Resep Sup Bawang Merah Perancis Cepat dan Mudah

Bawang merah merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan pada hampir semua masakkan dan salah satunya pada resep sup bawang merah Perancis.

Cara menanam bawang merah bisa dibilang mudah dan bisa dilakukkan pada berbagai media. Akan tetapi, kali ini saya akan membahas tentang resep sup bawang merah perancis yang mudah.

Simak ulasannya berikut ini.

Resep Sup Bawang Merah Perancis

Bahan Sup Bawang Merah

  • 8 sdm mentega pastured
  • 2 buah bawang bombay kuning besar dibelah dua dan diiris tipis-tipis
  • 2 buah bawang merah besar dibelah dua dan diiris tipis
  • 3 siung bawang putih besar, cincang atau peras
  • 2 lembar daun salam
  • 2-3 sdt garam laut secukupnya
  • 1/2 sdt lada hitam bubuk
  • 2 sdt tepung terigu serbaguna, bisa dihilangkan untuk bebas gluten / grain free
  • 3/4 cangkir anggur putih kering
  • 6 cangkir kaldu / kaldu sapi, saya menggunakan campuran kaldu sapi 50/50 dan kaldu tulang sapi
  • 3 tangkai thyme segar
  • 6 potong baguette atau roti kering lainnya iris setebal 1 inci
  • 1 pon keju Gruyere parut atau diiris tipis (minta staf konter keju untuk mengirisnya untuk Anda)
  • 1/4 cangkir keju Parmigiano-Reggiano parut

Instruksi Resep Sup Bawang Merah

  1. Lelehkan mentega dalam panci besar dengan api sedang. Tambahkan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam laut, dan lada hitam, masak sambil diaduk sampai bawang bombay dan bawang merah bening.
  2. Kecilkan api ke sedang kecil dan lanjutkan memasak, aduk sesekali, sampai bawang bombay dan bawang merah menjadi cokelat keemasan tua (sekitar 20 menit).
  3. Aduk tepung dan masak selama 1 menit sebelum menambahkan anggur. Aduk rata dan masak 2 menit lagi.
  4. Tambahkan kaldu / kaldu dan timi. Didihkan tanpa penutup selama sekitar 30 menit, aduk sesekali.
  5. Saat sup mendidih, panaskan oven hingga 350 derajat. Susun irisan roti di atas loyang dan panggang selama 15 menit, balikkan saat setengah matang. (Roti harus kering dengan bagian tengah yang agak lunak yang masih muncul kembali saat disentuh)
  6. Setelah sup siap, panaskan broiler.
  7. Sendok sup ke dalam oven ramekins yang aman * (sisakan 1 / 4-1 / 2 “di bagian atas). Tambahkan 1 potong roti panggang ke masing-masing, lalu taburi dengan irisan Gruyere dan taburi Parmigiano-Reggiano.
  8. Letakkan ramekin di atas loyang berbingkai dan panggang selama beberapa menit, sampai keju meleleh dan berbuih.
  9. Sajikan segera, atasnya dengan lada hitam dan daun thyme segar.
  10. Penyimpanan ekstra baik di lemari es dan terasa lebih enak di hari kedua!

Catatan Pertama

  • Kaldu vs. kaldu: Saya menggunakan campuran kaldu sapi dan kaldu tulang sapi 50/50 – Saya suka kaldu daging yang kaya rasa, tetapi juga menyukai manfaat gizi dari kaldu tulang. Kaldu / kaldu ayam bisa menggantikan rasa yang lebih ringan.
  • Mangkuk aman untuk oven: Tahun lalu saya akhirnya membeli mangkok aman untuk oven yang serupa dengan ini (dijual pada saat menerbitkan ini!).
  • Jika Anda tidak memiliki mangkuk yang aman untuk oven, lihat bagian Catatan pada resep untuk mengetahui petunjuk tentang cara membuat topping keju panggang di atas loyang.
  • Cara membuat roti panggang keju di dalam oven: Jika Anda tidak memiliki mangkuk yang aman untuk oven, cukup taburkan campuran keju secara banyak di atas irisan roti yang Anda panggang di dalam oven.
  • Panaskan keju bersulang pada suhu 350 derajat selama 3-4 menit atau hingga sebagian besar keju meleleh, lalu panggang selama 1-2 menit hingga keju mulai berwarna cokelat.
  • Resep ini bahkan lebih baik pada hari kedua – cukup panaskan kembali sup di atas kompor dan ikuti petunjuk untuk menyiapkan topping roti panggang dan keju panggang.

Catatan Kedua

  • Bawang: Saya suka menggunakan campuran bawang merah dan bawang merah karena bawang merah memberikan rasa manis yang enak pada sup, tetapi Anda hanya dapat menggunakan bawang jika Anda tidak memilikinya.
  • Herbal: Pastikan untuk menggunakan timi segar dan tidak dikeringkan, karena akan membuat perbedaan besar pada rasa sup.
  • Keju: Gruyere adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat sup bawang merah, ini adalah keju leleh yang sempurna dan tidak kehilangan rasa saat meleleh. Keju comte atau fontina akan menjadi pengganti yang bagus.
  • Luangkan waktu Anda: Berikan waktu agar bawang bombay menjadi karamel dan jangan tergoda untuk menaikkan api untuk mempercepat prosesnya, bawang bombay hanya akan gosong dan sup akan menjadi pahit.
  • Jika Anda meluangkan waktu untuk membuat karamel bawang, hasil akhirnya luar biasa dan Anda akan mendapatkan sup dengan rasa paling enak!

Sekian penjelasan hari ini tentang resep sup bawang perancis yang cepat dan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Es Buah Anti Gagal Dan Simple

Holla gaiss kembali lagi sama mimin nihh, gimana kabar kalian hari ini? mimin harap everything is going allright yaa! kali ini mimin mau share tentang es buah anti gagal dan simple. Bisa juga nantinya kalian jadiin resep es buah untuk jualan.

Es buah sendiri adalah minuman atau makanan yang menyegarkan serta menyehatkan karena terdiri dari bahan dasar buah buahan segar yang disiram kuah susu atau sirup, sesuai selera masing masing hihihi.

