Cara Masak Ikan Arsik

Cara Masak Ikan Arsik Ala Rumah Makan

Hai kakak-kakaku tercinta, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara masak ikan arsik yang mudah dan bikin ketagihan sehingga kamu dan keluarga akan senang memakannya. Dengan cita rasa yang khas membuat kamu dan keluarga ketagihan memakannya.

Sudah tidak asing dengan makanan satu ini, makanan yang enak dan cukup mudah dibuat sehingga kamu ingin segera membuatnya kembali. ResepĀ  ini sangat berbed dengan resep-resep yang lainnya karena jauh lebih simpel dan lezat.

 

Sejarah

Menurut buku-buku masakan yang saya baca, makanan ini termasuk makanan tradisional yang berasal dari batak toba. Makanan ini sudah sering dihidangkan diacara-acara khusus seperti pemakaman, pernikahan dan acara hajatan.

Biasanya makanan ini sering ditemukan diberbagai tempat dan sering diperjualbelikan di rumah makan ataupun lesehan. Jangankan rumah makan, dipedagang kaki lima pun sering ditemukan karena sakin enaknya dan bikin nagih.

Namun, kamu tidak bisa asal-asalan memasaknya karena makanan ini memiliki nilai-nilai yang sakral, dan tidak sembarangan orang bisa memasaknya dengan benar. Akan tetapi, dengan seiring perkembangan zaman makanan ini sering sekali dijual dimanapun.

Kalau kamu ingin mencoba membuatnya maka kamu bisa pelajari masa masak yang saya bagikan kepada kamu, biar kamu bisa mencobanya dirumah. Jika ingin tahu lebih lanjut, kamu harus baca juga cara masak arsik ikan mas ini.

 

Cara Masak Ikan Arsik Asem Manis

Cara Masak Ikan Arsik

Bahan-Bahan :

  • Ikan mas segar (3 ekor), setara dengfan 1 kg
  • Daun kemangi (1 genggam)
  • Serai (5 batang), lalu memarkan
  • Daun mangkokan (5 lembar)
  • Air bersih secukupnya
  • Jeruk nipis (3 buah, peras airnya saja)

Bahan Halus :

  • Kemiri (6 butir)
  • Bawang merah (4 butir)
  • Bawang putih (8 siung)
  • kunyit (5 cm)
  • Jahe (2 cm)
  • Asam kandis (2 potong)
  • Lengkuas (3 cm)
  • Garam (1 sendok the)
  • Penyedap rasa (1/2 sendok the)
  • Gula pasir (3 sendok the)

Cara Membuat Ikan Arsik Asem Manis :

  1. Siapkan ikan segar lalu bersihkan dengan cara dicuci dengan air kemudian dilumuri dengan perasan air jeruk nipis secukupnya.
  2. Jika sudah diamkan ikan selama kurang lebih 5-10 menit.
  3. Kemudian lumuri ikan dengan bumbu yang sudah dihaluskan dengan belender atau ulegan hingga merata.
  4. Ambil wajan lalu alasi bagian atas wajan dengan batang serai, daun kemangi, daun mangkokan dan asam potong.
  5. Letakkan ikan yang sudah dibumbui dibagian atas dedaunan yang sudah menjadi alas wajan.
  6. Tuangkan air secukupnya hingga ikan rata terendam.
  7. Masak diatas api dengan ukuran sedang kecil sambil ditutup bagian atasnya dengan penutup wajan, tunggu ikan selama 15-20 menit.
  8. Jika air sudah menyusut dan bumbu sudah meresap matikan kompor.
  9. Angkat lalu sajikan dan santap bareng keluarga.

Nah jadi itu dia cara memasaknya, dengan lebih mudah dan lebih bisa difahami saya yakin kamu akan berhasil membuatnya, jangan ragu-ragu untuk membuatnya saya jamin rasanya enak dan bikin nagih.

 

Manfaat Ikan Arsik

Mengkonsumsi masakan ikan arsik dapat mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti gagal jantung. Olahan yang benar dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya yang bisa saja dan kapan pun menyerang anda. oleh karena itu saya rekomendasikan.

Selain itu, memakan masakan ikan arsik dapat membantu mencerdaskan otak manusia, pasalnya kandungan zat omega 3 yang ada pada daging ikan dapat membantu mengembangkan otak manusia sehingga daya konsentrasi bisa menambah.

Omega 3 juga bisa digunakan untuk menstabilkan darah tinggi, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki darah tinggi mengkonsumsi ikan-ikanan. Para dokter juga menyarankan untuk mengkonsumsi ikan sesering mungkin.

Vitamin D dan vitamin B2 dapat mencegah dan membantu menyehatkan kulit manusia, jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kulit sehat, bersih dan kinclong. Saya juga sangat merekomendasikan ikan untuk dikonsumsi 3 kali seminggu.

Nah jadi cuma itu yang bisa saya share kepada kalian semua, tertarik karena rasanya yang enak dan bikin ketagihan bukan,yuk dicoba masakannya. Selain enak banyak juga manfaat yang didapatkan loh , selamat mencoba. Kamu juga dapat mencoba Cara buat lemet singkong.

Related Posts