Kerajinan dari Plastik Mudah

kerajinan dari plastik mudah

Artikel ini mengupas tentang kerajinan dari plastik mudah yang bisa dijadikan referensi untuk kegiatanmu menjadikan sampah menjadi karya

Kerajinan dari Plastik Mudah

Mungkin selama ini kamu beranggapan kalau barang bekas tidak memiliki nilai dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, memanfaatkan barang bekas bisa menghasilkan sebuah kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi lho.

Bagi yang benar-benar serius ingin menggeluti atau membuat usaha kerajinan dari botol bekas ternyata tidak sulit sama sekali. Salah satunya ialah cara membuat kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu gunakan sebagai mainan anak atau produk unik yang bernilai ekonomi.

Lalu, bagaimana cara membuat kerajinan dari botol bekas yang mudah untuk dipraktikkan? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

kerajinan dari plastik mudah yang dan manfaatnya.

 

Daur ulang plastik menjadi teknik berkreasi yang kian hari semakin digemari. Pasalnya, selain mudah dikerjakan, ternyata hobi ini juga bisa jadi bidang usaha yang sangat potensial, lho!

Ada banyak cara kreatif dan unik untuk mendaur ulang plastik menjadi berbagai barang kerajinan yang bermanfaat untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah cara membuat kerajinan dari botol bekas yang telah menumpuk di rumahmu.

Kamu penasaran? Yuk, simak langsung cara membuat kerajinan dari botol bekas beserta gambarnya berikut ini.

1. Pot Bunga

Sebelum membahas tentang cara membuat kerajinan dari botol bekas, adapun alat dan bahan-bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, seperti pisau, pernak-pernik, tanaman, pupuk, serta botol plastik bekas.

Kalau alat dan bahannya sudah terkumpul, berikut cara membuat kerajinan dari botol bekas berbentuk pot bunga:

– Potong botol plastik tersebut untuk menjadi dua bagian, kali ini kita hanya menggunakan bagian bawah botol saja ya guys, jadi yang atas bisa kamu simpan untuk kerajinan tangan lainnya.

– Cara membuat kerajinan dari botol bekas selanjutnya ialah gunting botol plastik tersebut seperti pada gambar di atas. Kalau ingin lebih menarik, kamu bisa menambahkan hiasan atau pernak-pernik sesuai keinginan.

– Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol supaya air tidak mengendap di dalam botol, lalu masukkan pupuk dan tanah ke dalam botol plastik tersebut. Kemudian masukkan juga bibit tanaman yang ingin di tanam. Selesai, cantik kan?

2. Bungkus Kado

Selain bentuk pot bunga, ternyata cara membuat kerajinan dari botol bekas juga bisa sebagai bungkus kado lho, guys. Langsung saja siapkan pita, cutter, botol bekas, dan tentunya isi kado.

Setelah semua bahan dan peralatannya terkumpul, inilah cara membuat kerajinan dari botol bekas dengan bentuk bungkus kado:

– Potong botol bekas tersebut sesuai dengan keinginan, lalu masukkan kado ke dalam botol yang telah dipotong. Kadonya jangan terlalu besar ya guys, mengingat diameter botol plastik yang tidak begitu besar.

– Kemudian lipat bagian ujung botol sampai botol tertutup rapat, lalu ikat menggunakan pita supaya lipatan tidak lepas dan dijadikan sebagai hiasan. Taraaa! Kado dengan bungkusan dari botol bekas siap diberikan.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Air Mineral

 

Plastik merupakan suatu bahan yang memiliki jangka waktu lama untuk terurai di dalam tanah, bahkan dalam kurun waktu 500 tahun sekalipun limbah plastik belum tentu musnah begitu saja. Hal ini pun akan memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Oleh karena itu, cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral merupakan salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan dengan nilai jual. Kira-kira apa saja yang dapat dihasilkan dari barang bekas tersebut?

1. Pot Bunga Gantung

Sebelum membahas tentang cara membuat kerajinan dari botol bekas, adapun alat serta bahan-bahan yang harus kamu siapkan seperti pupuk, tanah, tali, paku dan palu, gunting, cat, serta botol bekas.