Oh iya gais, sebelum masuk ke resep cara buat sop buah nya, izinin mimin tuk berbagi juga tentang beberapa manfaat serta khasiat yang terkandung dari buah yang biasanya dipakai dalam hidangan es buah ini. Jangan diskip ya!!

Manfaat Buah Dalam Es Buah

1. Kiwi

Rasa asam nan kecut pada buah ini seringkali membuat kita mengerutkan dahi, namun tahukah kalian bahwa buah kiwi sangat manjur untuk melawan insomnia?

Dengan kandungan senyawa antioksidan dan serotonin yang menjadi skill basic dari buah kiwi ini, sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dari stress yang menjadi momok dan musuh bersama insomnia.

2. Pepaya

Pepaya ini sangat dikenal untuk kalian yang sering mengalami masalah dalam saluran pencernaan, Itu adalah hal yang cukup masuk akal karena pepaya ini meliki zat papain yang senantiasa membantu saluran pencernaan kita dengan memecah protein.

Buah yang sering dijadikan kebanyakan orang sebagai alternatif ketika sembelit ini juga dapat menjaga dan memperbaiki daya tahan tubuh kalian.

Bagaimana tidak? Buah pepaya ini meliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk, yakni sebesar 33%. Hal tersebut membuat pepaya menjadi primadona bagi mereka yang sedang dalam masa recovery ketika sedang sakit.

3. Blewah

Buah yang memiliki nama latin cucumis melo var cantalupensis dan berwarna oranye ini selain menyimpan banyak gizi, ia juga dipercaya dapat memberikan impact yang besar untuk kalian yang lagi menjalani program diet.

Mengusung kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat serat dan mineralnya diikuti dengan serat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang senantiasa menjaga masalah kulit dan kekebalan tubuh. Dapat juga untuk senjata mencegah penyakit kanker.

Itulah ketiga buah yang sering kita jumpai dalam hidangan es buah yang biasa kita santap beserta manfaat dan khasiatnya. Sekarang kita menuju ke resepnya oke bundd lesgooo!!!

Es Buah Anti Gagal Dan Simple

1. Resep Cara Buat Es Buah Susu

Bahan-Bahan:

  • 100 gram semangka merah atau kuning
  • 100 gram nanas
  • 500 gram es batu serut
  • 100 gram pepaya
  • 100 gram melon
  • 1 liter air mineral
  • 100 ml susu kental manis rasa vanila
  • 5 sendok makan sirup vanili
  • 100 gram anggur

Cara Buat Es Buah Susu:

  1. Persiapkan mangkuk untuk wadahnya terlebih dahulu
  2. Cuci bersih semua buah yang ada dan kupas semuanya
  3. Jika sudah dikupas, potong dadu semua buah tadi kecuali buah melon yang dipotong bulat menyerupai kelereng
  4. Masukkan semua rajangan tadi ke dalam wadah yang udah disiapkan sebelumnya
  5. Sekarang ambil wadah lain untuk membuat cairannya. Masukkan air dan campur dengan susu kental manis kemudian aduk hingga merata
  6. Jika air dan susunya tadi udah merata, tuangkan ke dalam wadah yang berisi buah-buahan tadi
  7. Kemudian tambahkan es serut dan tuangkan sirup vanili sesuai selera dan es buah susu kali ini siap dinikmati

2. Resep Cara Buat Es Buah Nangka

Bahan-Bahan:

  • 25 gram sagu mutiara
  • 150 gram kelapa muda yang udah diparut
  • 1 buah alpukat
  • 5 buah nagka
  • 200 gram susu kental manis
  • Es serut secukupnya
  • 450 gram gula pasir
  • 350 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh pewarna makanan merah muda
  • 2 lembar daun pandan

Cara Buat Es Buah Nangka:

  1. Larutkan gula pasir, santan, garam, pewarna makanan, dan 2 lembar 2 salam kemudian rebus hingga mendidih
  2. Selagi menunggu mendidih, kita bersihkan buah-buahan tadi dan mencucinya kemudian potong dan rajang sesuai selera kalian
  3. Setelah semua bahan utama tadi dirajang, coba untuk menatanya dalam suatu wadah
  4. Masukkan es serutnya ke dalam wadah yang sudah tertata buah-buahan tadi dan tuangkan susu kental manis
  5. Setelah campuran larutannya tadi mendidih, dinginkan sebentar lalu kemudian siram ke wadah yang berisi buah dan es serut tadi
  6. Voila es buah nangka siap disajikan selagi dingin

3. Resep Cara Buat Es Buah Serbat Mangga

Bahan-Bahan:

  • 1 buah mangga
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air matang
  • Es batu secukupnya
  • Selasih secukupnya

Cara Buat Es Buah Serbat Mangga:

  1. Larutkan 4 sendok makan gula pasir dengan 150 ml air matang hingga gulanya bercampur
  2. Sembari menunggu gula larut, kita cuci dulu mangga dan kupas sampai bersih. Setelah itu seperti biasa kita potong sesuai selera dan taruh di dalam wadah
  3. Masukkan selasih ke dalam wadah yang berisi potongan mangga
  4. Setelah larutannya tadi udah tercampur dengan sempurna, sekarang angkat dari kompor dan tuang ke dalam wadah yang berisi potongan mangga dan selasih
  5. Tambahkan es batu secukupnya dan Es buah mangga serbat kali ini siap disajikan

Es buah yang mimin share di ats berdasarkan dari pengalaman mimin dan hasil coba coba sekaligus hasil eksperimen mimin di saat gabut, kalian bisa ikutin resep mimin atau bisa juga dengan improvisasi sendiri ya gaiss, Selamat mencoba!

Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

hola halo gais jumpa lagi dengan mimin, gimana kabar kalian semua? semoga dalam keadaan yang baik baik aja. Oh iya, kali ini mimin mau berbagi ke kalian resep serta cara membuat manisan rambutan enak dan anti gagal tentunya, jadi tunggu apalagi? mari kita mulai gais, cekidottt!!

Cara Membuat Manisan Rambutan Enak

1. Resep Manisan Rambutan Pontianak

Masuk di urutan ketiga, kita lanjutkan dengan resep manisan rambutan pontianak yang terkenal unik ini.

