cara membuat gula aren cair untuk kopi

Cara Membuat Gula Aren Cair Untuk Kopi Anti Ribet

Assalamualaikum para  reader mimin kembali lagi nih dengan membawa resep cara membuat gula aren cair untuk kopi.Dijamin resepnya mudah dan juga praktis,simak terus ya artikel mimin sampai akhir.

Penjelasan Tentang Gula Aren Cair

cara membuat gula aren cair untuk kopi

Memang tidak bisa dipungkiri, gula aren cair memang banyak digunakan masyarakat sebagai bahan baku dalam memberikan cita rasa manis pada sajian makanan dan  juga minuman, seperti dawet, es campur, hingga kopi.

Gula Aren tidak hanya mempunyai manfaat sebagai pemberi rasa manis yang sering digunakan pada banyak jenis makanan dan juga minuman di Indonesia.

Ternyata, gula aren memiliki beberapa manfaat  lain yang baik untuk kesehatan tubuh kita lo. Yuk, simak lebih lanjut ya para reader  untuk mengetahui cara membuat gula aren cair  untuk kopi.

Definisi Gula Aren

Gula aren merupakan gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren. Biasanya penyadapan air nira seringnya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau.

Kalian juga harus tahu bahwa adanya beberapa manfaat dari gula aren (gula merah) tidaklah terlepas dari beberapa kandungan zat gizi pada gula aren.

Beberapa kandungan zat yang harus kalian tau yang terdapat pada gula aren, yaitu karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3  dan vitamin C.

Selain itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan.

Gula aren  memiliki kandungan fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan citarasa manis alami dan sehat untuk tubuh kita.

Cara Membuat Gula Aren Cair Untuk Kopi

cara mmembuat gula aren cair untuk kopi

  • Bahan-Bahan:

1)20-30 ml gula aren

2)100 ml air yang bersih

  • Cara Membuat Gula Aren Cair:
  1. Siapkan gula aren dan cacah tipis
  2. Siapkan panci dan masukkan gula aren dan air
  3. Masak sampai gula aren larut,setelah itu dinginkan
  4. Gula aren cair siap dicampur untuk kopi
  5. Minuman siap disajikan

Baca Juga:cara membuat dalgona coffee goodday tanpa mixer tetap mudah/

Kandungan Gula Aren

Kalian juga perlu tau adanya beberapa manfaat gula aren  tidak terlepas dari beberapa kandungan zat gizi pada gula aren. Di samping itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Gula aren juga mengandung fruktosa dan juga sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan citarasa manis alami dan sehat.

Gula aren memiliki berbagai khasiat dan dapat diolah dalam berbagai macam minuman atau masakan. Kabar baiknya, kalori gula aren tergolong rendah, yakni sekitar 60 kalori untuk setiap satu sendok makan. Berikut ini kandungan yang ada di gula aren:

  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Potasium
  • Fosfor
  • Seng
  • Besi
  • Tembaga
  • Fitonutrien

Manfaat Gula Aren Bagi Tubuh

cara membuat gula aren cair untuk kopi

Gula aren tidak hanya memiliki manfaat sebagai pemberi rasa manis yang sering digunakan pada banyak jenis makanan dan juga minuman Indonesia. Ada beberapa manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh :

  1. Mencegah penyakit kanker , gula aren juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.
  2. Mengatasi masalah anemia ,selain vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa diatasi.
  3. Mencegah kerusakan kulit, kandungan antioksidan di dalam gula aren tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit kanker saja melainkan juga untuk untuk kesehatan kulit.
  4.  Meningkatkan sistem kekebalan tubuh ,pengonsumsian gula aren ternyata juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini tidaklah terlepas karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam gula aren.
  5. Menjaga kadar kolesterol tetap normal ada satu manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan jantung. Manfaat gula aren tersebut yaitu bisa menjaga kadar kolesterol tetap normal. Ini dikarenakan adanya kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak di dalam gula aren.
  6. Menghaluskan kulit, kandungan antioksidan di dalam gula aren yang baik untuk kulit semakin lengkap dengan kandungan niasin di dalamnya yang juga baik untuk kulit.

Perbedaan Gula Aren,Gula Merah Dan Gula Jawa

Mungkin masih banyak orang di Indonesia yang bingung dengan istilah gula aren, gula merah, dan gula jawa. Kebanyakan orang mungkin mengira ketiganya memiliki pengertian yang sama. Sebenarnya, gula aren  termasuk ke dalam golongan gula merah.

Di Indonesia,ada dua jenis gula yang sering digunakan, yaitu gula putih dan gula merah. Contoh gula putih yaitu gula pasir dan gula batu yang keduanya berasal dari batang tebu kalian bisa membuat gula pasir atau gula batu ini menggunakan alat perajang gula, contoh gula merah, yaitu gula aren, gula kelapa, dan gula enan.

Kalian telah mengetahui bahwa gula aren juga bisa disebut gula merah karena termasuk ke dalam jenis gula merah. Namun, kalian juga harus tau apa itu gula jawa? Gula jawa adalah nama lain dari gula kelapa yang juga termasuk ke dalam kelompok gula merah.

Sesuai namanya, gula kelapa dihasilkan dari penyadapan air nira pohon kelapa. Gula kelapa sering dikenal sebagai gula jawa karena merupakan produk andalan dari beberapa kabupaten di Pulau Jawa.

Dapat disimpulkan jika gula aren dan gula kelapa sama-sama bisa dikatakan sebagai gula merah tetapi memiliki perbedaan pada asal sumber air niranya. Selain itu, secara fisik, gula aren memiliki warna lebih cerah daripada gula kelapa atau gula jawa.

Sekian artikel yang mimin jelaskan tentang cara membuat gula  aren cair untuk kopi.Ikuti terus ya artikel selanjutnya.Terimakasih Assalamualaikum para reader

 

 

 

 

 

Related Posts