5 Contoh Usaha Umkm Bermodal Kecil Dan Menguntungkan

Hallo guys, pada pembahasan kali ini kita akan memberikan Contoh Usaha UMKM bermodal kecil dan menguntungkan. Nah, kali ini kita akan memberikan contoh contoh usaha umkm ini yang menguntungkan. Usaha ini tidak memerlukan modal yang banyak. Kita dapat mencoba peluang usaha umkm ini dengan beberapa contoh berikut.

Usaha Umkm Bermodal Kecil Dan Menguntungkan

1. Usaha Umkm Bermodal Kecil Dan Menguntungkan Di Desa Kuliner

Usaha Umkm Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Contoh usaha umkm bermodal kecil dan menguntungkan kuliner merupakan contoh usaha UMKM yang tak kunjung sepi peminat. Usaha kuliner ini yang bisa dikembangkan sangat bervariasi sehingga pebisnis dapat berinovasi dengan mengikuti segala tren yang ada.

Sangat marak bisnis kuliner di Indonesia mewajibkan para pemilik bisnis kuliner untuk menanamkan sifat inovatif dan kreatif agar dapat unggul dari kompetitor. Usaha UMKM yang satu ini pada umumnya memiliki kunci sukses yang terletak pada kualitas rasa makanan, pelayanan, dan strategi pemasaran (marketing).

Apabila Anda berencana untuk membangun usaha kuliner, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Dengan ini pentingnya dilakukan sebelum membangun usaha tersebut karena kesuksesan dari suatu bisnis kuliner biasanya dapat dicapai apabila Anda sudah memahami tentang perilaku calon pelanggan (customer behaviour), tren bisnis, strategi bisnis, dan lain-lain.

2. Usaha Umkm Bermodal kecil Dan Menguntungkan Budidaya Ikan

Usaha Umkm Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Contoh usaha umkm dengan modal kecil dan menguntungkan yang menjanjikan dan bisa membantu pendapatan masyarakat yaitu dengan budidaya ikan. Tentu saja sangat potensial jika ditambah dengan masih minimnya pasokan ikan segar di pasar yang ada di daerah Kamu.

Tetapi, sebelum Kamu ingin membudidayakan ikan ada langkah lain yang mesti dilakukan terlebih dahulu yaitu survey tentang harga ikan yang berada di pasaran. Maka dari itu bila sudah menemukan harga pasaran yang pas, Kamu pun bisa menjalankan budidaya ikan tersebut.

Berikut adalah 2 jenis ikan yang di budidayakan:

  • Ikan hias, semisal Ikan arwana, cupang, Louhan, koi, oscar, rainbow fish, man fish, sapu, dan lain-lain.
  • Ikan yang untuk dikonsumsi, semisal lele, belut, nila, betutu, gurame, kepiting, mas, salmon, dan lain-lain.

Kebutuhan yang harus Kamu persiapkan untuk memulai proses budidaya ini yaitu menyiapkan kolam yang memadai, bibit ikan yang terbaik, pakan ikan yang berkualitas, dan mengurus serta juga memantaunya secara berkala.

Apabila budidaya ikan yang Kamu lakukan memiliki kualitas yang baik, maka semua orang yang membutuhkan akan mencarinya.

3. Usaha Umkm Bermodal Kecil Dan Menguntungkan Kerajinan Tangan

Usaha Umkm Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Tak di sangka bahwasannya ekspor kerajinan tangan dari indonesia selama tahun 2020 mencapai angka 6 persen. Maka dari itu, usaha kerajinan tangan ini masih memiliki peluang yang menjanjikan dan ditunggu oleh banyak orang dari dalam maupun dalam negeri.

Apabila dilihat dengan mendalam, Mayoritas di seluruh wilayah Indonesia memiliki kerajinan tangan yang menjadi ciri khas di masing-masing daerah. Kerajinan yang dibuat pada umumnya berbahan dasar sumber alam atau barang-barang bekas yang didaur ulang hingga menghasilkan karya yang terbaik dan menarik.

Oleh sebab itu, Apabila Kamu melihat suatu daerah dengan potensi kerajinan tangan yang cukup tinggi maka bisa diberdayakan dan dijadikannya sumber pendapatan yang menjanjikan bagi mereka.

Hasil dari kerajinan tangan ini biasnaya diperuntukkan untuk mempercantik rumah atau kantor. Semisal anyaman karpet, tempat duduk, cermin yang diberi hiasan, dan lain-lain. Kerajinan tangan dapat Kamu jadikan Contoh usaha Umkm bermodal kecil dan menguntungkan.

4. Berternak Ayam Kampung

Berternak Ayam, Ternak ayam menjadi salah satu sumber protein hewani yang terkenal dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain jenis ayam broiler, ayam kampung juga menjadi salah satu varian yang terkenal karena rasanya yang sangat jauh lebih enak. Di wilayah pedesaan menjadi tempat yang cocok untuk berternak ayam kampung karena fasilitas pendukung yang lebih mudah didapatkan.

Apabila Anda ingin memulainya juga dibutuhkan modal yang tidak terlalu besar, perawatannya yang tidak semahal saat ternak hewan lainnya semisal sapi atau kambing. Dengan berternak ayam kampung Anda bisa mendapatkan dua pilihan bisnis sekaligus, yaitu menjual dagingnya dan Anda juga bisa menjual telur ayam kampung.

Harga jual ayam kampung relatif lebih mahal dari pada jenis ayam lainnya dan permintaannya pun selalu tinggi.

5. Pertanian Hidroponik

Hidroponik yaitu cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan bermacam jenis nutrisi. Jenis usaha yang satu ini memang sedang digemari di perkotaan tetapi bukan berarti tidak cocok untuk dijadikan sebagai usaha di pedesaan.

Pada umumnya masyarakat desa memang telah hidup dengan pertanian sehingga menjalankan usaha pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit dipelajari dan dijalankan bagi mereka.

Jenis peluang usaha di kampung ini memiliki bahan instalasi yang juga sangat mudah didapatkan dan dirangkai. Banyak berbagai tutorial di kanal Youtube yang memberikan contoh dan menjelaskan bagaimana bertani menggunakan metode hidroponik.

Untuk tambahan, hidroponik adalah usaha di kampung yang menjanjikan ke depannya karena selain menjual hasil panennya, Apabila kita sudah mahir merangkai instalasinya, Anda juga dapat menjual berbagai bentuk instalasinya atau bahkan menjadi instruktur untuk orang-orang yang baru memulai usaha hidroponik.

Related Posts