Bahan Bahan:

  • Buah rambutan tentunya, yang manis segar dan fresh agar hasilnya maksimal.
  • Jeruk sambal secukupnya atau bisa sesuai selera
  • cabai rawit sesuai selera kepedasan masing-masing
  • Kiamboy(opsional)
  • Gula pasir secukup nya
  • Garim pasir secukup nya

Cara Membuat:

  1. Cuci buah rambutan pilihan tadi kemudian kupas kulit nya hingga bersih dan potong belah daging rambutan nya dan sisihkan biji
  2. Taruh bagian yang sudah dirajang tadi ke dalam wadah yang digunakan untuk menyajikan
  3. Kemudian siram daging yang sudah dirajang tadi dengan perasan air jeruk sambal
  4. Masukkan juga gula pasir dan garam secukup nya atau sesuai selera kalian masing-masing
  5. Tak lupa masukkan irisan halus cabe rawit yang sudah dirajang sebelumnya
  6. Setelah irisan cabe rawit nya masuk, sekarang giliran kimboy dan belahan jeruk sambal yang udah diperas tadi di masukkan
  7. Aduk merata semuanya tadi agar rasa nya merata dan terdapat cita rasa nya kemudian masuk kan ke dalam kulkas sampai dirasa udah cukup dingin kemudian sajikan

2. Resep Manisan Rambutan Simplee

Resep rambutan kali ini bener bener simple dan ngga perlu effort lebih seperti resep resep rambutan sebelumnya.

Bahan-Bahan:

  • 2 ikat rambutan
  • 1/2 ons kiamboy
  • Gula pasir secukupnya
  • 5 butir jeruk sonkit
  • 1/4 buah jeruk sonkit yang diperas
  • 2 buah cabai merah besar

Cara Membuat:

  1. Seperti biasa kita cuci dulu buah rambutan ini agar tetap bersih dan higenis, lalu kupas sampai bersih dan tinggal dagingnya doang
  2. Kemudian campur rambutan yang telah dikupas tadi dengan kiamboy, aduk hingga menyatu
  3. Tambahkan gula pasir dan potongan cabe lalu aduk lagi sambil memasukkan potongan jeruk sonkit tadi beserta perasannya
  4. Aduk semunya perlahan hingga merata lalu tunggu hingga kering dan merata
  5. Voila manisan rambutan simplee siap disajikan

3. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis Enak

Cocok banget ni buat kalian yang bingung pengen yang pedes pedes, tapi ngga kuat nahan pedes. Resep Manisan Rambutan Pedas Manis ini bisa dijadikan pilihan buat kalian.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg buah rambutan
  • 3 buah cabai bisa merah keriting bisa juga rawit tergantung selera kalian
  • 1 buah lemon
  • 1/2 sendok teh garam
  • 300 ml air
  • 8 sendok makan gula pasir

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih rambutan sebelum dikupas kemudian kupas dan hilangkan biji nya sampai tersisa daging nya aja lalu cuci ulang lagi
  2. Masukkan rambutan yang udah dirajang tadi ke dalam panci dan rebus bersama garam dan gula pasir sesuai resep tadi
  3. Sementara rambutan garam dan gula direbus, ulek juga cabai tadi hingga halus dan segera masukkan ke dalam panci yang berisi rambutan sebelum mendidih
  4. Tunggu sampai mendidih sambil mengiris lemon dan masukkan irisan nya ke rebusan tersebut
  5. Tuangkan rebusan tadi ke dalam wadah untuk menyajikan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas

 

Dari ketiga resep di atas, kita bisa lihat bahwa rambutan juga dapat diolah dengan berbagai resep. Bahkan di luar dari resep manisan ini. Contohnya seperti dibuat dengan resep es buah untuk jualan atau bahkan resep manisan rambutan yang tentunya dapat membuat kaian jadi lebih produktif. Jadi? ayo buruan dicoba ya gaiss!

Cara Membuat Salad Buah Lezat Dan Enak

Holaaaa gaiss kembali lagi bersama mimin yang pada artikel kali ini mau berbagi tentang cara membuat salad buah lezat dan tentunya bisa kalian lakukan di rumah selama masa pandemi ini. Selain resep es buah untuk jualan, resep salad buah kali ini adalah resep yang tentunya udah mimin pilihan buat kalian yang mungkin belum pernah biki atau baru petama kali mau nyoba bikin salad buah. Tapi sebelum kita masuk ke resepnya, ijinin mimin ngasi tau kalian tentang beberapa manfaat dari salad buah ini.

1. Mengandung Banyak Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan sangat berguna untuk menyehatkan kulit seperti contohnya vitamin c yang terdapat pada jeruk, dapat mencerahkan dan membersihkan sel kulit mati dari dalam tanpa sentuhan bahan kimia, sangat cocok untuk wanita-wanita yang ingin kulit nya terlihat glowing Selain untuk mencerahkan kulit, kandungan vitamin yang terdapat pada buah-buahan dapat berfungsi untuk membangun imun tubuh dari dalam agar terhindar dari penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung

2. Mengandung Banyak Serat Penting

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah-buahan mengandung banyak sekali serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan, selain membantu saluran pencernaan serat-serat ini juga berguna untuk mempermudah penyerapan zat serta gizi makanan yang ada di dalam tubuh kita dengan cepat. Terlebih dengan adanya gabungan buah-buah yang ada di dalam salad kebanyakan mengandung serat-serat yang tinggu, maka dari itu dapat dipastikan serat yang didapatkan dan dibutuhkan sangat tercukupi.

