisa mengikuti langkah langkah dibawah ini.

1. Pengumpulan Botol Plastik

Pengumpulan botol plastik bisa dilakukan secara mandiri dengan menyimpan botol plastik bekas yang belum terpakai. Botol plastik ini bisa berupa botol minuman, botol sabun yang sudah habis. Jika kamu ingin lebih cepat, kamu bisa mengumpulkannya dari tempat sampah atau meminta sampah pada tetangga.

2. Pencucian Botol Plastik

Cucilah botol plastik dan bersihkan bagian dalam dan luar botol. Pisahkan bagian botol dan tutupnya. Buang juga plastik yang biasanya ada pada kemasan minuman. Bersihkan dengan air mengalir dan sabun. Kemudian keringkan di bawah matahari.

3. Penyortiran Botol Plastik

Sortir botol berdasarkan jenisnya karena setiap botol mempunyai bahan pembuatan yang berbeda-beda. Sebenarnya proses ini akan dilakukan oleh tempat daur ulang, namun kamu bisa melakukannya agar memudahkan pihak daur ulang.

4. Serahkan Ke Tempat Daur Ulang

Kamu bisa menyerahkan sampah botol plastik serta tutup botol yang telah dipisahkan ke pihak daur ulang. Walaupun sudah disortir pihak daur ulang akan tetap menyortir ulang botol plastik. Biasanya penyortiran ini akan lebih ketat dan tidak semua botol plastik dapat didaur ulang. Botol plastik akan dihancurkan menjadi butiran plastik kecil yang akan diserahkan ke perusahaan manufaktur.

5. Serahkan ke Perusahaan Manufaktur

Langkah selanjutnya adalah pihak daur ulang akan menyerahkan butiran plastik ke perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur akan mengolah butiran plastik menjadi barang baru seperti furnitur, patung atau barang yang memiliki nilai jual.

Kesimpulan

Cara mendaur ulang sampah botol plastik memberikan efek yang luar biasa bagi manusia dan lingkungan terutama dalam mengurangi sampah. Namun melakukan daur ulang tidaklah cukup apalagi kesadaran masyarakat yang sangat kurang terkait masalah sampah.

Selain daur ulang botol ini ada solusi lain yang lebih ramah lingkungan yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan mengurangi penggunaan botol plastik. Kamu bisa beralih menggunakan botol plastik premium yang bisa digunakan berkali-kali. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap berkurangnya sampah botol plastik.

Related Posts