Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama Super Lezat

Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat keripik singkong renyah dan tahan lama yang di gemari oleh banyak orang. Adapun kriteria tersendiri dalam proses pembuatannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus maka harus melewati proses yang sedikit rumit.

Singkong

Singkong

Ketela pohon atau yang biasa dikenal dengan ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Biasanya dijadikan olahan pangan karena kandungan kerbohidratnya yang tinggi, sedangkan daunnya biasa dijadikan sayuran.

Ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 dari Brasil. Menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, waktu masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekitar abad ke-16.

Tapi kurang dikenal atau tidak ada sama sekali di beberapa bagian Pulau Jawa, tetapi ditanam besar-besaran di bagian lain. Sampai sekitar tahun 1875, konsumsinya di Jawa masih rendah. Baru pada permulaan abad ke-20, konsumsinya meningkat pesat. Pembudidayaannya juga meluas. Terlebih rakyat diminta memperluas tanaman mereka.

Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama Super Lezat

Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama

Bahan-bahan:

  • 2 kg singkong
  • 1 sdt baking soda
  • 1 liter air panas
  • minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama super lezat:

  1. Cuci hingga bersih yang telah diiris tipis menggunakan mesin keripik singkong.
  2. Siapkan bahan rendaman. Dengan air panas dan tambahkan garam sekaligus baking soda lalu aduk rata.
  3. Masukkan ke bahan rendaman. Rendam kurang lebih 45 menit-1 jam.
  4. Tiriskan kemudian bilas lagi dengan air bersih tiriskan lagi.
  5. Panaskan minyak secukupnya harus terendam ya. Goreng sampai kekuningan.
  6. Diaduk-aduk supaya matang merata. Setelah matang langsung taburi bumbu sesuai selera. Masukkan ke dalam wadah atau toples tutup dengan rapat agar tahan lama.
Baca juga: Cara Membuat Singkong Goreng Renyah Dan Merekah

Manfaat Singkong

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Adalah makanan yang kaya akan serat dan rendah kalori. Serat yang dikandung dapat membuat kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, sehingga membantu mengurangi berat badan tanpa perlu makan terlalu banyak.

2. Membantu Menyembuhkan Penyakit Migran

Mengandung vitami B2 dan riboflavin, yang bermanfaat menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Konsumsi 60 gram daun singkong yang direndam di dalam air selama 2 jam ini akan menjadi bantuan penyakit migrain yang parah.

3. Meningkatkan Pencernaan

Serat yang tidak larut membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dengan menyimpan semua racun yang berada di dalam usus. Selain itu, mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan. Kandungan serat dalam singkong dapat membantu mencegah timbulnya masalah pencernaan.

4. Mengobati Diare

Sifat antioksidannya dapat membantu mengatasi diare. Rebus saja selama 1 jam untuk membantu menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah perut dan mengurangi masalah diare juga.

5. Membantu Mengatasi Masalah Penglihatan

Karena memiliki kandunga vitamin A yang membantu meningkatkan penglihatan mata Anda.

Cara Mengolah Singkong Yang Aman

1.Dikupas

Pastikan sudah mengupas bagian akar. Bagian ini memiliki konsentrasi sianida paling tinggi.

2.Direndam

Merendamnya dalam air selama 4-5 hari sebelum memasaknya juga bisa mengurangi risiko keracunan substansi berbahaya

3.Dimasak

Mengolah yang paling aman adalah dengan memasaknya. Proses memasak ini harus benar-benar menyeluruh sehingga seluruh bagiannya matang sempurna.

4.Padukan dengan protein

Anda juga bisa memadukannya dengan protein lainnya. Tak hanya menjadi sajian yang lezat, protein juga bisa menghilangkan kandungan sianida yang beracun. Yang aman langsung dikonsumsi adalah jenis tepung karena sudah melewati proses panjang sebelumnya.

Demikian berbagi resep dari saya tentang cara membuat keripik singkong renyah dan tahan lama super lezat. Anda bisa sangat mudah melakukannya atau mempraktekannya di rumah, semoga membantu dan selamat mencoba terimakasih.

Related Posts