3. Mengandung Banyak Mineral Yang Baik Bagi Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan mineral yang cukup agar selalu sehat bugar dan keseimbangan dalam tubuh juga terjamin. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salad terdiri dari banyak buah-buahan yang memiliki banyak kandungan mineral sudah pasti dapat memenuhi kebutuhan tubuh   Setelah selesai membahas tentang beberapa khasiat dan manfaatnya, sekarang giliran mimin berbagi tentang resep salad buahnya, legooww

Membuat Salad Buah Lezat Dan Enak

1. Resep Salad Buah Naga

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah naga ukuran besar
  • 1/4 buah apel hijau
  • 1/2 buah quini
  • Buah pepaya matang secukupnya
  • Jeruk kaleng secukupnya
  • 2 sendok makan yoghurt
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok makan susu kental manis

Cara Membuat Salad Buah Naga lezat:

  1. Sama seperti pada resep sebelumnya, cuci semua buah yang ada hingga bersih, kemudian potong-potong dadu atau secara rapi tergantung selera kalian.
  2. Kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah disediakan dan setelah ini kita akan membuat sausnya
Membuat saus:
  1. Masukkan yoghurt ke dalam wadah terpisah
  2. Kemudian campurkan dengan mayonaise dan aduk kembali hingga merata
  3. Jangan lupa tuk memasukkan susunya dengan satu sendok makan, sebenarnya ini opsional kalo kalian suka dengan salad yang creamy bisa juga 2 atau 3 sendok, tidak harus sama dengan admin.
  4. Aduk semuanya sampai merata, setelah rata bisa ditambahkan keju di atasnya sebagai topping. Ini juga opsional bagi kalian penikmat keju mungkin bisa memadukannya.

2. Resep Salad Buah Creammy

Bahan-bahan:

  • Buah segar sesuai selera kalian
  • Agar-agar atau jelly
  • 1 cup yoghurt
  • 1 sendok makan air jeruk nipis atau perasan lemon
  • 3 sendok makan mayonaise
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 1 sacshet susu kental manis putih atau krimer
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Salad Buah Creammy lezat:

  1. Untuk langkah pertama kali ini sebelumnya kita memilih buah apa saja yang akan kamu jadikan isian saladnya nanti.
  2. Setelah itu kamu harus membersihkan buah-buahan tersebut serta mengupasnya jika buahnya perlu dikupas. Lalu bersihkan kembali dengan air bersih dan tiriskan air cuciannya sampai kering dengan sempurna.
  3. Setelah dikupas dan dicuci, kemudian kamu bisa potong-potong buahnya sesuai seleramu atau kalau admin lebih suka dipotong kecil-kecil agar mudah menyantapnya. Pastikan pisau yang kamu gunakan bersih ya.
  4. Setelah semua buahnya terpotong dan ditaruh dalam wadah, sekarang kita akan membuat sausnya dan inil
Membuat sausnya:
  1. Dalam sajian kali ini kita akan menggunakan wadah saus yang berukuran medium. Kemudian masukkan yoghurt beserta 3 sendok makan mayonaise yang sudah kita siapkan tadi, lalu aduk dengan rata sampai keduanya tercampur.
  2. Bila keduanya sudah rata tercampur, sekarang kita tinggal masukan susu kental manisnya tadi dan aduk kembali sampai merata. Jika kamu menyukai rasa asam-asam segar bisa juga ditambahkan sedikit perasan air jeruk nipis.
  3. Setelah semuanya diaduk merata, sekarang giliran parutan lemon yang masuk ke dalam adonan saus nya. Kulit lemon dapat memberikan aroma serta sensasi segar nan lezat. Aduk kembali dengan perlahan sampai semuanya tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya adalah menuangkan adonan saus yang kita buat tadi ke dalam  wadah yang berisi campuran buah-buahan yang sudah kita siapkan sebelumnya tadi.
  5. Tidak selesai sampai di sini, jika kalian menyukai keju, kita bisa tambahkan keju sebagai opsional serta sentuhan akhir agar salad yang kita buat terlihat hidup.

3. Resep Salad Buah Segar

Resep yang terakhir ini admin punya refrensi salad buah yang mungkin terlihat sama seperti salad kebanyakan, atau mungkin malah terlihat biasa aja. Tapi mari kita coba dulu resep admin ini, mana tau kalian ketagihan buat bikin terus.

Bahan-bahan:

  • 2 buah apel merah
  • 1 buah mangga
  • 1/4 kilogram anggur
  • 1 buah pir
  • 1/4 buah melon
  • 2 buah kiwi
  • 1/4 buah semangka
  • 1 bungkus nutrijel(bebas rasa apa aja)
  • 100 gram mayonaise
  • 2 cup yoghurt
  • 100 ml susu kental manis sesuai selera
  • 1 sendok madu

Cara Membuat Salad Buah Segar lezat:

  1. Seperti biasa cuci buah-buah yang disebutkan di atas tadi hingga bersih kinclong kemudia kupas buah yang perlu dikupas.
  2. Setelah selesai mencuci dan mengupas buah tadi. Potong dadu semua buah dan nutrijell nya kecuali buah anggur dan kiwi.(Oh iya di sini posisi nutrijell sudah berbentuk agar-agar ya, bukan bentuk serbuk lagi. Jadi disarankan untuk membuat nutrijel nya dulu)
  3. Setelah semuanya dipotong dadu kecil-kecil, sekarang masukkan buah potong tadi ke wadah atau gelas besar untuk penyajian nya.
  4. Sekarang kita membuat sausnya.
Membuat saus:
  1. Siapkan mangkuk besar untuk menjadi tempat adonan.
  2. Masukkan mayonaise dan susu kemudian aduk hingga rata
  3. Setelah kedua bahan tadi tercampur dengan rata, masukkan yoghurt yang diiringi dengan madu yang sudah disiapkan tadi
  4. Jika dinilai kurang manis, kalian bisa menambahkan susu kental manisnya, tapi jangan banyak-banyak nanti diabetes.
  5. Setelah semuanya selesai diaduk, tuangkan adonan tadi ke dalam wadah atau gelas besar yang berisi buah-buahan dan nutrijell yang sudah disiapkan tadi.
Dari ketiga resep di atas, resep mana yang paling kalian pengen buat nyoba segera? hahaha pasti bingung yaa? yaudah dicobain satu satu aja kalo gitu. Selamat mencoba gaiss.

Resep Membuat Keripik Tempe Sagu yang Gurih dan Enak

Tempe adalah salah satu makanan dari kacang kedelai yang mengandung protein yang baik untuk tubuh. Tempe bisa diolah ke berbagai olahan makanan salah satunya keripik tempe sagu.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

resep keripik tempe sagu

1. Sumber Protein

Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik.

Enzim proteolitik dapat memecahkan rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna oleh tubuh. Jadi mengkosumsi tempe sangat baik untuk memenuhi asupan protein bagi tubuh.

