Cara Membuat Sate Lilit Ayam Sederhana

Cara membuat sate lilit ayam sederhana, nah salah satu makanan yang lagi ngehits di Bali adalah salah satu  Sate Lilit. Nah sate Lilit ini sangat enak dan empuk, dan juga gurih karena perpaduan ada beberapa rempah asli dari Indonesia yang terkenal karena sangat kaya akan bahan dan pangan buminya.
Cara membuat sate lilit ayam sederhana, Nah sate lilit ini sendiri akan dapat diolah dengan berbagai macam daging, yaitu  seperti daging sapi, ada juga daging babi, ikan dan yang paling populer atau paling di sukai orang adalah daging ayam, karena varian daging ayam ini memang sangatlah cocok untuk masyarakat Indonesia, karna apa? karena harganya yang sangat murah, dan halal serta rasanya juga sangat pas ketika digigit.
Cara membuat sate lilit dengan ayam, untuk itu tidak juga keras seperti daging Sapi. Karna akanan satu ini sangatlah cocok untuk disajikan dengan sambal matah atau sambal uleg lainnya, yaitu karena perpaduan gurih dan sambal ini akan menambah nafsu makan kita. Nah untuk itu mari simak dan fahami beberapa cara membuat, bahan-bahan, serta langkah-langkah cara membuat sate lilit ayam sederhan di bawah ini.

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Sederhana

cara membuat sate lilit ayam sederhana

Bahan-bahan Sate Lilit Ayam Sederhana :

  1. Kamu ambil 300 gram ayam dada, lalu potong dadu
  2. Ambil 50 gram kelapa parut,dan sangrai
  3. Ambil 50 ml santan kental
  4. Ambil 1 sdt asam Jawa
  5. Ambil 1 batang serai, geprek dan kamu iris halus bagian putihnya
  6. Ambil 2 lembar daun salam
  7. Ambil 2 lembar daun jeruk
  8. Ambil 10-15 batang serai, untuk tusukan sate

Bumbu halus:

  1. Kamu ambil 3 buah cabai merah
  2. Ambil 10 buah cabai rawit
  3. Ambil 5 butir bawang merah
  4. Ambil 3 siung bawang putih
  5. Ambil 3 cm kunyit, atau bakar
  6. Ambil 2 cm jahe
  7. Ambil 1,5 sdt terasi, bakar
  8. Ambil 4 butir kemiri, sangrai
  9. Ambil 1 sdm gula palem
  10. Ambil garam secukupnya
  11. Dan juga lada hitam secukupnya
  12. Lalu ambil 2 sdm minyak kelapa

Baca Juga : cara membuat sate padang ayam

Langkah-langkah membuat Sate Lilit Ayam Sederhana :

  1. Kamu haluskan semua bahan-bahan bumbu halus, yaitu seperti cabai merah, trus cabai rawit, trus bawang merah, trus bawang putih, trus kunyit, trus jahe, trus terasi, trus kemiri, trus gula jawa, trus garam, trus lada hitam, dan minyak kelapa. Supaya bisa menghaluskan kamu harus menggunakan Blender.
  2. Nah setelah bumbu halus jadi, sekarang kamu siapkan Teflon penggorengan dan tuangkan bumbu halus kesini trus tumis sampai harum, dan kamu tambahkan santan, trus asam jawa, trus irisan serai, setelah itu daun salam dan daun jeruk. Lalu kamu aduk-aduk hingga merata, dan setelah itu kamu angkat dan sisihkan.
  3. Nah setelah itu kamu haluskan daging ayam yang kamu siapkan tadi, lalu bisa juga menggunakan jasa penggilingan atau food processor tapi kalo  kalian punya di rumah. Dan Setelah daging ayam halus, kamu tuangkan ke dalam wadah dan kamu campurkan dengan bumbu halus, lalu kelapa parut dan kamu aduk-aduk lagi sampai merata. Dan kamu masukan kembali kedalam food processor atau jasa penggilingan.
  4. Setelah itu kamu tuangkan hasil gilingan yang sudah tercampur tadi. Dan kamu buat adonan menjadi bagian yang lebih kecil-kecil dan sesuai selera ( bisa juga sampai 15-20 adonan, dan sesuaikan dengan batang serai yang kamu siapkan ). Setelah itu kamu lakukan sampai bahan adonan ayam lilit habis.
  5. Kamu tancapkan satu persatu adonan tadi ke dalam batang serai, dan kamu lakukan hingga adonan habis.
  6. Kamu siapkan pemanggang sate atau grill pan, dan jajarkan sate lilit ayam tadi ke pemanggang sampai habis, setelah itu bakar sampai matang.
  7. Nah Sate Lilit Ayam siap dihidangkan, supaya lebih nikmat jika kamu sandingkan dengan sambal matah, maupun nasi  dan bisa kamu makan ramai-ramai.

Terimakasih telah membukak halaman ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related Posts