Kerajinan dari Plastik Kemasan bekas

kerajinan dari plastik kemasan

Artikel ini mengupas mengenai kerajinan dari plastik kemasan bekas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat daur ulang.

Kerajinan dari Plastik Kemasan bekas

Daur ulang plastik menjadi teknik berkreasi yang kian hari kian digemari. Selain mudah dikerjakan, ternyata hobi ini bisa jadi bidang usaha yang sangat potensial, lho!

Bagi yang benar-benar serius ingin menggeluti, membuat usaha kerajinan dari botol bekas ternyata tidak sulit sama sekali.

Ada banyak cara kreatif dan unik untuk mendaur ulang plastik menjadi berbagai barang kerajinan yang bermanfaat untuk berbagai tujuan.

Bisa digunakan sebagai mainan untuk anak, sebagai kado ulang tahun kreatif, ataupun jadi produk unik yang bernilai ekonomi.

Ada juga banyak cara daur ulang plastik menjadi berbagai jenis mainan yang menarik bagi anak-anak dengan cara-cara yang mudah diikuti pemula sekalipun.

Cara Membuat Tas dari Bungkus Kopi

Setelah kamu menyiapkan alat dan juga bahan yang dibutuhkan, maka kamu sudah siap untuk mengetahui cara membuat tas dari bungkus kopi.

Cara membuat tas dari bungkus kopi ini cukup mudah dilakukan, akan tetapi kamu membutuhkan ketekunan dan kesabaran saat mengerjakannya. Berikut ini langkah-langkah cara membuat tas dari bungkus kopi.

1. Ambil bungkus kopi instan sachet merek apa saja kemudian gunting bagian atas dan juga bagian bawahnya.

2. Bersihkan bungkus kopi tersebut menggunakan air yang mengalir kemudian keringkan. Mengeringakn bungkus kopi ini bisa kamu lakukan dengam cara dijemur ataupun dilap menggunakan kain yang bersih.

3. Gunting bungkus kopi tersebut menjadi dua bagian sama rata. Sehingga dalam satu bungkus menjadi 2 buah potongan.

4. Kemudian lipat bungkus kopi tersebut dengan melipat 1 cm kebagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm, kemudian anyam bungkus kopi tersebut menjadi berbentuk baling-baling.

Jika kamu memiliki 100 bungkus kopi, maka kamu nantinya kan memiliki 200 lipatan bungkus kopi. Kamu bisa membuatnya dengan tetap memperlihatkan sampul bungkus kopi tersebut. Ataupun kamu bisa membaliknya terlebih dahulu agar nantinya tas yang kamu buat berwarna perak.

5. Setelah seluruh anyaman baling-baling selesai kamu buat, maka kamu bisa menggabungkan anyaman-anyaman tersebut. Untuk menyatukan anyaman tersebut, pastikan untuk membuat sudut tegak vertikal.

Hal ini dilakukan agar tas yang kamu buat bisa dianyam ke arah atas. Pada peroses inilah kamu harus mengerahkan ketelitian dan juga kesabaran.

6. Jika kerangka tas dari anyaman sudah jadi, kamu hanya perlu merapikannya dengan menjahit pada bagian atas tas. Selain itu, ini dilakukan agar anyaman tersebut tidak mudah terlepas.

7. Kemudian kamu bisa menambahkan kain furing ataupun kain polos pada bagian dalam tas. Usahakan kain yang digunakan tidak terlalu tipis. Satukan kain dengan tas dari bungkus kopi tersebut menggunakan jarum dan juga benang jahit. Usahakan jahitan yang kamu gunakan cukup kuat dan rapi.

8. Tambahkan risleting dan juga tali untuk mempercantik tas. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, maka kamu bisa menambahkan risleting pada tas ini. Kemudian pada tali, kamu bisa menggunakan tali kur untuk mempermudahnya ataupun menggunakan anyaman bungkus kopi.

Jika kamu ingin menggunakan bungkus kopi sebagai tali, kamu perlu membuat dengan lipatan yang masih tersisa sebelumnya. Kamu cukup membuatnya menjadi bentuk segitiga dan digabungan satu dengan lainnya menggunakan jahitan.

Kerajinan dari Plastik Kemasan  jadi totebag

Untuk mengurangi sampah plastik, biasakan untuk berbelanja di pasar atau supermarket dengan membawa tas atau tote bag sendiri. Jika tidak memiliki tote bag, coba lakukan daur ulang sampah plastik dengan memanfaatkan kemasan Rinso deterjen bubuk berukuran 1,8kg. Kemasan Rinso ini nanti akan dimodifikasi menjadi tote bag yang siap untuk dibawa ke mana saja.

Bahan-bahan:

  • 4-5 kemasan Rinso deterjen bubuk 1,8kg
  • Jarum dan benang (bisa pakai mesin jahit)
  • Gunting
  • Lem
  • Kain untuk handle tote bag

Cara membuat kerajinan plastik kemasan bekas

  • Ambil 4 kemasan Rinso yang sudah dibersihkan. Potong bagian tepinya hingga kemasan bisa dibentangkan secara lebar
  • Bentangkan 2 kemasan Rinso, jahit kedua sisinya secara vertikal agar saling menyambung. Setelah itu, lanjutkan menjahit 2 kemasan Rinso lainnya hingga membentuk sebuah kantong besar. Jangan lupa untuk menjahit bagian bawahnya lebih kuat agar tidak mudah jebol. Jika tidak bisa menjahit, gunakan lem besi agar semua kemasan Rinso merekat secara kuat
  • ¬†Jahit kain yang sudah disediakan hingga membentuk handle tote bag

Sahabat bisa juga membaca artikel sebelumnya yang berjudul cara mendaur ulang sampa plastik untuk infomasi lebih lanjut