2. Tinggi Kalsium

Kandungan kalsium dalam tempe bisa menjadi alternatif untuk mencukupi kebutuhan kalsium selain susu. Sebuah penelitian menyatakan bahwa kalsium yang terkandung di dalam empat potong tempe setara dengan satu gelas susu sapi.

3. Antioksidan Penangkal Radikal Bebas

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan atau memicu kanker. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Ternyata, antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat didapatkan dengan mengonsumsi tempe.

4. Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 banyak terkandung dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari nabati karena mengandung 0.0017 mg vitamin B12.

Ciri Tempe yang Baik untuk Dikosumsi

1. Warna Tempe dan Jamur

Kualitas tempe bisa dilihat dari warna kedelai dan jamur. Perhatikan warna kedelai tempe yang kuning dan jamurnya masih berwarna putih. Tempe yang warnanya hitam atau sudah coklat, itu sudah mulai busuk.

2. Tekstur Padat dan Sedikit Jamur

Pilih tempe yang bertekstur padat dengan kacang kedelai dan sedikit jamur putih seperti kapas di sela-selanya. Permukaan tempe yang baik akan tetap padat jika ditekan dan teksturnya agak keras karena butiran kedelai yang rapat.

3. Tempe Tak Mudah Hancur Jika Dipotong

Tempe tidak mudah hancur atau terlepas butiran kedelainya jika dipotong. Tempe dengan kualitas baik memiliki rasa gurih dan tidak pahit. Tempe yang dibungkus plastik lebih awet daripada tempe yang dibungkus daun.

Tempe yang masih baru diproduksi umumnya masih hangat, kedelainya utuh, dan padat. Jangan pilih tempe yang agak basah, berwarna coklat kehitaman dan mudah patah. Tempe dengan ciri-ciri seperti ini akan cepat busuk.

4. Aroma Jamur Segar

Kualitas tempe bisa ditentukan dari aroma jamurnya, tempe kualitas yang baik memiliki aroma jamur yang segar. Jangan memilih tempe yang memiliki aroma menyengat dan sangit.
Proses fermentasi pada tempe membuat tempe semakin matang setiap hari, sehingga baunya akan  berbeda antara tempe yang baik dan tempe yang sudah mau busuk.
Tempe tidak dapat disimpan dalam waktu lama di lemari es. Tempe hanya bertahan sekitar 3-5 hari. Jangan menumpuk tempe karena akan membuatnya cepat busuk.

Resep Keripik Tempe Sagu

Bahan:

  • 500 gram tempe yang masih kedelai

Bahan bumbu halus:

  • 6-7 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Langkah-langkah

  1. Campur tempe yang masih belum jadi dengan sagu/kanji hingga bergerundil, dalam pencampuran sampai pembungkusan jangan sampai terkena tangan harus pakai centong/sendok.
  2. Bungkus dalam plastik tekanan-tekan hingga benar-benar padat. Lakukan semua hingga habis ya Lalu tusuk degnan tusukan gigi ataupun lidi.
  3. Gantung dan diamkan 24 jam/lebih. Potong-potog tempe dengan ukuran tipis. Haluskan bumbu dan campur dengan air. Panaskan minyak lalu celupkan irisan ke dalam bumbu.
  4. Goreng hingga matang dengan api kecil. Kalau irisannya tipis dan minyak panas tapi api kecil, kamu akan mendapat hasil gorengan yang crispy.

Selain artikel di atas, Anda juga bisa membaca Cara Membuat Keripik Pare yang Sehat, Enak dan Tidak Pahit

Resep Aneka Keripik yang Nikmat dan Sehat untuk Dijual

Keripik adalah cemilan yang sangat nikmat dimakan sebagai pelengkap makanan. Jadi tidak heran cemilan ini sangat layak dijual. Berikut adalah aneka resep membuat keripik dari berbagai bahan makanan.

Resep Membuat Keripik Pare

resep aneka keripik untuk dijual

Bumbu Halus:

  • 2 butir bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • Kunyit (selera)
  • Lada bubuk (selera)

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih pare. Belah dua kemudian kerok bagian dalamnya (biji pare) dengan memakai sendok.
  2. Iris-iris tipis. Jangan tebal nanti pahitnya terasa.
  3. Beri garam secukupnya -/+ 1 sdm garam.
  4. Remas-remas dengan tangan bersih sampai berair/keluar lendirnya.
  5. Rendam sejenak dengan air secukupnya -/+ 10menit.
  6. Sembari menunggu. Kocok telur, bumbui beri garam, bumbu halus dan kaldu jamur.
  7. Setelah pare direndam, bilas sampai bersih sambil diperas-peras. Bilas empat kali
  8. Balur pare dengan kocokan telur lalu ke pelapis kering. Satu per satu.
  9. Panaskan minyak, goreng hingga krispi.
  10. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat & tiriskan.

Resep Membuat Keripik Bawang

Bahan-bahan

  • 200 gr tepung terigu
  • 20 gr tepung tapioka
  • 30 gr margarin
  • 2 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 1 butir telur
  • 4 batang seledri
  • 1 sdt royco ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 3-4 sdm air es
  • 1/4 sdt garam

Langkah-langkah

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka aduk rata sisihkan.
  2. Kocok telur lepas sampai berbusa masukan bawang putih, bawang merah, baking powder, garam, royco ayam, daun seledri, aduk sampai semua rata.
  3. Lalu masukan mentega aduk sampai rata.
  4. Masukan campuran tepung terigu dan tepung tapioka sedikit demi sedikit.
  5. Masukan air aduk sampai merata.
  6. Uleni adonan mengunakan tangan hingga mengumpal dan tidak lengket 
  7. Bentuk adonan mengunakan rolling pin / botol bekas sirup.
  8. Giling adonan sampai benar-benar tipis sekali.
  9. Setelah tipis potong dengan mengunakan pisau.
  10. Panaskan minyak goreng
  11. Lalu goreng adonan mengunakan api kecil
  12. Angkat dan keripik bawang siap di sajikan

Resep Membuat Keripik Kentang

Bahan:

  • 4buah kentang yang sudah dikupas dan diiris
  • 2-3 liter air kapur
  • Goren minyak

Bumbu Halus (Kering)

  • 1/2 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt garam
  • Gula yang berukuran halus
  • Bubuk kaldu ayam secukupnya

Cara Membuat

  1. Siapkan beberapa kentang yang siap dikupas
  2. Kentang dicuci hingga bersih
  3. Kentang yang sudah dicuci diiris tipis-tipis.
  4. Kentang direndam dengan air kapur kira-kira selama 1 jam.
  5. Tambahkan sedikit garam ke dalam air kapur agar rasa kentang semaikn gurih
  6. Angkat kentang dari rendaman air kapur
  7. Tiriskan kentang sampai kering atau keset sekitar 1/2 jam.
  8. Goreng kentang hingga warnanya menjadi kuning dan kering.
  9. Setelah kentang mantang, lalu angkat dan tiriskan di wadah yang telah dialasi tisu.
  10. tunggu keripik kentang sampai dingin, lalu campur keripik dengan bumbu kering.
  11. Keripik kentang siap untuk disajikan dan disantap.

