Cara Membuat Kuah Sate Padang Pedas

Cara membuat kuah sate padang pedas, pasti kalian sedang mencari resep kuah sate padang pedas? kuah sate padang pedas ini sangat enak dan cocok di jadikan hidangan makanan bagi keluarga. Nah selanjutnya di sini kita akan kembali ke resep kita yaitu kuah sate padang pedas. Nah disini anda sebagai pembaca akan dapat membuat kuah Sate Padang Pedas dengan menggunakan 26 jenis bahan dan ada di tambah juga 5 langkah pembuatan. Nah berikut di bawah ini cara untuk anda menyiapkan hidangannya.

Cara Membuat Kuah Sate Padang Pedas

Cara membuat kuah sate padang pedas

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan buat pembuatan Sate Padang Pedas:

  1. Kamu siapkan 1/2 kg daging sapi.
  2. Lalu kamu ambil 7 sdm tepung beras.
  3. Kamu sediakan Secukupnya minyak untuk menumis.
  4. Lalu kamu ambil Secukupnya sarang ketupat.
  5. Lalu kammu siapkan Secukupnya beras.
  6. Dan kamu gunakan Bumbu Halus:.
  7. Lalu kamu ambil 10 siung bawang merah.
  8. Kamu ambil juga 6 siung bawang putih.
  9. Lalu sediakan 25 bh cabe merah keriting (aslinya 10).
  10. Lalu kamu sediakan 4 btr kemiri.
  11. Kamu gunakan 1 jempol jahe.
  12. Lalu sediakan 1 jempol kunyit.
  13. Lalu sediakan 1 jempol lengkuas.
  14. Lalu iapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  15. Nah kamu ambil 1/2 sdt merica bubuk.
  16. Lalu gunakan 1/2 sdt jinten.
  17. Selanjutnya kamu sediakan Bahan Daun:.
  18. Lalu ambil 1 btg sereh, geprek.
  19. Lalu mbil 1 lbr daun kunyit, dan simpulkan.
  20. Lalu sediakan 2 lbr daun salam.
  21. Kamu gunakan 3 lbr daun jeruk.
  22. Lalu sediakan 1 bh bunga lawang.
  23. Terus ambil 2 cm kayu manis.
  24. Lalu ediakan 3 btr cengkeh.
  25. Lalu ambil 1/2 bh pala.
  26. Terahir kamu ambil 1 sdm kari bubuk.

Nah kuah Sate Padang Panjang kuahnya kental dan berwarna kuning dengan akan cita rasa rempah-rempah yang sangat kuat, dan sedangkan sate Pariaman kuahnya akan berwarna merah dan rasanya akan lebih pedas. Nah begitu pula dengan Sate Padang, Lalu Sate Padang ini kurang nikmat rasanya kalau nggak pedas. Dan di sini rasa pedas itu aka berasal dari saus kuning akan Sate Padang yang kental. Untuk itu sate Padang Panjangakan sambal kuning kental dan dengan bumbu rempah yang sangat kuat, Nah sementara sate merah dan akan saus Pariaman terasa akan lebih pedas.

Baca Juga : cara membuat bulgogi panggang

Step-Step membuat kuah Sate Padang Pedas:

  1. Prtama ketupat: isi ⅓ sarang akan ketupat dengan beras yang telah sudah dicuci bersih dan sudah ditiriskan. Dan rebus ketupat dengan air terendam akan menjadi hingga matang. Nah untuk menghemat gas aku di sni pake metode 20-30-20-30 (20 menit dalam rebus, dan matikan, lalu biarkan selama 30 menit, dan kamu rebus lagi selama 20 menit,lalu matikan, dan kamu biarkan lagi 30 menit. Nah ini dibiarkan dalam panci yang tertutup. Nah kemudian kamu angkat, dan kamu gantung ketupat agar airnya turun dan kamu biar ketupat supaya tidak cepat basi).
  2. Kedua daging Sate: Kamu didihkan air dipanci, dan kamu rebus daging kurleb selama 15 menit, lalu angkat, terus kamu potong kotak sesuai selera anda. Nah kamu saring air rebusan daging, dan kamu sisihkan. Terus kam blender semua bahan bumbu halus dengan menggunakan sedikit air. Kamu panaskan minyak, lalu kamu tumis bumbu halus dan beserta sereh, lalu daun salam, lalu daun kunyit dan lanjut pakek daun jeruk sampai jadi wangi. Nah kemudian kamu masukkan daging, dan kamu beri garam secukupnya. Lalu kamu masukan air rebusan daging yang sudah kamu saring tadi yang ke dalam tumisan, nah kamu tambahkan kari bubuk, lalu cengkeh, terus bunga lawang, lalu kayu manis dan juga biji pala..
  3. Ketiga kamu masak hingga daging jadi empuk, dan kamu diamkan minimal dalam waktu 4 jam agar bumbu bisa meresap ke dagingnya. Nah kamu sisihkan daging dari kuahnya, dan lalu kamu tusuk daging dengan lidi tusuk sate. Lalu kamu panggang sate di teflon atau bara api dengan harus diolesi minyak goreng sambil kamu bolak balik sampai jadi matang..
  4. Keempat kuah: kamu saring air sisa memasak daging tadi, da kamu tambahkan minimal 500 ml air matang (kamu sesuaikan dengan banyaknya akan kuah sate yang kamu inginkan). Dan kamu larutkan tepung beras dengan menggunakan sedikit air, dan lalu kamu masukkan ⅔ nya, lalu aduk rata, dan hidupkan kompor, lalu kamu aduk terus hingga mendidih. Nah lau kamu masukan sedikit demi sedikit larutan tepung tadi, lalu kamu masak hingga kekentalan yang anda inginkan. Nah kuah sate akan semakin kental jika sudah menjadi dingin, nah di sini jadi sebaiknya jangan anda bikin terlalu kental masaknya
  5. Kelima penyajian: Nah di sini tata ketupat yang akan sudah dibelah² di piring saji, lalu kemudian kamu tarok daging sate, dan kamu siram dengan kuahnya, lalu kaamu taburi bawang goreng. Nah  di sini enak juga dimakan denga pake kerupuk kulit ataupun keripik singkong, nah itupun sesuai selera saja ya.

Termakasih telah membukak halaman ini, selamat mencoba semoga bermanfaat!

Related Posts