Menjual Produk Secara Online yang Efektif Untuk Pemula

menjual produk secara online

Ini adalah era berjualan online. Anda dapat menemukan semuanya dari ujung kepala hingga ujung kaki di internet. Dengan kata lain, Anda bisa menjual produk secara online.

Namun, tahukah Anda. Meskipun ada banyak peluang, tidak semua orang memiliki kisah sukses menjual produk secara online. Banyak toko online tutup di tengah jalan.

Cerita seperti ini mungkin membuat Anda takut untuk mencobanya.

Mengetahui Nilai Jual Produk (Unique Selling Point)

Apa keunggulan produk bisnis Anda? Jawaban yang terlintas dalam benak bisa jadi: harga terjangkau, kualitas super, atau yang pertama di kelasnya. Pertanyaan seperti ini cenderung mudah dijawab.

Bagaimana jika saya mengubah pertanyaan menjadi: Apa keuntungan yang dimiliki pesaing Anda terhadap produk Anda?

Buat Situs Web Toko Online Anda Sendiri

Mengapa Anda perlu membuat situs web untuk menjual produk secara online? Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika sebuah bisnis disarankan untuk memiliki website.

Nyatanya, ada banyak marketplace yang lebih mudah digunakan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Jadi mengapa Anda masih perlu membuat website?

Marketplace jauh lebih mudah digunakan. Tidak butuh waktu lama untuk membuat akun dan mulai menjalankan bisnis Anda.

Ditambah, pasar sudah memiliki lalu lintas tinggi dan banyak pengguna. Tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari pelanggan.

Gunakan Strategi Pemasaran Konten

Pernahkah Anda mendengar istilah pemasaran konten? Jika tidak, saya akan coba jelaskan secara singkat.

Pemasaran konten adalah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Bukan sembarang konten dibuat. Sebaliknya, kontennya relevan, penting, bermanfaat, dan dapat menarik penonton dalam jangka panjang.

Semakin baik dan lebih bermanfaat konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan bisnis Anda ditemukan oleh calon pelanggan melalui Google.

Artinya semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan cuan melalui strategi ini.

Baca juga ; jenis jenis pemasaran online

Aktif di Media Sosial

Meski ada website dan blog, jangan lupakan sosial media ya. Media sosial masih menjadi saluran penting untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis.

Dari media sosial, pintu perkenalan pertama terbuka untuk calon konsumen.

Hanya setelah mengetahui dan mengenal bisnis lebih dekat barulah mereka tertarik untuk lebih terlibat.

Baik itu mengikuti akun, berkomentar, berbagi konten yang Anda buat, atau mengunjungi URL yang Anda berikan (termasuk situs web, blog, dan YouTube).

Pernyataan di atas bukan hanya perkiraan. Faktanya, sebanyak 95 persen pengguna media sosial berusia 18-34 tahun mengikuti akun media sosial bisnis.

Kemudian sebanyak 93 persen pengguna menggunakan media sosial sebagai cara berkomunikasi dengan merek (customer service).

 Membuat Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Teknik tentang teknologi bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan keuntungan Anda dengan berjualan online.

Hal-hal yang tampaknya sepele dan tidak penting, seperti deskripsi produk, juga dapat memengaruhi penjualan online Anda.

Ya, di sini kita berbicara tentang teknik persuasi. Lebih tepatnya tentang copywriting.

Copywriting akan melengkapi semua upaya promosi Anda. Dengan garis promosi atau salinan persuasif, Anda dapat dengan mudah menjangkau sisi emosional pelanggan.

Dari sana, arahkan calon pelanggan ke halaman pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.

Iya! Sekarang Anda lebih siap untuk melakukan penjualan terbaik secara online. Semoga semua tips di atas akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis online Anda.