Resep Keripik Singong Balado

Bahan Utama:

  • 1 kg singkong
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Balado:

  • 250 gram cabai merah keriting/cabai merah besar
  • 200 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 5 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 mata asam jawa
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Singkong Balado:

  1. Kupas singkong, lalu cuci bersih. Potong-potong sesuai selera. Jangan terlalu tipis agar tidak mudah remuk. Rendam dan cuci sampai airnya jernih.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu rendam singkong di dalamnya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu goreng singkong dengan api sedang sampai renyah. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
  4. Selanjutnya buat bumbu balado. Haluskan cabai, asam jawa, dan bawang putih.
  5. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama daun jeruk.
  6. Masukkan 50 ml air, gula pasir, gula merah, dan garam. Aduk-aduk terus. Masak hingga air menyusut dan bumbu kental, lalu matikan api.
  7. Selagi bumbu balado masih panas, segera masukkan keripik singkong dan aduk perlahan sampai tercampur rata.
  8. Pindah
  9. kan keripik yang sudah berbalut bumbu balado ke toples. Tunggu sampai dingin, lalu tutup rapat.

Keripik singkong balado alias keripik sanjai siap dinikmati sebagai cemilan

Selain itu, Anda juga bisa membaca: Cara Membuat Keripik Bawang yang Enak dan Sehat

 

Aneka Resep Keripik Singkong yang Gurih dan Enak

Singkong adalah tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan dalam akar atau yang biasa disebut umbi. Singkong bisa diolah menjadi berbagai jenis keripik . Berikut adalah aneka resep keripik singkong.

Aneka Resep Keripik Singkong

aneka resep keripik singkong

Resep Keripik Singkong Putih

Bahan-bahan

  • 4 buah singkong
  • Secukupnya minyak
  • Secukupnya air panas
  • Secukupnya garam

Langkah

  1. Kupas singkong llun kerik bagian luarnya.
  2. Cuci singkong kemudian iris tipis.
  3. Masukkan irisan singkong ke baskom, cuci sebentar. Tiriskan.
  4. Kemudian tuangkan air panas kedalam baskom,tambahkan garam lalu aduk.
  5. Tiriskan, cuci dengan air dingin dua kali. Kemudian buang airnya.
  6. Panaskan wajan isi minyak dengan api sedang.
  7. Jika minyak sudah panas goreng keripik.
  8. Bolak balik agar tidak menempel satu sama lain, jika sudah dirasa matang angkat dan tiriskan
  9. Ulangi hingga keripik dibaskom habis.
  10. Setelah selesai tunggu keripik mendingin. keripik siap untuk diberi bumbu tabur agar lebih nikmat

Resep Keripik Singkong Pedas Manis

Bahan-bahan

  • 1-2 toples
  • 1 kg singkong
  • 1 sdm Garam / secukupnya
  • 1-2 sdm Masako / secukupnya
  • 2-4 sdm gula / secukupnya
  • 1 sdt lada / secukupnya
  • minyak untuk mengoreng
  • 1/2 bungkus asam jawa campur dengan sedikit air (bungkusan yg seribuan / kecil)
  • Bumbu Halus :
  • 15 buah cabe rawit / sesuai selera
  • 1 ons cabe merah kering / sesuai selera
  • 6 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 ruas jari jahe

Langkah

  1. Kupas singkong dan cuci bersih singkong yang sudah dikupas.
  2. Iris tipis singkong menggunakan parutan atau pisau. Selanjutnya goreng singkong hingga terlihat garing / kering (bukan gosong).
  3. Setelah singkong habis digoreng tiriskan menggunakan kertas koran / buku yang sudah tidak terpakai tapi dalam keadaan bersih (tujuan meniriskan dengan koran / kertas agar mengurangi minyak).
  4. Blender bawang, cabe rawit,cabe kering dan jahe hingga halus.
  5. Panaskan minyak,Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan api sedang, tambahkan garam,masako,gula dan merica.
  6. Tes rasa jika sudah sesuai selera diamkan beberapa saat sampai sambal matang. (Bukan mengering).
  7. Jika sudah matang masukan 1 sdm asam jawa, aduk sebentar dan matikan api. Biarkan dingin, jika sambal dan singkong sudah dingin campur menjadi satu dan aduk rata.

Resep Keripik Singong Balado

Bahan Utama:

  • 1 kg singkong
  • minyak goreng secukupnya
  • air secukupnya

Bumbu Balado:

  • 250 gram cabai merah keriting/cabai merah besar
  • 200 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 5 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 mata asam jawa
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Keripik Singkong Balado:

  1. Kupas singkong, lalu cuci bersih. Potong-potong sesuai selera. Jangan terlalu tipis agar tidak mudah remuk. Rendam dan cuci sampai airnya jernih.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu rendam singkong di dalamnya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu goreng singkong dengan api sedang sampai renyah. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
  4. Selanjutnya buat bumbu balado. Haluskan cabai, asam jawa, dan bawang putih.
  5. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama daun jeruk.
  6. Masukkan 50 ml air, gula pasir, gula merah, dan garam. Aduk-aduk terus. Masak hingga air menyusut dan bumbu kental, lalu matikan api.
  7. Selagi bumbu balado masih panas, segera masukkan keripik singkong dan aduk perlahan sampai tercampur rata.
  8. Pindah
  9. kan keripik yang sudah berbalut bumbu balado ke toples. Tunggu sampai dingin, lalu tutup rapat.

