Cara Mengatasi Permasalahan Sampah

Cara Mengatasi Permasalahan Sampah di Indonesia

Mungkin dari kita masih ada yang bingung mengenai cara mengatasi masalah sampah bukan?,maka dari itu saya akan memberikan sedikit cara mengatasi permasalahan sampah berikut ini.simak baik-baik ya,agar tahu cara mengatasi masalah sampah.

Cara Mengatasi Masalah Sampah

Cara Mengatasi Masalah Sampah

1.Cara Mengatasi Masalah Sampah Dengan Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap kematian banyak hewan. Dengan tidak menggunakan sedotan plastik bisa membuat sampah plastik jauh lebih berkurang. Jika anda ingin menggunakan sedotan maka pakailah sedotan stainless yang bisa dipakai dan dipakai kembali.

2.Cara Mengatasi Masalah Sampah Dengan Membawa Tas Belanja Sendiri

Kantong plastik belanja juga menjadi salah satu kontributor terbesar sampah plastik yang tersebar di mana – mana. Kantong plastik belanjaan biasanya hanya digunakan untuk beberapa kali, dengan menggantinya menggunakan tas belanjaan sendiri yang berbahan dasar kain dapat mengurangi jumlah sampah plastik bukan?

3.Cara Mengatasi Masalah Sampah Dengan Membawa Botol Minum Sendiri

Mengurangi penggunaan botol plastik dengan menggunakan botol minum sendiri cukuplah mudah.maka,Bawalah sebuah botol yang berbahan dasar alumunium agar bisa untuk menyimpan air minum dingin atau panas serta tahan lebih lama untuk disimpan.

4. Membiasakan Diri Untuk Memasak Sendiri di Rumah

Tempat makan yang biasa disediakan oleh restoran umumnya berbahan dasar plastik HDPE. Agar bisa mengurangi penggunaan plastik maka biasakan diri untuk memasak makanan sendiri di rumah tanpa harus jajan di luar.

Baca Juga:https://mesinpencacahplastik.id/cara-mengurangi-penggunaan-plastik/

Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan

Sampah plastik yang ditunjuk sebagai evaluasi dan evaluasi lingkungan. Limbah plastik juga termasuk dalam sumber polusi lingkungan terbesar di dunia.

Dampak sampah plastik bisa berbahaya bagi ekosistem dan kehidupan di Bumi. Berikut beberapa dampak dari sampah plastik:

1.Pencemaran udara

Sampah plastik, baik yang bentuknya masih utuh atau sudah hancur menjadi partikel kecil, dapat mengakibatkan pencemaran udara.Hal ini dapat terjadi karena plastik membawa zat kimia, seperti bifenil poliklorinasi dan pestisida, yang dapat mengontaminasi udara serta meracuni dan merusak habitat makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya

Ketika dikonsumsi oleh hewan laut, racun ini juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia bila sampai hewan laut tersebut diolah dan dikonsumsi.

2.Pencemaran  tanah

Dampak sampah plastik selanjutnya adalah pencemaran tanah. Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia hasil dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah serta menempel pada tumbuhan yang tertanam di dalamnya. Kontaminasi sampah plastik juga bisa membuat kondisi tanah menjadi tidak subur.

3.Pencemaran  udara

Proses pembakaran sampah plastik yang dilakukan secara terbuka dapat mengakibatkan terjadinya polusi udara. Hal itu disebabkan oleh adanya partikel mikroplastik, logam berat kadmium dan timbal, serta bifenil poliklorinasi yang terlepas dan dampak udara.serta memperparah pemanasan global dan perubahan iklim.

Dampak Sampah Plastik Bagi Kesehatan

Tak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, berbagai senyawa kimia yang terkandung di dalam sampah plastik juga dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan, seperti:

1.kanker

Berbagai macam bahan kimia yang berasal dari plastik yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui, makanan, dan minuman yang terkontaminasi limbah plastik.

Limbah plastik bisa menghasilkan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker testis.

2.Kerusakan organ

Paparan logam berat dan mikroplastik dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memicu berbagai gangguan pada tubuh, seperti gangguan saraf, masalah pencernaan, gangguan pernapasan, dan gangguan kelenjar endokrin, misalnya penyakit tiroid.

Beberapa zat dari limbah plastik atau olahan sampah plastik juga bisa menyebabkan gangguan fungsi dan hati.

Dengan menerapkan berbagai cara mengatasi permasalahan sampah, Anda turut berpartisipasi dalam mengurangi sampah plastik, sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga dan Anda terhindar dari masalah kesehatan yang dapat dari sampah plastik.

Apa anda tertarik juga dengan:Cara Mendaur Ulang Sampah Anorganik

Related Posts