Cara membuat sari buah nanas

Sepotong nanas dingin di hari yang terik pasti sangat menyegarkan. Buahnya yang juicy, manis, dan semi masam selalu bisa mendinginkan suasana dan menyembuhkan Anda dari haus. Nanas merupakan buah tropis dan banyak tumbuh di Indonesia. Macamnya pun beragam. Anda bisa memakannya langsung saat telah menguning dan matang.

Namun, Anda pun bisa pula mengolahnya menjadi jenis makanan lain yang tak kalah nikmatnya, seperti sebagai campuran buah pada rujak, es buah, bahkan bisa pula menjadi campuran sambal. Namun yang paling umum, biasanya nanas digunakan sebagai jus. Anda bisa menjadikannya jus nanas murni yang segar dan menyehatkan atau bisa pula sebagai salah satu bahan jus buah yang Anda sukai.

Cara membuat sari buah nanas

cara membuat sari buah nanas

Dalam rangka diversivikasi pangan dan penanganan pasca panen buah nanas maka pembuatan sari buah nanas nanas menjadi sebuah pilihan ketika masa panen buah nanas sedang over produksi dan melimpah diharapkan dengan adanya olahan sari nanas harga buah nanas bisa stabil dan peningkatan kesejahteraan petani nanas dapat tercapai

usaha pembuatan sari buah nanas nanas dimaksudkan untuk menganekaragamkan pangan, meningkatkan nilai ekonomi, memperpanjang masa simpan dan mempertahankan atau memperbaiki mutu gizi buah. hampir semua macam buah dapat diolah menjadi sari buah nanas, terutama buah-buahan yang mempunyai aroma yang tajam.

cara pembuatan sari nanas

alat :

  1. blender
  2. panci stenlis
  3. kompor
  4. saringan
  5. pengaduk

bahan :

  1. buah nanas 10 kg
  2. gula 3 kg
  3. kayu manis
  4. asam sitrat 2 gr
  5. garam dapur secukupnya

cara pembuatan:

  1. pilih buah nanas yang sudah tua, segar dan masak kemudian bersihkan dengan air bersih
  2. irislah buah nanas hingga menjadi beberapa bagian
  3. blender buah nanas sampai menjadi bubur; * kemudian pisahkan airnya
  4. tambah asam, sitrat, , gula pasir, air dan garam dapur. perbandingan sari buah dengan air yaitu sebagai berikut :
    – buah nanas (untuk 1 lt sari buah nanas campur dengan 1 ½ liter air)
  5. campur hingga rata. berikutnya pengerjaan pembuatan sari buah nanas
  6. saringlah campuran tersebut dengan saringan
  7. masukkan hasil penyaringan ke dalam wadah dan tutup rapat. endapan hasil penyaringan bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan dodol, selai, dan lain sebagainya
  8. masukkan wadah yang sudah ditutup rapat dalam air mendidih selama 30 menit
  9. angkat botol tersebut lalu segera dinginkan.

 

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

cara membuat sari buah nanas

Di dalam nanas, Anda akan mendapatkan kandungan vitamin seperti A dan C, kemudian mineral-mineral seperti fosfor, zat besi, magnesium, kalium, dan enzim-enzim lain. Nanas dipenuhi dengan berbagai kandungan nutrisi, yang akan membuat asupan nutrisi Anda dalam sehari terpenuhi. Ini beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan:

  1. Membantu memperlancar pencernaan

Di dalam nanas, terdapat enzim yang disebut dengan enzim bromelain. Enzim ini bisa membantu dalam memecahkan protein yang ada di dalam makanan, membantu membuatnya lebih lunak sehingga bisa lebih mudah diserap usus. Enzim ini juga berguna sebagai anti radang dan anti oksidan.

  1. Mencegah degenerasi penglihatan

Semakin bertambahnya umur, banyak orang yang mengalami kemunduran dalam fungsi penglihatan mereka (disebut juga dengan degenerasi makula), membuatnya tak bisa lagi melihat jauh atau mengenali bentuk dengan tepat. Nanas mengandung zat beta karoten yang bisa membantu mata menjaga fungsinya tetap normal.

  1. Meredakan rasa mual

Ibu-ibu hamil yang sering mengalami rasa mual dan muntah-muntah di pagi hari (morning sickness) bisa dibantu dengan meminum jus nanas. Rasanya yang segar dan asam akan membuat rasa mual jadi reda. Nanas juga bisa dipakai untuk obat mual dalam perjalanan.

  1. Asupan vitamin C

Kandungan vitamin C di dalam nanas sangatlah tinggi, sehingga mengkonsumsi satu nanas saja bisa memenuhi separuh dari kebutuhan vitamin C wajib untuk 1 hari, membuat tubuh jadi lebih kuat dan tahan penyakit.

  1. Menguatkan tulang

Nanas mengandung zat mangan dalam kadar yang sangat tinggi. Memakan nanas bisa memenuhi sekitar 70% lebih dari rekomendasi asupan mineral ini untuk tubuh. Mangan bisa membantu dalam membuat tulang menjadi lebih kuat dan juga mempererat jaringan ikat, dan mencegah terjadinya osteoporosis ketika wanita mengalami menopause.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Kalium di dalam nanas juga sangat tinggi, dan kandungan sodiumnya juga rendah. Ini membuat Anda bisa memakannya tanpa takut tekanan darah menjadi naik, membuatnya kembali normal.

  1. Mencegah kanker

Antioksidan dalam nanas karena adanya kandungan vitamin A dan C akan mencegah radikal bebas masuk ke tubuh dan tumbuh dengan bebas. Jadi dengan demikian, pertumbuhan sel kanker juga bisa dicegah.

  1. Mempercepat kesembuhan

Jika Anda mengalami luka, bengkak, peradangan, ataupun flu, enzim bromelain di dalam nanas bisa membantu sistem imunitas tubuh untuk bekerja lebih maksimal, membuat Anda lebih cepat sembuh.

  1. Menstabilkan kadar gula darah rendah

Kalau Anda mempunyai tingkat gula darah yang rendah, dan sering merasa pusing dan tak bersemangat karenanya, konsumsi buah nanas dengan teratur untuk membuat gula darah menjadi stabil kembali.

 

Baca juga : Cara membuat wajik

Related Posts