Keripik singkong balado alias keripik sanjai siap dinikmati sebagai cemilan

Selain itu, Anda juga bisa membaca: Sanjai..!, Keripik Singkong Balado Khas Minang Nan Anjay..!

Resep Keripik Pedas Daun Jeruk yang sehat dan Enak

 Daun jeruk sering digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, jeruk digunakan untuk bahan utama makanan contohnya keripik daun jeruk.

resep keripik pedas daun jeruk

Berbagai Manfaat Daun Jeruk

1. Mencegah Bakteri

Manfaat daun jeruk purut yang pertama adalah dapat mencegah bakteri. Daun jeruk purut mengandung zat yang memiliki anti-bakteri terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan patogen pada kulit.

Ekstrak jeruk purut dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan penyembuhan. Adanya anti-bakteri dan bau yang enak juga menjadi salah satu alasan mengapa minyak daun jeruk purut ada di deodorant.

2. Mengatasi Stres

Daun jeruk purut bisa mengatasi stres karena memiliki aroma yang khas dan kuat. Selain membuat masakan menjadi semakin lezat, penggunaannya dalam masakan sekaligus dapat mengatasi stres.

Aroma daun jeruk purut berasal dari minyak esensial yang ada di dalamnya. Menghirup aroma minyak daun jeruk purut dapat membuat tubuh membaik.

3. Mengatasi Bau Mulut

Campuran jeruk purut dan jambu biji terbukti efektif untuk menekan aroma tidak sedap pada mulut. Hal ini dikarenakan adanya efek anti-halitosis yang berasal dari aroma minyak aromatik yang menyenangkan dan sifat anti-bakteri alami pada daun jeruk purut.

4. Mengusir Serangga

Beberapa serangga seperti nyamuk kerap membawa penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Untuk mengatasi gigitan nyamuk tersebut, kamu bisa menggunakan serai dan jeruk purut. Serai memiliki minyak citronella yang mampu mencegah datangnya serangga secara alami.

Alih-alih menggunakan semprotan serangga buatan pabrik yang mengandung bahan kimia, alangkah baiknya membuat dan menggunakan larutan yang terbuat dari bahan alami. Selain lebih aman juga ramah lingkungan.

5. Mengatasi Flu

Manfaat daun jeruk purut berikutnya adalah dapat mengatasi influenza. Untuk mengatasi influenza, kamu bisa menggunakan air rebusan daun jeruk purut.

Cukup siapkan 20 lembar daun jeruk purut dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Lalu saring dan minum air rebusan selagi hangat.

Kamu bisa menambahkan madu pada air rebusan tersebut sebagai pemanis alami. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin hingga flu kamu mereda.

6. Menjaga Kulit Sehat dan Bercahaya

Minyak atsiri atau biasa dikenal dengan essential oils dari daun jeruk purut ternyata dapat membunuh Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri pada jerawat.

Bersamaan dengan adanya anti-inflamasi, minyak atsiri dari daun jeruk purut juga dapat membantu mengurangi pembentukan jerawat dan bekas luka.

Adanya terpen dalam minyak jeruk purut seperti citronellal dan limonene juga berguna untuk antioksidan. Antioksidan merupakan hal yang paling penting dalam perawatan kulit. Antioksidan dapat membantu mengembalikan efek penuaan dan memelihara kulit agar tetap bercahaya.

Resep Keripik Pedas Daun Jeruk

Bahan

  • 1/2 kg keripik talas
  • 6 cabe keriting merah
  • 6 cabe rawit merah
  • 3 bawang putih
  • 5 sdm gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt jeruk lemon/boleh asam jawa
  • 10 lembar daun jeruk
  • 1/2 gelas air

Langkah

  1. Blender semua cabe, bawang putih dan air supaya halus.
  2. Masak bumbu dengan api sedang
  3. Tambahkan gula dan garam.
  4. Aduk-aduk hingga gula larut. Hati-hati jangan sampai gosong.
  5. Kecilkan api jika air sudah menyusut, sambil di aduk terus.
  6. Tambahkan potongan daun jeruk dan perasan jeruk lemon/air asam jawa.
  7. Masukan keripik talas kedalam bumbu, matikan api.
  8. Aduk hingga tercampur rata.
  9. Angkat, keripik pedas daun jeruk siap disajikan.
Selain itu, Anda juga bisa membaca: Cara Membuat Keripik Talas dengan Rasa yang Pas

Cara Membuat Keripik Tempe yang Enak, Gurih dan Renyah untuk Dijual

Tempe merupakan salah satu makanan dari kacang kedelai yang mengandung protein yang baik untuk tubuh. Tempe bisa diolah ke berbagai olahan makanan salah satunya keripik tempe.

Ciri Tempe yang Baik untuk Dijual

cara membuat keripik tempe untuk dijual

1. Warna Tempe dan Jamur

Kualitas tempe bisa dilihat dari warna kedelai dan jamur. Perhatikan warna kedelai tempe yang kuning dan jamurnya masih berwarna putih. Tempe yang warnanya hitam atau sudah coklat, itu sudah mulai busuk.

2. Tekstur Padat dan Sedikit Jamur

Pilih tempe yang bertekstur padat dengan kacang kedelai dan sedikit jamur putih seperti kapas di sela-selanya. Permukaan tempe yang baik akan tetap padat jika ditekan dan teksturnya agak keras karena butiran kedelai yang rapat.

3. Tempe Tak Mudah Hancur Jika Dipotong

Tempe tidak mudah hancur atau terlepas butiran kedelainya jika dipotong. Tempe dengan kualitas baik memiliki rasa gurih dan tidak pahit. Tempe yang dibungkus plastik lebih awet daripada tempe yang dibungkus daun.

Tempe yang masih baru diproduksi umumnya masih hangat, kedelainya utuh, dan padat. Jangan pilih tempe yang agak basah, berwarna coklat kehitaman dan mudah patah. Tempe dengan ciri-ciri seperti ini akan cepat busuk.

