Macam-Macam Jenis Kain Polyester Ada Berapa?

Macam-macam jenis kain polyester ini ada banyak sekali, mungkin kamu ada beberapa yang sudah tau dan tidak. Disini penjelasan tentang macam-macam jenis kain polyester.

Bahan dari kain polyester biasanya untuk pembuatan baju atau pakaian yang formal dan semi formal. Ada beberapa orang juga yang menggunakannya untuk membuat kaos dan aksesoris lainnya.

Macam-Macam Jenis Kain Polyester

Polyester juga dibagi beberapa jenis yang berbeda hadirnya berbagai jenis ini merupakan hasil dari campuran polyester dengan bahan kain lain, seperti katun dan juga bahan yang lainnya.

 

Bahan Lacoste CVC Pique

Jenis pertama yaitu bahan lacoste cvc pique, bahan ini merupakan kain yang dibuat dari campuran katun dan polyester. Sebab kombinasi tersebutlah kain ini jadi memiliki daya serap keringat yang baik seperti katun, namun juga lebih awet karena ada campuran polyester.

Dari segi harga kain lacoste cvc pique lebih murah jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Bahan ini juga bisa digunakan untuk pembuatan kaos atau pakaian yang lainnya.

 

Bahan PE

Keunikan dari kain bahan ini adalah 100% terbuat dari polyester tanpa campuran apapun. Karakter dari bahan ini cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan bahan lacoste lainnya.

Kain dari bahan ini juga mempunyai harga yang cukup terjangkau. Bahan ini kerap kali di gunakan untuk pembuatan pakaian secara massal di karenakan biaya produksi terhadap bahan ini jauh lebih terjangkau jika di bandingkan bahan katun.

 

Bahan Woven

Kain bahan Woven hanya menggunakan bahan polyester saja. Meskipun, karakter bahan ini memiliki serat yang saling mengikat karena melalui proses tenunan. Bahan dengan permukaan yang terlihat kasar jika di bandingkan dengan ketiga jenis bahan yang lainnya.

Oleh karena itu, apabila diraba ternyata bahan woven ini memiliki permukaan yang terasa halus. Pada umumnya, bahan ini di gunakan untuk bagian label baju. Kamu juga akan menemukan woven diberbagai pakaian dan pelapis interior.

Bahan Polyester

Berbeda dengan bahan dari sutra, katun, dan wol yang berasal dari serat alami. Kain polyester adalah kain buatan. Bahan serat atau kain polyester dibuat melalui tahapan kimia yang sangat cukup panjang. Menggunakan ethylene glycol dan asam tereftalat, yang di kombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET) yang berasal dari minyak bumi (petroleum).

Maka dari itu, tak heran jika kain polyester juga di kenal sebagai kain sintetis. Meskipun dibuat oleh manusia, bukan berarti kain polyester tidak bagus bila digunakan untuk memproduksi busana atau pakaian. Kain polyester pertama kali ditemukan di tahun 1941 dan terus mengalami perkembangan.

Tepat pada pada tahun 1951. Kain polyester mulai diperkenalkan ke public oleh amerika dengan iklan “sebagai serat ajaib yang bisa dipakai selama 68 hari tanpa penyetrikaan dan masih terlihat rapi”. Semenjak saat itu, bahan polyester terus populer hingga sekarang.

 

Kelebihan Bahan Polyester

  1. Tidak cepat rusak ( Tahan lama )
  2. Anti kuman dan bakteri
  3. Tahan air
  4. Tidak mudah kusut atau terlipat
  5. Mudah diatur

 

Kekurangan Bahan Polyester

  1. Serat polyester ini tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus ( Unbreathable )
  2. Bahan polyester mudah terbakar jika langsung terkena api
  3. Tidak alami
  4. Gak menyerap aroma
  5. Tidak biodegradable

 

Kesimpulan

Jadi, itulah macam-macam jenis kain polyester yang ada. Kain polyester juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti bahan kain yang lainnya.

Apakah sudah tau mengenai kain polyester itu. Kini kamu juga bisa membuat produk kain kamu sendiri dengan kualitas tinggi dan berbagai pilihan dari kain polyester. Kamu juga bisa pilih jenis kain baju polo yang cocok untuk membuat pakaian baju kaos polo atau pakaian yang lainnya dan aksesoris untuk tambahannya.

Related Posts