– Langkah pertama, cara membuat kerajinan dari botol bekas ialah potong botol plastik air mineral menjadi dua bagian, lalu beri lubang pada botol guna menggantung pot bunga dari botol tersebut.

– Kemudian cat botol sesuai dengan keinginanmu dan tunggu hingga kering, lalu masukkan pupuk, tanah, serta tanaman ke dalam botol.

– Terakhir, cara membuat kerajinan dari botol bekas adalah buatlah gantungan untuk menggantung pot bunga tersebut di halaman rumah. Selesai.

Cara Membuat Kerajinan dari Tutup Botol Bekas

 

Dalam keseharian, air minum kemasan memang menjadi suatu kebutuhan yang penting dalam beraktivitas. Bahkan, tak sedikit pula yang lebih membawa bekal minum dari rumah dengan alasan lebih praktis dan tidak menambah limbah plastik yang saat ini begitu mengkhawatirkan.

Namun, siapa sangka kalau ternyata botol plastik juga bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan lho. Kamu penasaran? Berikut cara membuat kerajinan dari tutup botol bekas yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Jam Dinding

Kalau kamu belum punya jam dinding di kamar, kamu bisa memanfaatkan tutup botol sebagai bahan dasar cara membuat kerajinan dari botol bekas. Siapkan aja mesin jam dinding, besi atau gagang yang sudah nggak terpakai, lem, dan tutup botol. Lalu, kamu rangkai aja jadi susunan jam dinding sesuai dengan seleramu. Praktis kan?

2. Tatakan Gelas atau Piring

Selain jam dinding, cara membuat kerajinan dari botol bekas juga bisa menghasilkan tatakan gelas atau piring yang unik lho. Cara membuatnya mudah kok! Susunlah tutup botol yang sedikit kamu lubangi dan kaitkan aja dengan kawat kecil. Taraaa! tatakan pun siap digunakan.

3. Anting-Anting

 

Salah satu hasil karya dari cara membuat kerajinan dari botol bekas adalah anting-anting. Yaps, anting-anting dari tutup botol ini dijamin akan membuat penampilanmu stand out.

Bahkan kamu hanya bermodalkan pengait anting yang bisa didaptkan serta lem untuk menempel, maka jadilah sepasang anting lucu yang siap menggantung manja di telinga kamu.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Kaca Bekas

 

Kalau di awal kita memanfaatkan botol plastik, botol kaca pun juga gak kalah kerennya untuk dijadikan kerajinan tangan di rumah lho, guys.

Nah, makanya mulai sekarang kamu jangan langsung buang tumpukkan botol-botol kaca di gudang ya, sebab cara membuat kerajinan tangan dari botol kaca bekas nggak susah kok. Bahkan, kamu hanya menyiapkan peralatan yang ada di rumah aja.

Penasaran? Berikut cara membuat kerajinan dari botol bekas dengan berbagai bentuk, diantaranya:

1. Vas Bunga

– Langkah pertama cara membuat botol kerajinan tangan dari botol bekas adalah kumpulkan beberapa botol transparan yang sudah di cuci bersih dan dikeringkan. Lalu, beri cat warna pada luar botol agar semakin lebih menarik.

– Setelah selesai, biarkan botol dalam keadaan terbalik dan membiarkan cat mengering, lalu ambil pita, untuk mengikat botol itu dengan baik, selain pita kamu juga bisa menambahkan beberapa gaya ekstra agar vas bunga yang kamu buat tampil lebih sempurna. Taaarraaaa … Jadi deh vas bunga dari Botol Bekas ala-ala kamu hehe. Gimana? Tertarik buat coba?

2. Tempat Makan Burung

Kalau bentuk yang satu ini, tentu bikin hati para suami berbunga-bunga deh, sebab cara membuat kerajinan dari botol bekas bisa kamu manfaatkan untuk tempat makan burung. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, ikuti tips berikut ini.

– Adapun alat dan bahan-bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu saat cara membuat kerajinan dari botol bekas ialah papan kayu, paku, palu, kawat, pengait dinding, botol kaca bekas, serta biji-bijian kacang.

sahabat juga bisa baca artikel sebelumnya yang berjudul daur ulang plastik untuk informasi  lebih menarik lainya