4. Aroma Jamur Segar

Kualitas tempe bisa ditentukan dari aroma jamurnya, tempe kualitas yang baik memiliki aroma jamur yang segar. Jangan memilih tempe yang memiliki aroma menyengat dan sangit.
Proses fermentasi pada tempe membuat tempe semakin matang setiap hari, sehingga baunya akan  berbeda antara tempe yang baik dan tempe yang sudah mau busuk.
Tempe tidak dapat disimpan dalam waktu lama di lemari es. Tempe hanya bertahan sekitar 3-5 hari. Jangan menumpuk tempe karena akan membuatnya cepat busuk.

Resep Membuat Keripik Tempe

Bahan utama:

  • 400 gram tempe, potong tipis
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Adonan Pelapis:

  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram maizena
  • 6 lembar daun jeruk, iris halus
  • air secukupnya

Bahan Bumbu Halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas kencur
  • 1/5 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya

Bumbu Taburan:

  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt cabai bubuk

Langkah-langkah Membuat Tempe untuk Dijual

1. Siapkan Tempe yang Akan Dijadikan Keripik

Pilihlah tempe yang memiliki kualitas tinggi dan masih segar. Cuci tempe yang sudah disiapkan sampai bersih.

2. Iris Tipis Tempe dan Masukan Kedalam Wadah

Iris tempe dengan tipis dan berbentuk melebar. Gunakan pisau yang tajam untuk mengiris tempe. Lakukan hingga tempe habis, lalu sisihkan sebentar ke dalam sebuah wadah.

3. Siapkan Adonan Pelapis dan Taburannya

Siapkan sebuah wadah berbentuk mangkuk, lalu masukkan tepung beras bersama tepung maizena dan daun jeruk yang sudah diiris halus. Aduk merata, tambahkan air sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga menjadi adonan yang kental.

Campurkan semua bahannya pada taburannya yaitu bawang putih bubuk, merica bubuk, cabai bubuk, dan garam ke dalam wadah. Aduk-aduk hingga tercampur merata.

4. Tuang Minyak ke Wajan

Siapkan minyak goreng dan wajan, lalu panaskan dengan api kecil. Celupkan tempe ke dalam adonan pelapis secara menyeluruh secara satu per satu. Angkat lalu tiriskan sebentar.

Tunggu sampai minyak benar-benar panas,  kemudian masukkan tempe ke dalam wajan. Jika memasukkan tempe saat minyak belum panas, tempe akan matang dengan waktu yang lebih lama dan tidak renyah.

5. Goreng Tempe Hingga Kering

Masukkan tempe yang sudah dibalur adonan secara bertahap jika minyak goreng sudah panas. Goreng hingga tempe menjadi garing dan berwarna kuning kecokelatan atau hingga matang. Jika sudah matang lalu angkat dan tiriskan. Keripik tempe sudah siap disajikan.

Jika anda masih penasaran silahkan kunjungi situs berikut ini untuk mendapat  informasi cara membuat keripik kentang yang gurih, enak dan kriyuk-kriyuk

Resep Masakan Telur

Telur adalah bahan makanan yang sangat diminati hampir semua orang. Selain murah dan mudah didapat, telur memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan mudah diolah ke berbagai aneka makanan, salah satunya sup telur. Ternyata sup telur banyak manfaatnya loh.. apa sih resep masakan sup telur?

Manfaat Telur Yang Direbus

resep masakan telur

Menu masakan sup telur selain rasanya yang enak, cara pembuatannya telur dimasak dengan proses direbus. Secara kesehatan telur yang direbus memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari pada telur yang di olah dengan cara digoreng atau di panggang. Telur yang dimasak secara direbus memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Kandungan vitamin dan mineral dalam telur rebus berfungsi meningkatkan fungsi otak dan saraf. Kandungan kolin pada telur sangat baik untuk kesehatan otak. Kekurangan kandungan kolin dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penurunan fungsi kognitif.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Kandungan protein pada telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh. Sedangkan kandungan vitamin D dalam telur menguatkan tulang dan gigi serta meningkatkan penyerapan kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkosumsi telur rebus secara teratur dapat menjaga kesehatan mata. Telur rebus mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran yang dapat menurunkan risiko katarak dan mencegah degenerasi pada makula

4. Mencegah Penyakit Jantung

Lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda pada telur rebus dapat menstabilkan kadar kolesterol darah dan kandungan omega 3 dalam telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga mampu mencegah risiko penyakit jantung.

5. Mencegah Anemia dan melancarkan Peredaran Darah

Kandungan nutrisi dalam telur rebus memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah anemia.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa antioksidan pada telur rebus berguna menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

7. Menambah Energi

Telur rebus mengandung vitamin A, vitamin B-12, dan selenium yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

8. Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein pada telur dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dapat mengurangi keinginan untuk makan.

9. Menutrisi Kulit

Kandungan vitamin dan mineral dalam telur rebus dapat mencegah kerusakan jaringan tubuh sehingga mampu menjaga kesehatan kulit.

10. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Telur rebus mengandung vitamin D dan belerang cukup tinggi sehingga dapat menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.

Resep Masakan Sup Telur

Pada proses pembuatan masakan sup telur dibutuhkan beberapa bahan yang perlu disiapkan, diantara lain:

Bahan:

  • beberapa telur ayam yang telah direbus dan dibersihkan kulitnya
  • 1 buah wortel yang sudah diiris/dipotong
  • bihun jagung secukupnya
  • 4 buah tofu seafood
  • 1 batang daun bawang
  • 3 batang seledri
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 4 sdm minyak goreng
  • air putih secukupnya
  • garam secukupnya
  •  1 sdt bubuk kaldu ayam

Setelah semua bahan di atas tersedia, proses pembuatan masakan sup telur bisa langsung dilakukan. Adapun langkah-langkah pembuatan masakan sup telur yaitu:

  1. Panaskan minyak goreng telah disiapkan
  2. Masukan tumis bawang merah dan bawang putih  yang telah dihaluskan
  3. Tambahkan bubuk lada secukupnya
  4. Masukkan air, wortel, tofu seafood, dan telur ayam
  5. Tunggu hingga mendidih dan sampai wortel matang.
  6. Masukkan bihun jagung, garam, kaldu, daun bawang, dan seledri.
  7. Tunggu hingga bihun benar-benar matang.
  8. Sup telur siap disajikan.

 

Selain ini, Anda juga bisa membaca ini:

Cara Membuat Sereal Gandum Dalam 5 Menit